Membersihkan Bekas Cat Pada Keramik

Terkadang proses pengecatan dinding tanpa disengaja  terciprat ke lantai keramik rumah minimalis sederhana Anda. Akan tetapi, Anda tidak perlu khawatir. Bukan berarti noda cat tersebut tidak dapat dihilangkan. Ada beberapa cara membersihkan keramik dari cat yang dapat Anda gunakan. Mau tahu? Berikut ini adalah cara-caranya :

Membersihkan Menggunakan Amplas

Cara pertama membersihkan keramik dari cat adalah dengan menggunakan amplas. Pertama-tama, basahkan terlebih dahulu keramik yang terkena lantai dengan menggunakan air. Selanjutnya, Anda dapat membantu mengikis noda cat perlahan-lahan dengan menggunakan amplas. Ingatlah untuk berhati-hati dan tidak terlalu menekan supaya keramik tidak ikut tergores.

Membersihkan Menggunakan Tiner

Tiner dapat digunakan untuk membersihkan noda cat yang menempel di lantai keramik. Cukup gunakan kain, lap atau kapas untuk meneteskan tiner secukupnya, selain itu basuh area yang ingin dibersihkan secara perlahan. Jangan sampai cat digosok supaya area yang terkena noda tidak melebar. Karena tiner memiliki bau yang pekat dan cukup kuat, setelah Anda selesai membersihkan noda cat Anda dapat membersihkan lantai Anda kembali dengan cara mengepelnya menyeluruh. Jangan lupa gunakan pewangi lantai supaya bau tiner menghilang dari dalam ruangan.

Membersihkan Menggunakan Scrap

Scarp dapat dengan mudah ditemukan di toko bangunan terdekat dari lingkungan rumah Anda. Jangan lupa beli scarp sekaligus dengan tangkai pegangan supaya lebih mudah digunakan ketika hendak membersihkan. Cara pelaksanaan dengan menggunakan scrap adalah cukup menggosoknya perlahan pada bagian yang tekena noda cat. Jangan mengunakan tekanan yang cukup keras untuk menghindari lantai keramik tergores.

Membersihkan Menggunakan Cuka

Cuka memang sering digunakan sebagai bahan pembersih, tak terkecuali untuk membersihkan noda lantai dari cat. Sebabnya adalah cuka memiliki kandungan asam yang dapat mengubat zat-zat tertentu sehingga mampu merontokkan noda membandel yang melekat pada permukaan lantai keramik. Caranya cukup dengan mengelap bagian tersebut menggunakan kain yang sudah diteteskan cuka sebelumnya. Basuh secara perlahan dan biarkan cuka bereaksi.

Membersihkan Menggunakan Belimbing Wuluh

Sama seperti cuka, di dalam belimbing wuluh terdapat kandungan asam yang cukup tinggi sehingga ampuh digunakan sebagai alat pembersih. Zat asam ini juga sangat baik digunakan untuk noda-noda yang menempel seperti noda cat hingga noda lain yang membandel sekalipun.

Keramik memang salah satu bahan-bahan dalam membangun rumah yang paling populer digunakan untuk pelapis lantai. Akan tetapi, tidak hanya mementingkan aspek keindahan namun aspek kebersihan juga penting karena kebersihan merupakan ciri-ciri rumah sehat yang wajib dimiliki. Demikianlah cara membersihkan keramik dari cat. Selamat mencoba!

Leave Reply

Hey, so you decided to leave a comment! Thatís great. Just fill in the required fields and hit submit. Note that your comment will need to be reviewed before itís published Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>