Cara Mudah Membuat Pondasi Pagar yang Kuat

Pagar merupakan suatu elemen yang cukup penting pada sebuah rumah. Fungsi utama pagar adalah sebagai pembatas antara rumah Anda dengan rumah orang lain dan didaerah sekitar Anda. Pagar juga merupakan salah satu cara mencegah rumah kemalingan. Selain itu, pagar dapat difungsikan sebagai pembatas jalan rumah.

Oleh karena itu pagar rumah juga harus mempunyai pondasi yang kuat. Berikut cara mudah membuat pondasi pagar yang kuat.

Penggalian Tanah

Hal pertama yang Anda lakukan setelah bahan-bahan selesai dipersiapkan adalah memulai proses penggalian tanah. Sebelum itu, tentukan batas-batas lahan yang akan Anda bangun sebagai pondasi dari pagar rumah. Langkah selanjutnya adalah menggali tanah. Supaya kuat dan kokoh biasanya pondasi dibuat di dalam tanah, seolah seperti akar agar pondasi semakin kokoh dan kuat. Walaupun sebenarnya pondasi dapat pula dibangun diatas tanah tanpa perlu repot-repot menggali ke dalam.

Memasang Papan Pondasi

Setelah selesai, Anda melakukan proses pemasangan papan pondasi. Sebenarnya papan pondasi dapat digantikan dengan menggunakan kayu balok jika Anda tidak punya. Papan pondasi digunakan untuk menjaga kelebaran dan kelurusan pondasi yang akan dibuat. Dengan bantuan papan pondasi, nantinya akan memudahkan Anda saat melakukan proses penyemenan atau memasukkan batu kerikil dan batu bata. Jangan lupa, sebelum Anda memasang papan pondasi terlebih dahulu siapkan ukuran papan sesuai dengan keinginan Anda yang cocok dengan ukuran pondasi yang digunakan.

Pembuatan Pondasi

Ketika Anda sudah yakin bahwa papan pondasi sudah terpasang dengan baik, langkah selanjutnya setelah menggali tanah adalah membuat adonan pondasi. Pertama-tama, Anda campurkan semen dan kerikil, aduk keduanya hingga benar-benar merata. Setelah campuran siap, masukkan semen dan kerikil itu ke dalam tanah yang sebelumnya sudah digali. Ketika campuran sudah melebihi batas tanah yang sudah digali atau sudah mencapai permukaan tanah, barulah Anda menyemen dengan batu bata dan balok kayu atau juga bisa menggunakan papan pondasi sebagai penopang agar semen yang dibuat rata, lurus serta kokoh.

Proses Pengeringan

Begitu semua langkah-langkah selesai dilakukan, langkah terakhir adalah membiarkan pondasi mengering. Proses pengeringan pondasi memerlukan waktu kurang lebih satu hari penuh apabila cuaca tidak hujan. Jika hujan turun, maka proses pengeringan akan memakan waktu lebih dari satu hari. Setelah pondasi benar-benar kering, Anda dapat melepaskan papan-papan yang menopang. Biarkan pondasi tersebut mengering secara perlahan oleh panas sinar matahari. Jangan lupa untuk menutup pondasi menggunakan plastik, sehingga ketika hujan turun pondasi tidak akan berlubang-lubang yang membuat hasilnya kurang maksimal.

Tahapan-tahapan cara mudah membuat pondasi pagar rumah yang kuat sebenarnya tidak terlalu sulit dan cukup sederhana. Anda hanya memerlukan ketelitian supaya hasil kerja rapi dan memuaskan. Demikianlah, selamat mencoba.

Leave Reply

Hey, so you decided to leave a comment! Thatís great. Just fill in the required fields and hit submit. Note that your comment will need to be reviewed before itís published Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>