Hal penting sebelum melakukan proyek renovasi rumah

Mungikn banyak dari masyarakat yang memilhi merenovasi rumah dengan dilakukan secara mandiri. Bisa jadi karena meronovasi munggunakan jasa renovasi rumah memerlukan biaya yang tidak sedikit. Justru dengan melakukan secara mandiri bisa menimbulkan masalah. Nah kami akan memberikan saran sebelum merenovasi rumah.

Pikirkan konsep yang matang
Konsep merupakan hal dasar yang perlu anda pikirkan secara matang sebelum mulai melakukan renovasi rumah. Konsep pula yang akan menunjukkan hasil renovasi pada anda. Kenyamanan anda dan keluarga sangat ditentukan dalam hal konsep rumah yang anda inginkan. Sebaiknya mendiskusikan masalah konsep baik eksterior atau merenovasi sebagian ruangan dengan desain interior baru dengan anggota keluarga lain agar semua orang mendapatkan kenyamanan pada hunian baru anda nanti. Konsep minimalis banyak dipilih karena lebih efisien dan hemat biaya. Namun anda pun bisa memilih konsep desain yang sesuai dengan keinginan.

Tentukan bagian rumah yang paling perlu direnovasi
Jika dana tidak mumpuni sebaiknya anda betul-betul memperhatikan ruangan atau tempat tertentu yang membutuhkan sentuhan renovasi paling vital misal ruang keluarga atau dapur yang mulai rusak di banyak titik dan bisa merenovasi bagian lain yang mungkin masih bisa digunakan dalam jangka waktu lebih lama. Hal ini berkaitan dengan biaya renovasi rumah yang mungkin anda perlukan.

Pilih furniture yang pas
Agar dana renovasi terasa tidak sia-sia, anda perlu melakukan riset untuk memilih jenis furniture yang pas dan sesuai dengan selera anda sebagai pemilik rumah. Pastikan pula anda mengkonsultasikan hal tersebut dengan desain interior rumah anda agar tidak terjadi masalah sebab bila anda memilih konsep minimalis, maka pemilihan furniture yang terlalu besar bisa saja membuat rumah anda terkesan semakin sempit dan tidak bisa memaksimalkan gerak.

Pilih jasa renovasi rumah yang terpercaya
Banyak sekali jasa renovasi yang mungkin bisa anda temui apalagi jika tinggal di kota besar. Jasa renovasi rumah di Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang Selatan dan Bekasi sangat banyak dan beragam, maka anda bisa memilih salah satu yang telah terbukti berkualitas dan berpengalaman di bidangnya.

Pertimbangkan waktu dan jadwal renovasi yang tepat
Pastikan anda memilih waktu renovasi yang tepat seperti jika anda ingin merombak bagian taman, maka bisa memilih waktu musim kemarau. Tentu pemilihan waktu yang salah akan membuat biaya renovasi rumah membengkak karena waktu pengerjaan yang lebih lama. Selain itu, rencanakan renovasi jauh hari sebelumnya agar tidak bentrok dengan libur panjang yang bisa saja membuat tukang renovasi rumah anda mengajukan cuti. Tak menutup kemungkinan jika proyek renovasi menjadi terbengkalai dan tentu saja merugikan anda sebagai pihak yang mengeluarkan uang.

Mengatur keuangan
Dana sangat penting dalam menopang proyek merenovasi rumah anda. Sebaiknya anda mencatat betul semua pos pengeluaran termasuk pos cadangan agar tidak kelabakan saat perlu mengeluarkan uang untuk hal yang tidak terduga sebelumnya. Lebih baik memang memiliki dana lebih dari perhitungan agar anda tidak terlilit hutang pasca renovasi usai.

Leave Reply

Hey, so you decided to leave a comment! Thatís great. Just fill in the required fields and hit submit. Note that your comment will need to be reviewed before itís published Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>