Cara Mengecat Ulang Tembok

CARA MENGECAT ULANG TEMBOK

Cara Mengecat Ulang TembokTembok yang sudah termakan usia akan mengalami pemudaran cat tembok. Biasanya orang akan mengecat ulang atau mengganti warna cat tembok agar suasana yang berbeda tercipta. Mengecat rumah bisa dilakukan sendiri loh, tanpa harus mencar tukang. Tapi apakah kalian sudah tahu cara mengecat rumah?

Hasil pengecatan yang maksimal dapat diperoleh dengan pengaplikasian yang tepat. Baik dinding baru atau dinding lama akan tampak lebih berwarna. Hasil pengecatan yang maksimal dapat diperoleh dengan pengaplikasian yang tepat. Baik dinding baru atau dinding lama akan tampak lebih berwarna. Hasil yang maksimal ini tentunya diperoleh dari usaha maksimal dan pengerjaan yang tepat. Apalah jadinya jika usaha dan pengerjaan merubah cat tembok yang dilakukan Anda lakukan asal-asalan tentunya hasilnya akan mengecewakan.

mengganti cat tembok

Tidak semua orang mengetahui dengan tepat bagaimana cara menggantu cat yang tepat. Bagi Anda yang sedang bingung mencari bagaimana cara mengganti cat tembok lama dengan yang baru berikut diminimalis sajikan beberapa tips mudah mengganti cat tembok untuk Anda:

Tips mudah mengganti cat tembok

1.    Tentukan warna pengganti

Mengganti warna cat tembok lama bagi Anda mungkin membingungkan. Anda bisa berkonsultasi dengan istri atau desainer rumah Anda sebagai acuan. Untuk cat tembok dalam rumah diusahakan warna cat tidak terlalu kontras dengan perabot, agar tidak terkesan norak.

2.    Lindungi bagian yang tidak di cat

Ketika Anda mengganti cat tembok biasanya sebagian cat akan mengenai area lain, hal ini bisa di atasi dengan langkah berikut:

  • Tutup lantai dan perabot dengan koran, ini dimaksudkan untuk memudahkan dalam proses pembersihan lantai dan perabot. Untuk perabot yang masih memungkinkan untuk dipindahkan, sebaiknya dipindahkan.
  • Beri batas dengan lakban antara dinding dengan
    bagian yang tidak di cat. Lepas selagi cat masih basah, agar cat tidak ikut terkelupas. Jika ada bagian cat yang meleleh segera saja Anda bersihkan agar cat tersebut tidak mengering sehingga sulit untuk dibersihkan. Anda bisa membersihkannya dengan kain yang dibasahi air sehingga cat mudah dibersihkan.

3.    Kupas cat lama

Pengupasan cat lama bisa dibantu dengan paint remover. Paint remover adalah cairan khusus yang berfungsi untuk memudahkan Anda dalam mengupas cat pada media tertentu, seperti pada dinding, kayu, besi dan sebagainya. Selain tidak menimbulkan debu, dengan paint remover proses pengupasan cat menjadi lebih cepat.

4.    Cek dan perbaiki dinding

  • Dinding baru
    Sebelum pengecatan pastikan dinding yang akan dicat bersih dan kering. Sebab dinding yang baru dan masih basah mengandung kadar alkali semen yang masih tinggi, apabila langsung dicat akan beresiko cat mudah berjamur dan rontok. Lapisi dengan cat dasar terlebih dahulu sebelum Anda mengaplikasikan cat akhir atau top coat, hasilnya cat akan menempel dengan baik.
mengganti cat tembok
  • Dinding lama
    Pastikan Anda memeriksa kondisi dinding apakah dalam keadaan baik atau tidak. Bersihkan dari debu, minyak dan jamur serta kapur yang akan menyebabkan cat tidak menempel dengan baik. Untuk mengetahui lapisan plamir dan cat lama masih baik atau tidak, Anda bisa menguaskan air di atas permukaannya dan tunggu beberapa saat. Apabila terlihat menggelembung, sekrap terlebih dahulu hingga bersih. Tutup bagian yang retak atau bekas paku dengan plamir lalu ratakan dengan amplas.

5.    Pemberian cat akhir

Untuk memberikan hasil yang sempurna, cat jangan terlalu kental atau encer. Bila perlu cairkan cat dengan air, maksimal 5% dari total berat cat. Sedangkan untuk mengganti cat tembok lama sebaiknya dicat dengan warna yang tua dan pastikan lapisan demi lapisan cat tembok yang baru teraplikasi dengan baik dan merata. Dengan begitu bayang-bayang dari cat di dinding yang lama akan hilang.

Waktu pengeringan tiap lapisan sekitar 4 – 5 jam, namun lebih baik menunggu semalaman sebelum mengaplikasikan lapisan berikutnya, agar cat benar-benar menempel sempurna pada tembok.

Demikianlah ulasan tentang tips mengganti cat tembok yang bisa diminimalis berikan. Semoga memberikan warna tersendiri bagi hidup Anda.

ARSITEK INDO KONTRAKTOR – KONTRAKTOR JOGJA | JASA BANGUN RUMAH JOGJA | KONTRAKTOR JOGJA | JASA ARSITEK JOGJA | KONTRAKTOR DI JOGJA | JASA GAMBAR 3D JOGJA | JASA DESAIN RUMAH JOGJA | BANGUN RUMAH JOGJA merupakan solusi bagi Anda yang ingin membangun rumah hunian, kost ekslusif, apartemen atau bangunan lainnya. Konsultasi Gratis KLIK DISINI. Hubungi kami di Telp : (0274) 501 7127 | WA : 0888 0289 8802

 

Leave Reply

Hey, so you decided to leave a comment! Thats great. Just fill in the required fields and hit submit. Note that your comment will need to be reviewed before its published Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>