Desain Tangga Untuk Rumah Minimalis Modern

Salah satu strategi untuk membuat rumah yang ideal di atas lahan yang terbatas adalah dengan membangun rumah bertingkat. Sebagai penghubung antar lantai dibutuhkan sebuah tangga  yang serasi agar memenuhi juga fungsi estetika dalam rumah.

tangga-minimalis-modern-untuk-menghemat-ruang

Tangga minimalis modern untuk menghemat ruang

Rancangan Tangga Rumah Minimalis

Pada prinsipnya desain tangga rumah minimalis tidak terlalu berbeda dengan rancangan tangga-tangga yang sering kita lihat. Perbedaannya, tangga biasa lebih membutuhkan tempat dibandingkan tangga yang memang diperuntukkan untuk rumah minimalis.

Anda bisa menggunakan ide desain tangga berikut ini yang ideal untuk rumah anda.

Tangga melayang

Yang dimaksud dengan desain tangga rumah minimalis melayang adalah jenis tangga yang terbuat dari kayu, kaca khusus yang kuat, atau besi baja dengan bagian bawah tangga kosong sehingga bisa dimanfaatkan untuk meletakkan barang-barang atau dijadikan ruangan tertentu.

Dengan desain seperti ini akan tercipta efek terbuka bagi ruangan sehingga ruangan menjadi terlihat lebih luas. Walaupun pembuatan tangga melayang dapat dikatakan lebih sulit daripada tangga biasa tetapi model tangga ini tetap mempunyai banyak penggemar.

model-tangga-rumah-minimalis-melayang

model tangga rumah minimalis melayang

Tangga spiral

Tipe tangga spiral dapat menjadi alternatif kedua karena ukuran tangga rumah minimalis yang ideal bagi penghubung lantai rumah minimalis. Kelebihan penggunaan tangga ini adalah fleksibel dan mudah diletakkan di mana saja karena tidak membutuhkan terlalu banyak tempat. Agar lebih aman, Anda bisa melengkapi tangga dengan pegangan yang terbuat dari kayu atau besi baja.

tangga-spiral-minimalis-untuk-menghemat-ruang

Tangga spiral minimalis untuk menghemat ruang

Tangga Rumah Minimalis Sebagai Fungsi Estetika

Selain berfungsi sebagai alat penghubung lantai 1 dan 2, tangga juga bisa berfungsi dekoratif. Desain tangga rumah minimalis yang unik sesungguhnya sudah mempunyai nilai keindahan tersendiri bagi keseluruhan rumah dan membuat tampilan rumah menjadi berbeda.

Untuk lebih menguatkan kesan estetis, Anda bisa menggunakan warna yang kontras dengan ruangan pada tangga spiral rumah Anda, sehingga menarik perhatian. Sementara jika Anda memilih desain tangga melayang dengan bilah tangga yang lebar, pada bagian pinggir tangga Anda bisa meletakkan pot-pot bunga mungil atau hiasan dekoratif lain.

tangga-minimalis-modern-sekaligus-sebagai-dekorasi

Tangga minimalis modern sekaligus sebagai dekorasi

Nah, cukup menarik bukan? Jangan lupa dalam memilih tipe tangga tetap utamakan keamanan dan kenyamanan penghuni rumah. Jadi, desain tangga rumah minimalis yang mana yang menjadi pilihan Anda?

 

Leave Reply

Hey, so you decided to leave a comment! Thatís great. Just fill in the required fields and hit submit. Note that your comment will need to be reviewed before itís published Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>