Kolam Renang Indoor Berikan Kesan Mewah

Kolam renang yang dibangun didalam rumah biasanya dibangun untuk kepentingan dekoratif. Keberadaan kolam renang dapat meningkatkan nilai estetika dan membuat ruangan terlihat elegan. Makan tak heran jika pembuatan kolam renang indoor lebih sulit dibanding dengan pembuatan kolam renang outdoor. Kolam renang indoor bisa dijadikan spot terbaik dalam rumah minimalis anda.

Kolam Renang Indoor di Dalam Rumah Minimalis

Kolam renang indoor banyak dipilih karena lebih dapat memberi privasi bagi penghuni rumah untuk berenang. Kolam renang indoor dan outdoor sebenarnya memiliki fungsi utama yang sama, yaitu sebagai tempat media untuk berenang. Dalam menentukan pilihan mana yang sebaiknya kita pilih, tentunya kita perlu mengevaluasi kelebihan dan kekurang masing-masing.

Tanpa adanya sistem ventilasi yang benar, tingginya tingkat kelembapan dalam ruang akan menyebabkan banyak masalah, termasuk kondensasi yang menyebabkan benda di sekitar mudah berkarat atau lapuknya strukturnya.Seperti yang telah kami sebut di atas, kolam renang indoor banyak dimiimati karena lebih dapat memberikan privasi bagi pemiliknya. Keuntungan lain selain faktor privasi, kolam renang indoor tidak terlalu terpengaruh oleh perubahan suhu di luar ruangan. Meski demikian, kolam dalam di dalam ruangan memerlukan ventilasi yang cukup untuk menyeimbangkan kelembapan yang disebabkan oleh besarnya jumlah penguapan.

Tiga hal yang paling merusak pada jenis kolam indoor adalah jamur, karat dan pembusukan kayu (lapuk). Inilah penyebab yang ditimbulkan dari penguapan, dikarenakan sistem ventilasi yang digunakan tidak dapat mengimbangi intensitas penguapan air di dalam ruangan. Kerusakan struktur permukaan yang terdapat didalam ruangan akan terjadi ketika tingkat kelembapan mencapai 62% atau lebih pada jangka waktu yang lama. Jamur yang dibawa oleh penguapan air atau udara dalam ruangan dapat menyentuh seluruh permukaan dinding ruangan, kemudian aktif atau berkembang pada kelembapan diatas 80%.

Untuk membantu mencegah atau mengurangi hal-hal tersebut, sangat dianjurkan untuk melakukan pengecekkan secara berkala pada seluruh permukaan dalam ruangan. Ada beberapa indikasi atau tanda-tanda pada ruangan yang mungkin bisa dijadikan dasar untuk dilakukannya penanggulangan, diantaranya :

• Bintik-bintik jamur pada karpet atau lantai yang kering

• Basahnya permukaan dinding

• Jendela yang berembun

• Longgarnya ubin pada lantai

Hal-hal tersebut dapat dikurangi atau dicegah dengan menggunakan bahan pelapis atau pendukung komponen yang berkualitas tinggi untuk mengurangi tingkat kelembaban udara.

Desain kolam renang indoor perlu disesuaikan dengan luas ruangan yang ingin dijadikan lokasi kolam renang tersebut. Karena, seindah apapun rancangan kolam renang yang Anda buat, bila ukurannya tidak relevan dengan luas ruangan yang bisa digunakan, maka hal ini dapat mengurangi fungsi utama kolam renang dan ruangan tersebut. Bila Anda sudah memiliki gambaran yang matang terkait area yang dipersiapkan untuk kolam renang indoor Anda, maka Anda bisa mulai merencanakan desain kolam renang indoor sesuai keinginan Anda.

Leave Reply

Hey, so you decided to leave a comment! Thats great. Just fill in the required fields and hit submit. Note that your comment will need to be reviewed before its published Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>