Membuat Rumah Tidak Terasa Panas

Memasuki musim panas, biasanya keadaan di dalam rumah juga menjadi panas. Keadaan rumah yang panas membuat kita merasa tidak betah dirumah. Solusi yang sering dipikirkan banyak orang adalah dengan menggunakan kipas atau memasang AC dirumah. Namun, sebenarnya ada cara untuk membuat rumah kita tidak terasa panas lagi tanpa memasang alat pendingin ruangan. Berikut ini cara membuat rumah tidak terasa panas lagi.

Pastikan bahwa arah hadap rumah menghadap selatan.

Rumah yang menghadap tenggara akan diterpa matahari pagi lewat jendela-jendela kaca. Meskipun pada dasarnya sinar matahari pagi baik untuk kesehatan, namun terasa mengganggu kenyamanan karena intensitasnya yang tinggi. Lalu, sore hari ketika matahari condong ke barat, jendela kaca akan terpapar cahaya panas. Walau matahari sudah tenggelam, udara panas seolah masih berputar-putar di dalam rumah.

Pilih material yang tahan meredam panas

Contohnya bata merah. Materi yang terbuat dari tanah liat ini ternyata mampu menyerap panas dari luar. Atau, Anda bisa menambahkan pelapis antipanas pada genting atau dinding. Misal, dengan menggunakan cat antipanas merek Reflecto.

Perhatikan bukaan.

Ventilasi atau bukaan menjadi syarat wajib yang harus Anda penuhi di dalam sebuah rumah. Tanpa ventilasi yang baik, rumah akan terasa panas. Idealnya, ventilasi hadir di setiap ruang di dalam rumah.

Perbanyak tanaman di sekitar rumah.

Tanaman, khususnya pepohonan, dapat meredam hawa panas yang ada di rumah. Tanam tanaman khususnya di area barat rumah. Selain menghijaukan, juga untuk meredam panas cahaya matahari. Anda bisa menanam pohon besar atau membuat tanaman rambat hingga menjulur ke atas.

ARSITEK INDO KONTRAKTOR – KONTRAKTOR JOGJA | JASA BANGUN RUMAH JOGJA | KONTRAKTOR JOGJA | JASA ARSITEK JOGJA | KONTRAKTOR DI JOGJA | JASA GAMBAR 3D JOGJA | JASA DESAIN RUMAH JOGJA | BANGUN RUMAH JOGJA merupakan solusi bagi Anda yang ingin membangun rumah hunian, kost ekslusif, apartemen atau bangunan lainnya. Konsultasi Gratis KLIK DISINI. Hubungi kami di Telp : (0274) 501 7127 | WA : 0888 0289 8802

Leave Reply

Hey, so you decided to leave a comment! Thats great. Just fill in the required fields and hit submit. Note that your comment will need to be reviewed before its published Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>