Dapur Sejuk Maksimalkan Mood Memasak

Memiliki dapur yang sejuk merupakan impian bagi para penghuni rumah dengan konsep minimalis, karena sempitnya ruangan menjadikan ruang dapur mejadi pengap. Tentu dengan keadaan dapur yang pengap dapat mengurangi mood anda dalam memasak, dan dapat mempengaruhi hasil masakan yang akan anda sajikan.

Idealnya sebuah dapur harus memiliki sirkulasi udara yang baik. Pada rancangan rumah umum, hal ini mudah untuk diwujudkan, namun pada rumah minimalis, diperlukan berbagai trik untuk menyiasatinya.

Dapur Sejuk untuk Rumah Minimalis Anda

Bisa menggunakan beberapa tips dapur sejuk berikut ini sebagai solusi untuk mengurangi udara panas yang ada di dalam dapur. Langkah-langkah tipsnya ialah:

  • Pasang Backsplash Warna Warni 

Dapur akan lebih bersih dan terlihat menarik apabila dilengkapi dengan berbagai ornamen backsplash yang berwarna. Hal itu bisa berupa hiasan keramik di dinding atau beberapa hiasan lainnya yang bisa memperindah dapur.

  • Lengkapi Dengan Tumbuhan Hijau

Nah bagi Anda yang suka berkebun, tidak ada salahnya untuk menempatkan beberapa tumbuhan khsus yang bisa hidup dalam interior rumah, seperti Tillandsia, Anggrek, atau palem mini. Tentu hal ini dapat menyegarkan udara dalam ruangan dapur minimalis Anda. Patikan sesuaikan jenis tumbuhan dan ukuran tanamanan Anda dengan luas dapur agar tidak menyulitkan ruang gerak Anda saat memasak.

  • Menggunakan Tempat Penyimpanan yang Simpel  

Upaya membuat dapur menjadi sejuk bisa dengan cara menggunakan tempat penyimpanan yang sederhana dan multifungsi. Hindari pemakaian tempat penyimpanan yang terlalu besar dan cenderung tidak terpakai. Selain bisa memaksimalkan ruangan yang ada di dapur, penggunaan tempat penyimpanan yang sederhana dapat Anda jadikan kreasi untuk mempercantik dapur minimalis Anda.

  • Gunakan Perabotan yang Dibutuhkan

Ada hal yang sering banyak diabaikan yang kadang menjadi kebiasaan buruk, yaitu seringnya kita  menyimpan barang yang tidak terpakai di dalam dapur dan malas membuangnya. Tentu saja hal ini dapat  menjadikan ruangan dapur semakin sempit. Ada baiknya Anda memilih barangapa saja yang benar-benar dibutuhkan di dapur, dan yang tidak penting-penting amat untuk diletakkan disana.  Barang yang tidak terpakai di dapur sebaiknya disimpan di gudang, dan diambil kembali saat nanti Anda akan menggunakannya.

  • Sediakan Ventilasi yang Cukup

Seperti ruangan pada umumnya, ventilasi merupakan hal yang terpenting untuk menjadikan suhu ruangan menjadi lebih sejuk. Rumah minimalis secara umum akan menyediakan ventilasi pada beberapa bagian rumah, termasuk ruang dapur.

  • Sediakan Penyejuk Ruangan

Menyediakan penyejuk ruangan merupakan solusi yang paling ampuh untuk menghilangkan udara yang panas dan gerah. Penyejuk ruangan kini banyak dijual di toko elektronik. Jika ruangannya terbuka Anda bisa menggunakan kipas angin untuk menyejukkan ruangan dapur. Dengan demikian suasana dapur akan menjadi nyaman.

Leave Reply

Hey, so you decided to leave a comment! Thats great. Just fill in the required fields and hit submit. Note that your comment will need to be reviewed before its published Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>