Jenis Tipe Rumah Sederhana yang Perlu Anda Ketahui

Jenis Tipe Rumah Sederhana yang Perlu Anda Ketahui

 

Seperti yang kita ketahui harga rumah di jaman sekarang sangatlah mahal, dan tentunya tahun-tahun ke depan akan semakin naik. Namun, Anda tidak perlu khawatir, karena model rumah sederhana bisa jadi pilihan Anda untuk mewujudkan mimpi Anda mempunyai rumah.

Bagi Anda yang memiliki dana terbatas, pada artikel ini Kania akan memperkenalkan tipe model rumah sederhana yang bisa menjadi opsi membeli atau membangun hunian sekaligus tempat beristirahat.

1. Model Rumah Sederhana Tipe 36

Model Rumah Sederhana Tipe 36

Masih menerapkan prinsip yang sama dengan model rumah sederhana tipe 21, model rumah sederhana tipe 36 memiliki luas bangunan 36 m².

Rumah Minimalis Sederhana Tipe 36

Perbedaannya dengan tipe 21 adalah rumah ini memiliki 2 kamar tidur dan ruang tamu yang lebih luas. Di Indonesia, mungkin rumah tipe 36 lah yang paling umum terlihat di kawasan perumahan.

2. Model Rumah Sederhana Tipe 21

Rumah Minimalis Sederhana Tipe 21

Di Indonesia, para developer cenderung membedakan jenis rumah yang mereka bangun kemudian dipasarkan dengan nama berdasarkan luas bangunan. Salah satunya adalah model rumah sederhana tipe 21, yang memiliki luas bangunan 21 m². Panjang dan lebar bangunannya bisa beragam, contohnya ukuran 6 meter x 3,5 meter yang menjadi bangunan seluas 21 m².

Model Rumah Sederhana Tipe 21

Model rumah sederhana tipe 21 biasanya terdiri dari 1 kamar tidur yang dapat ditempati 2 orang, sebuah ruang tamu yang langsung terhubung dengan dapur serta sebuah kamar mandi. Rumah ini cocok untuk para pasangan muda yang belum memiliki anak.

 

3. Model Rumah Sederhana Tipe 45

Model Rumah Sederhana Tipe 45

Model rumah sederhana yang memiliki luas bangunan 45 m² cocok untuk dihuni keluarga kecil yang memiliki satu atau dua orang anak. Model rumah sederhana tipe 45 memiliki teras depan rumah yang dapat dijadikan garasi satu unit mobil dan taman kecil pada halaman belakang.

Antara ruang keluarga dan ruang makan ditempatkan terpisah. Biasanya, ada desain dapur kecil terletak pada bagian belakang rumah. Ada juga variasi rumah tipe 45 dengan 3 kamar tidur tanpa halaman belakang.

4. Model Rumah Sederhana Tipe 54

Model Rumah Sederhana Tipe 54

Tipe 54 merupakan model rumah sederhana kelas menengah yang unggul dari segi luas bangunan. Model rumah sederhana tipe 54 biasanya dibangun dua lantai, dimana terdapat dua kamar tidur di lantai dasar dan satu kamar tidur di lantai atas, serta ekstra ruang tamu di lantai dua. Terlepas dari bangunan yang luas, harga dari model rumah sederhana tergolong terjangkau.

5. Model Rumah Sederhana Tipe 60

Model Rumah Sederhana Tipe 60

Bagi Anda yang mencari rumah yang terkesan elegan namun dengan harga yang masih terjangkau, model rumah sederhana tipe 60 adalah jawabannya. Bangunan seluas 60 m² yang terdiri dari 2 lantai ini sedkit lebih luas dari model rumah sederhana tipe 54, memiliki 4 kamar tidur dan 3 kamar mandi serta teras di bagian belakang rumah yang lebih luas.

6. Model Rumah Sederhana Tipe 120

Model Rumah Sederhana Tipe 120

Sederhana nan mewah, model rumah sederhana tipe 120 menyediakan semua kebutuhan ruangan yang kamu butuhkan. Secara umum, rumah ini dibangun dan memiliki 3 sampai 4 kamar tidur, 3 kamar mandi, ruangan dapur tersendiri, ruang makan, beranda belakang, dan carport yang bisa menampung dua mobil sekaligus.

7. Model Rumah Sederhana Tipe Modular

Model Rumah Sederhana Modular

Saat ini tengah populer rumah berbentuk persegi panjang berukuran kecil yang dapat dibangun hanya dalam waktu kurang lebih 3 bulan. Tipe rumah ini disebut dengan rumah modular. Rumah ini unggul dari sisi fleksibilitas desain dan pilihan material, ditambah lagi daya tahan yang mencapai waktu paling sedikit 60 tahun.

Harga model rumah sederhana tipe modular juga sangat terjangkau, akan tetapi prefabrikasi beberapa bagian dari rumah ini memiliki kendala di sisi pengiriman.

8. Rumah Kontainer, Alternatif Rumah Murah yang Tetap Gaya

Model Rumah Sederhana Container

Dalam dunia arsitektur, rumah yang dibangun menggunakan kontainer disebut dengan cargotecture, memiliki desain elegan dan fleksibilitas serta ekonomis. Menggunakan bahan-bahan daur ulang, desain rumah kontainer juga ramah lingkungan. Waktu pembangunan rumah kontainer tergolong cepat dan ukuran serta jumlah ruangan bisa dibangun sesuai kebutuhan.

9. Menggunakan Trailer Sebagai Hunian

Model Rumah Sederhana Trailer

Jika Anda sering menonton film-film Hollywood, Anda pasti pernah melihat mobil trailer yang bagian belakangnya terdapat kabin kecil yang dijadikan rumah lengkap dengan tempat tidur, dapur, dan kamar mandi. Rumah trailer merupakan bangunan temporer yang dapat dipindah-pindahkan dengan kendaraan berat. Sangat cocok bagi kamu yang suka berpetualang dan memiliki budget terbatas.

10. Model Rumah Sederhana Conch House

Model Rumah Sederhana Conch House

Conch House sangat populer di Amerika Serikat. Rumah ini dibangun dengan material kayu, berbentuk persegi dan biasanya memiliki 2 lantai. Yang menjadi keunikan rumah ini adalah lantai rumah yang tidak menyentuh tanah, seperti beberapa rumah adat di Indonesia. Dijamin cuaca dalam rumah tidak akan panas karena terdapat sirkulasi udara pada bagian bawah lantai rumah.

 

 

terima kasih sudah mengunjungi website kami, salam sukses untuk para pembaca 🙂

ARSITEK INDO KONTRAKTOR – KONTRAKTOR JOGJA | JASA BANGUN RUMAH JOGJA | KONTRAKTOR JOGJA | JASA ARSITEK JOGJA | KONTRAKTOR DI JOGJA | JASA GAMBAR 3D JOGJA | JASA DESAIN RUMAH JOGJA | BANGUN RUMAH JOGJA merupakan solusi bagi Anda yang ingin membangun rumah hunian, kost ekslusif, apartemen atau bangunan lainnya. Konsultasi Gratis KLIK DISINI. Hubungi kami di Telp : (0274) 501 7127 | WA : 0888 0289 8802

Leave Reply

Hey, so you decided to leave a comment! Thats great. Just fill in the required fields and hit submit. Note that your comment will need to be reviewed before its published Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>