Ini Dia Fobia Yang Berkaitan dengan Rumah!

Anda pasti sudah tidak asing dengan istilah fobia. Fobia merupakan ketakutan yang sangat berlebihan terhadap suatu benda atau keadaan tertentu. Fobia yang diderita tersebut dapat menghambat kehidupan penderitanya. Ternyata ada juga jenis fobia yang berkaitan dengan rumah.

Berikut ini ada 6 jenis fobia yang berkaitan dengan rumah. Apakah kamu mengidap salah satunya?

Domatophobia

Fobia yang satu ini membuat penderitanya takut pada lingkungan sekitar rumahnya. Penderita fobia ini biasanya mengisolasi diri.

Tapi, pengidap juga merasa takut jika harus tinggal dalam rumah. Sehingga, tak jarang pengidap fobia yang satu ini memilih tinggal di gua atau kandang. Walau kedengarannya sangat aneh dan konyol, tapi hal ini sangat fatal.

Mageirocophobia

Mageirocophobia merupakan fobia terhadap memasak makanan. Para penderita mageirocophobia mungkin memiliki trauma luar biasa saat memasak.

Ya, penderita fobia ini mungkin pernah melihat seseorang terkena air panas di dapur atau terbakar kompor atau berdarah ketika sedang mengiris bahan makanan sehingga menimbulkan trauma.

Achluophobia

Achluophobia adalah fobia terhadap ruangan atau lingkungan yang gelap. Nyatanya, ketakutan akan ruang gelap tidak hanya dialami oleh anak kecil saja, melainkan juga orang dewasa. Hal ini didasari oleh imajinasi yang terbangun ketika berada di ruang yang gelap. Tanpa sadar, orang yang menderita achluophobia akan panik dan berkeringat dingin ketika berada di ruang gelap.

Ablutophobia

Ablutophobia merupakan ketakutan atau fobia mencuci atau mandi. Biasanya, fobia ini didasari oleh peristiwa yang sering dilihat atau pernah mengalami hal kurang menyenangkan sehingga timbul trauma dan rasa takut. Ablutophobia sering terjadi pada anak-anak dan perempuan dewasa dibandingkan dengan laki-laki dewasa.

Claustrophobia

Claustrophobia adalah fobia berada di ruang yang sempit. Mereka merasa cemas dan timbul keringat dingin ketika berada di ruang sempit. Bahkan, penderita claustrophobia dapat kehilangan kontrolnya jika sudah parah. Orang dengan fobia ini akan menghindari lift, toilet umum, kamar ganti, terowongan, bahkan pintu putar ketika berpergian ke luar rumah.

Nostophobia

Nostophobia merupakan ketakutan untuk kembali ke rumah. Orang yang menderita nostophobia mungkin mengalami hal yang tidak mengenakkan di rumah sehingga enggan untuk kembali ke rumah.

Leave Reply

Hey, so you decided to leave a comment! Thatís great. Just fill in the required fields and hit submit. Note that your comment will need to be reviewed before itís published Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>