Desain Dapur Bentuk ‘U’ Rancangan Kecil yang Nyaman

Memiliki dapur yang nyaman merupakan dambaan bagi setiap orang. Dapur yang nyaman dengan pilihan desain yang tepat tentu akan memberi perasaan semangat saat beraktivitas di salah satu ruangan favorit tersebut. Mengubah dan merancang ruang dapur menjadi lebih nyaman dan menyenangkan, mengeksplorasi beragam bentuk dan layout dapur pun menjadi pra-syarat untuk mendapatkannya.

Terdapat banyak sekali konsep desain interior untuk membuat dapur terlihat lebih rapi dan indah, salah satunya dengan merancang area dapur berbentuk U. Ruangan dapur berbentuk U akan sangat memengaruhi penggunaan kitchen set, dan memberikan kesan rapi dan juga menyenangkan. Dapur berbentuk U juga akan membantu ruangan dapur berukuran kecil terkesan lebih luas dan lapang.

Mengenal Desain Dapur Bentuk U

desain dapur bentuk u

Sesuai namanya, dapur U adalah ruangan dapur yang memiliki bentuk menyerupai huruf U. Dapur dengan konsep seperti ini sangat cocok untuk space yang cukup kecil.

Pada dasarnya merancang dapur kecil agar nyaman dan nampak istimewa tidak sulit jika Anda bisa sedikit kreatif. Desain dapur bentuk U memberikan kemudahan saat menata dan menempatkan furnitur atau kitchen set. Ruang dapur pun terasa sangat rapi juga nyaman.

Desain Dapur Bentuk U; Flooring

desain dapur bentuk u

Jika Anda berencana untuk membangun rumah dan ruang-ruang di dalamnya termasuk dapur, maka Anda dapat merencanakan desain dapur sejak awal. Untuk lantai, gunakanlah keramik yang tahan air dan minyak seperti granite tile atau parket, sebab area dapur kerap menjadi tempat di mana air, minyak, dan bahan-bahan memasak berkumpul sehingga rawan terjadi kotor.

Material lainnya yang dapat digunakan sebagai lantai adalah glass tiles dan porcelain. Glass tiles dan porcelain merupakan material lantai yang dapat digunakan di ruang dapur karena mudah dibersihkan tanpa meninggalkan noda.

Desain Dapur Bentuk U; Ventilasi

desain dapur bentuk u

Untuk ventilasi di area dapur, Anda dapat menyisakan salah satu bagian dinding sebagai bukaan yang menjadi jalur sirkulasi udara. Area tersebut dapat berfungsi sekaligus sebagai sumber cahaya alami. Dan dengan seperti itu, dapur kecil pun akan terasa lebih sehat dan tidak lembab.

Komposisi Desain Dapur Bentuk U
desain dapur bentuk u

Untuk mendapatkan penampilan ruang dapur yang rapi, aturlah kebutuhan memasak sedemikian rupa agar nyaman saat akan digunakan. Pengaturan posisi kompor dan tempat mencuci piring yang saling berhadapan akan memudahkan Anda dalam mengerjakan dua hal dalam satu waktu. Selagi Anda memasak sesuatu, di waktu yang bersamaan sambil menanti masakan matang, Anda dapat mencuci sayuran atau kebutuhan lainnya.

Ingat, aturan segitiga yang biasa diterapkan dan menjadi aturan baku saat merancang ruang dapur impian.

Ukuran dapur yang tidak terlalu besar dengan layout U juga memberikan keuntungan. Kondisinya yang kecil dan bentuk U yang setengah mengelilingi dapur, membuat Anda tidak telalu jauh beralih ke aktivitas lain.

desain dapur bentuk u

Maksimalkan storage dapur berbentuk U dengan penggunaan kabinet atau lemari gantung yang ditempatkan hampir di setiap sisi dinding. Berikan juga ruang untuk peralatan memasak Anda, seperti lemari dinding yang dapat Anda sesuaikan dengan ukuran dapur. Selain harus menyesuaikan dengan ukuran ruang, lemari dan storage lainnya pun harus dirancang sesuai dengan kebutuhan pemakaian.

Pilihlah furnitur berbentuk minimalis dengan ukuran yang tidak terlalu besar dan senada dengan dengan konsep interior yang Anda gunakan.

Leave Reply

Hey, so you decided to leave a comment! Thatís great. Just fill in the required fields and hit submit. Note that your comment will need to be reviewed before itís published Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>