Cara Bijak Menggunakan AC di Rumah

Air Condition atau yang sering disebut dengan AC merupakan salah satu solusi ketika cuaca sedang panas. Namun, penggunaan AC yang berlebihan justru menimbulkan dampak negatif pada penggunaan daya listrik hingga lingkungan. Oleh karena itu kita harus bijak dalam menggunakan AC.

Cara Bijak Menggunakan AC di Rumah Minimalis Anda

1. Gunakan AC hemat enerji

Cara bijak menggunakan AC yang pertama adalah memilih AC hemat enerji. AC hemat enerji tidak menghabiskan banyak daya. Pilih PK yang sesuai dengan kondisi ruangan. Hindari memilih AC dengan kapasitas PK yang besar.

 2. Mengatur pemakaian suhu ruangan

Selama ini kita sering menggunakan AC dengan suhu minimum agar terasa lebih dingin. Padahal saat baru dinyalakan, AC akan menambah 6% dari daya listrik. Apabila Anda menurunkan suhu ruangan, otomatis Anda akan menambah daya listrik hingga mencapai batas maksimum. Tentu hal ini akan membuat penggunaan listrik di rumah semakin boros. Idealnya, suhu ruangan dapat diatur antara 25-22 derajat celcius.

3. Menjaga ruangan agar tertutup

Bila Anda menyalakan AC, tutup beberapa bagian rumah yang terbuka seperti jendela, pintu dan ventilasi. Jika ruangan dibiarkan terbuka, udara panas akan mudah masuk ke ruangan dan menyebabkan kerja AC menjadi lebih berat. Untuk itu, jangan biarkan ruangan Anda terbuka lebar.

4. Mematikan lampu jika tidak digunakan

Agar penggunaan AC lebih hemat, sebaiknya matikan lampu di beberapa ruangan. Anda juga dapat menggunakan lampu hemat enerji seperti lampu LED.

5. Membersihkan filter AC secara berkala

Membersihkan filter juga membuat AC bekerja lebih hemat daya hingga 20%. Bersihkan filter AC dari debu atau kotoran yang menempel secara rutin, minimal sebulan sekali. Itulah beberapa tips cara bijak menggunakan AC yang baik. Cara-cara di atas tergolong sederhana dan mudah diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Anda dapat mengurangi penggunaan listrik dengan mematikan barang-barang elektronik lain saat mesin AC bekerja. Dengan menghemat, Anda dapat mengurangi pengeluaran berlebih hingga pemanasan global.

Leave Reply

Hey, so you decided to leave a comment! Thatís great. Just fill in the required fields and hit submit. Note that your comment will need to be reviewed before itís published Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>