Cara Memilih Keramik Untuk Rumah Anda

Rumah nyaman, rapi dan bersih adalah idaman semua orang. Namun sebagian orang seringkali lupa akan hal kecil seperti keramik. Pemilihan keramik yang benar akan berpengaruh besar tehadap rumah yang akan Anda bangun. Fungsi lantai keramik sendiri adalah sebagai penunjang kegiatan kita serta juga dapat berpengaruh terhadap karakter ruangan.

Jadi anda harus memperhatikan beberapa poin penting dalam memasang keramik agar ruangan memberikan karakter yang kuat sesuai fungsi ruangan dan juga mempunyai nilai tambah untuk keindahan sebuah ruangan, terutama ruangan khusus rumah minimalis.

Tentukan Anggaran Kebutuhan sebelum Membeli Keramik

anggaran membeli dan memasang keramik rumah minimalis

Sebelum melangkah lebih jauh untuk memilih dan membeli keramik untuk rumah minimalis anda. Alangkah baiknya anda menetapkan dahulu anggaran yang akan digunakan untuk membeli keramik.

Ada banyak varian harga yang ada untuk keramik. Anda bisa memilih tipe keramik yang cukup murah namun berkualitas tinggi dan juga sesuai desain yang anda inginkan.

Tentukan Tonality Keramik yang akan Anda Beli

Setelah menetapkan anggaran untuk pembelian keramik. Sekarang anda tentukan dahulu tonalitynya. Tonality adalah ukuran ketebalan sebuah keramik, ini cukup penting mengingat dalam satu rumah kita mempunyai beberapa ruangan yang terhubung.

Usahakan semua ruangan yang akan kita pasang keramik memiliki ukuran tonality yang sama satu sama lain agar keramik yang nanti disandingkan dengan keramik yang sebelumnya terpasang tidak terlihat belang.

Cek Layanan Garansi atau Purna Jual yang Disediakan Penjual

Garansi itu penting, bahkan jika anda membeli keramik. Ini untuk mengantisipasi agar anda tidak mendapatkan barang cacat. Tidak mau kan anda harus membeli lagi sekotak keramik jika hanya untuk melengkapi satu atau dua keramik yang sudah rusak. Dan juga selalu perhatikan saat pengiriman jika memang keramik langsung dikirim sendiri oleh penjual agar mendapatkan pelayanan maksimal.

Pertimbangkan Tekstur Lantai Keramik

keramik lantai rumah minimaliskeramik lantai rumah minimalis

Setiap ruangan di rumah anda mempunyai fungsi yang berbeda. Begitu pula tekstur keramik yang akan dipasang harus berbeda sesuai kegunaannya nanti.

Untuk ruang tamu, ruang keluarga, dan juga kamar tidur. Anda bisa memilih tekstur keramik glossy. Keramik yang halus dan mengkilap sangat nyaman untuk digunakan bersantai dan juga sangat mudah dibersihkan.

Namun untuk lantai kamar mandi dan dapur, Obatrindu sarankan untuk memilih keramik yang kasar atau biasa saja tidak mengkilap. Ini dikarenakan agar anda tidak mudah terpeleset hanya karena permukaan keramik yang licin.

Tentukan Ukuran Keramik yang Dipasang

keramik lantai rumah minimaliskeramik lantai rumah minimalis

Ukuran keramik menjadi penentu dalam melihat ruangan anda. Sesuaikan ukuran keramik sesuai ukuran rumah anda. Untuk rumah minimalis yang biasanya memiliki ruangan yang tidak cukup luas obatrindu sarankan untuk memakai keramik yang agak besar. Ukuran keramik yang besar disini dimaksud agar ruangan anda terkesan luas saat ditempati walau sebenarnya sempit.

Sedangkan untuk ruangan kamar mandi dan juga dapur, anda bisa memilih keramik yang kecil untuk digunakan. Ini untuk menyesuaikan dimana ruangan kamar mandi dan dapur yang biasanya sangat sempit dan juga setiap sela pemasangan keramik membantu anda untuk tidak mudah terpeleset.

Pilih Warna yang Tepat dan Sesuai Selera

‘’Rumahku Istanaku’’. Begitupun dalam pemilihan warna keramik lantai rumah anda. Sesuaikan dengan selera yang anda miliki, nilai artistik yang akan anda tonjolkan kepada siapapun yang melihatnya.

Menentukan warna keramik juga ditentukan oleh penggunaan cat dinding di rumah anda beserta furniture yang ada didalamnya. Namun untuk menambah kreasi dan perbedaan, anda bisa saja mengkombinasi warna yang berbeda dengan dinding dan lantai rumah anda.

Satu hal yang harus selalu anda perhatikan adalah selalu pilih warna keramik yang terang namun mempunyai kesan lembut agar tidak terlalu kontras dengan warna furnitur dan juga dinding rumah anda.

Motif Keramik

Sekarang banyak motif keramik yang ditawarkan oleh banyak penjual. Namun untuk rumah minimalis tercinta anda. Saya sarankan untuk memilih motif yang lebih sederhana. Selaraskan juga dengan desain ruangan anda agar terjadi keseimbangan antara motif keramik dan desain ruangan anda.

Memilih Bahan Keramik

Yang terakhir adalah memilih bahan keramik yang akan anda pasang. Saat membeli keramik, anda juga harus memperhatikan bahan keramik tersebut. Keramik mahal belum tentu juga cocok untuk rumah minimalis yang anda miliki. Perhatikan juga kebutuhan pemasangannya agar keramik yang anda pakai akan tetap awet dalam waktu yang lama.

Mengetahui bahan keramik juga penting agar anda lebih mudah dan tepat dalam perawatannya. Misal keramik dari bahan marmer yang memerlukan perawatan lebih ketat daripada merawat keramik biasa. Tentunya harga keramik untuk rumah minimalis dengan bahan yang lebih bagus akan lebih mahal daripada yang bahan standar.

Demikian tips memilih keramik lantai rumah minimalis yang bagus dan berkualitas beserta beberapa contoh yang bisa anda pakai di rumah. Semoga bermanfaat 🙂

ARSITEK INDO KONTRAKTOR – KONTRAKTOR JOGJA | JASA BANGUN RUMAH JOGJA | KONTRAKTOR JOGJA | JASA ARSITEK JOGJA | KONTRAKTOR DI JOGJA | JASA GAMBAR 3D JOGJA | JASA DESAIN RUMAH JOGJA | BANGUN RUMAH JOGJA merupakan solusi bagi Anda yang ingin membangun rumah hunian, kost ekslusif, apartemen atau bangunan lainnya. Konsultasi Gratis KLIK DISINI. Hubungi kami di Telp : (0274) 501 7127 | WA : 0888 0289 8802

Leave Reply

Hey, so you decided to leave a comment! Thats great. Just fill in the required fields and hit submit. Note that your comment will need to be reviewed before its published Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>