Macam – Macam Genteng

Bangun Rumah – Penutup atap rumah yang umum digunakan di Indonesia adalah genteng.

Genteng selain melindungi rumah atau bangunan lain dari panas sinar matahari serta terpaan air hujan, juga berpengaruh terhadap penampilan bangunan secara keseluruhan. Baik itu aksen maupun estetika rumah atau bangunan tersebut. Oleh sebab itu penting untuk mengenal macam jenis genteng yang umum ada di pasaran wilayah negeri tercinta, Indonesia.

GENTENG SIRAP

Genteng sirap ini dibuat dari kayu khas Kalimantan, yaitu kayu ulin. Kayu ulin dikenal juga dengan nama kayu bulian atau kayu besi. Kayu besi, karena kayu ini sangat keras dan tahan terhadap perubahan temperatur, kelembaban, air tawar dan air laut. Genteng sirap kayu ulin berwarna coklat kehitaman.

Saat ini, karena penjualan kayu ulin diawasi oleh Negara, genteng sirap juga banyak dibuat dari kayu merbau sebagai alternatif kayu ulin. Genteng sirap kayu merbau berwarna coklat kekuningan.

GENTENG TERAKOTA

Genteng tanah liat atau genteng terakota ini dibuat dari tanah liat yang dicetak dan dibakar secara tradisional dengan tungku sederhana. Genteng terakota ini berwarna merah-jingga seperti batu bata. Biasanya tersedia dalam model polos atau berglazur.

GENTENG KERAMIK

Genteng keramik juga dibuat dari tanah liat yang dicetak dan kemudian dibakar dengan menggunakan mesin berteknologi tinggi dan suhu di atas 1000oC. Genteng keramik ini memiliki tampilan dalam berbagai warna karena dapat diberi lapisan warna dan diglazur. Lapisan warna ini bertujuan supaya tampilannya menarik dan dapat disesuaikan dengan desain dan warna rumah atau bangunan. Pelapisan glazur bertujuan supaya permukaannya mengkilap dan melindungi lapisan warna agar tahan lama dan juga tahan terhadap lumut.

GENTENG BETON

Genteng beton atau disebut juga genteng semen. Dibuat dari campuran semen, pasir, dan bahan aditif lainnya. Umumnya, genteng ini penampilannya kusam sehingga perlu dilapisi cat khusus supaya menarik.

GENTENG KACA

Genteng ini dibuat dari kaca dan digunakan sebagai jalan masuk sinar matahari ke dalam area rumah atau bangunan sebagai penerangan alami. Genteng ini hanya digunakan pada area tertentu pada atap. Jika digunakan berlebihan, maka sinar matahari yang masuk akan meningkatkan temperatur di dalam ruangan.

GENTENG ASPAL

Genteng aspal atau bitumen ini dibuat dari serbuk kertas, serat organic, resin serta aspal. Genteng ini juga berukuran lebih besar dan memiliki banyak pilihan warna menarik. Genteng ini ringan, fleksibel, kuat dan tidak mudah patah. Banyak digunakan untuk pelapis atap dengan rangka baja ringan.

GENTENG METAL

Genteng ini bukanlah genteng para penggemar musik beraliran rock metal. Genteng ini memang dibuat dari material logam, tepatnya pelat baja galvanis yang dilapis zincalume. Genteng ini berukuran lebih besar dari genteng-genteng yang disebut sebelumnya di atas. Karena berukuran lebih besar, proses pemasangan penutup atap jenis ini menjadi lebih cepat.

Leave Reply

Hey, so you decided to leave a comment! Thatís great. Just fill in the required fields and hit submit. Note that your comment will need to be reviewed before itís published Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>