Jenis Karpet Lantai dan Manfatnyaa

JENIS KARPET LANTAI DAN MANFAATNYA

Karpet – Hal yang tidak asing lagi bagi kita untuk memanfaatkan karpet sebagai alas. Karpet lantai terdiri dari banyak kategori khusus dalam pembedaannya. Yuk simak jenis karpet lantai dan manfaatnya dalam keseharian kamu!

I. Karpet Lantai Berdasarkan Ruang

Karpet Area Rumah

Karpet Lantai Rumah

Salah satu jenis karpet lantai berdasarkan ruang  yang paling populer adalah karpet area rumah. Ini artinya karpet lantai ini berguna untuk seluruh ruangan rumah, terutama di bagian interior ruang keluarga dan ruang tamu, serta bersifat dekoratif. Jenis karpet lantai ini bisa terdiri dari berbagai bentuk, bahan, pola dan motif.

Karpet Jenis Runner

Karpet Lantai Runner

Seperti namanya, karpet lantai jenis runner didesain untuk menutupi areal yang bentuknya memanjang dengan kelebaran yang pendek. Karpet lantai runner sering digunakan untuk menutupi koridor atau area transisi dari satu ruang ke ruang lainnya. Ada pula karpet lantai runner yang dibentang panjang menutupi anak tangga dan disebut Stairs Runner.

Karpet Outdoor

Karpet Lantai Outdoor

Karpet lantai jenis outdoor bersifat tahan terhadap cuaca, medan, dan kotoran. Nama lainnya heavy duty.  Karpet lantai jenis outdoor sering ditemukan di teras rumah, dek atau halaman rumah untuk mempercantik halaman rumah.

Karpet Lantai Anak

Karpet Lantai Anak

Karpet lantai anak biasa hadir untuk menemani aktivitas si kecil di ruang istirahat atau ruang bermainnya. Karpet lantai anak sering muncul dalam bentuk berwarna-warni dengan pola yang lucu. Lebih pentingnya lagi, karpet lantai anak ini melindungi si kecil dari dinginnya dan kerasnya lantai rumah.

Karpet Khusus Kamar Mandi

Karpet Lantai Kamar Mandi

Untuk kamar mandi, karpet lantai ini terbagi menjadi dua jenis. Yang pertama adalah karpet lantai yang memiliki permukaan lembut dan bisa menyerap air, serta agak tebal dan diletakkan di area kering di dalam kamar mandi. Yang kedua adalah karpet lantai anti-slip yang biasa terbuat dari bahan karet dan sering ditempatkan di area basah kamar mandi. Dengan karpet lantai anti-slip ini, kamu akan semakin leluasa keluar masuk tanpa harus khawatir jatuh atau terpeleset.

Karpet Dapur

Karpet Lantai Dapur

Karpet lantai untuk dapur juga sering menjadi pilihan karpet yang popular sebagai dekor ruangan sekaligus untuk melindungi lantai dari percikan minyak, air dan kotoran.

II. Karpet Lantai Berdasarkan Bentuk

Petak/Persegi

Karpet Lantai Persegi

Bentuk karpet lantai yang paling umum, petak atau persegi menjadi salah satu elemen dekorasi yang paling mudah disesuaikan dengan bentuk ruangan di dalam rumah, misalnya ruangan tamu, ruang keluarga, ruang makan dan kamar tidur.

Karpet Bulat/Oval

Karpet Lantai Bulat

Sebagai aksen ruangan, karpet bulu berbentuk bulat dan oval sering menjadi pusat perhatian interior yang istimewa. Umumnya, karpet lantai berbentuk cantik ini bisa ditemukan di ruangan keluarga dan ruang makan.

Karpet Sabit

Karpet Lantai Sabit

Karpet lantai berbentuk sabit sering ditempatkan di sisi depan pintu dan berfungsi sebagai lap kaki sekaligus menambah aksen kecantikan di depan ruangan tertentu.

III. Karpet Lantai Berdasarkan Bahan

Karpet Wol

Karpet Lantai Wol

Karpet lantai dari wol adalah salah satu bahan terbaik dan cukup popular. Karena sifat serat alaminya, karpet lantai dari wol biasanya lebih lembut dan tahan pakai. Keunggulan lain dari karpet lantai dari bahan wol adalah mudah dibersihkan, tidak gampang bernoda dan punya ciri khas yang mewah dan nyaman.

Karpet lantai dari wol umumnya sering digunakan di ruangan rumah yang sering dilalu lalang, misalnya di interior ruang keluarga dan ruang makan. Hindari pemakaian bahan karpet lantai ini untuk daerah yang lembab karena akan berjamur dan memudar warnanya.

Karpet Katun

Karpet Lantai Katun

Karpet lantai katun biasanya lebih murah daripada bahan wol, tetapi biasanya juga lebih tidak tahan dan tidak semewah bahan wol. Karpet lantai dari katun lebih cocok digunakan di area umum seperti ruang foyer ataupun dapur.

Karpet Benang Rami

Karpet Lantai Benang Rami

Salah satu bahan natural dalam pembuatan karpet lantai, benang rami juga cukup tahan dan mudah dipadupadankan dengan bermacam gaya desain interior rumah. Karpet lantai dari benang rami cocok digunakan di bagian luar rumah karena sifatnya yang lebih keras dan tahan cuaca. Tekstur karpet lantai ini biasanya lebih padat dan tidak lembut, tetapi pastinya tahan untuk berbagai kebutuhan.

Karpet Kulit Hewan

Karpet Lantai Kulit Hewan

Karpet lantai dari kulit hewan adalah salah satu barang mewah yang cantik, punya nilai tinggi dan menggoda. Biasanya karpet lantai kulit hewan dibandrol dengan harga yang tinggi karena tidak mudah didapatkan, serta punya nilai unik tersendiri.

Lebih sering mengambil peran dekorasi, karpet lantai jenis kulit hewan bisa menjadi elemen yang menarik perhatian di sebuah ruangan. Hanya saja, hati- hati dalam penataannya agar tidak diletakkan di ruangan yang lembap karena bisa rusak.

Sintetik

Karpet Lantai Sintetik

Bahan sintetik adalah alternatif dari beberapa bahan karpet lantai yang bersifat alami misanya wol, katun, sutra hingga kulit asli. Jenis karpet lantai sintetik biasanya lebih terjangkau, namun bisa dibuat sedemikian rupa sehingga masih ada kesan elegan dan luks layaknya dari bahan asli.

Bahan ini juga mudah didapat dan gampang dibersihkan setiap saat. Namun kelemahan karpet lantai sintetik adalah lebih cepat rusak, terutama jika sering mendapat paparan perubahan cuaca dan kelembapan.

 

ARSITEK INDO KONTRAKTOR – KONTRAKTOR JOGJA | JASA BANGUN RUMAH JOGJA | KONTRAKTOR JOGJA | JASA ARSITEK JOGJA | KONTRAKTOR DI JOGJA | JASA GAMBAR 3D JOGJA | JASA DESAIN RUMAH JOGJA | BANGUN RUMAH JOGJA merupakan solusi bagi Anda yang ingin membangun rumah hunian, kost ekslusif, apartemen atau bangunan lainnya. Konsultasi Gratis KLIK DISINI. Hubungi kami di Telp : (0274) 501 7127 | WA : 0888 0289 8802

Leave Reply

Hey, so you decided to leave a comment! Thats great. Just fill in the required fields and hit submit. Note that your comment will need to be reviewed before its published Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>