Memilih Keramik Untuk Lantai Rumah

Keramik memiliki berbagai jenis yang bisa disesuaikan dengan fungsi dan kebutuhan dalam pemakaiannya. Jika anda salah pilih maka hal tersebut akan berpengaruh besar bagi kehidupan anda sehari-hari bahkan bisa membahayakan keluarga anda. Jadi yang bisa anda lakukan adalah melakukan pemilihan keramik yang tepat sesuai dengan kegunaannya. Pada artikel kali ini akan membahas mengenai tips memilih keramik.

1. Pilihlah Keramik Sesuai Dengan Kebutuhan Anda

Hal ini perlu dilakukan pada saat anda akan membeli keramik untuk memenuhi kebutuhan dalam pembangunan rumah anda. Mengapa demikian? Pemilihan yang sesuai dan baik akan sangat menentukan kenyamanan pemilik rumahnya. Seperti contohnya pemilihan keramik yang akan diaplikasikan di kamar mandi. Jenis keramik yang akan diaplikasikan pada kamar mandi tentunya berbeda dengan jenis keramik yang akan dipasang di bagian-bagian utama rumah anda. Keramik yang cocok diaplikasikan di bagian lantai kamar mandi adalah keramik yang mempunyai ciri-ciri fisik yakni dengan tekstur yang agar kasar.

Mengapa harus menggunakan tekstur yang agar kasar? Tekstur agak kasar akan mengurangi tingkat kelicinan yang ditimbulkan jika keramik berinteraksi langsung dengan air. Mengingat kamar mandi sendiri memang akan selalu basah, jadi penggunaan keramik dengan tekstur kasar akan mencegah hal-hal yang dapat membahayakan keluarga anda. Seperti halnya mencegah agar tidak terpeleset.

2. Pilihlah Keramik Dengan Ukuran Yang Seimbang Dengan Rumah Anda

Pilihlah Keramik Dengan Ukuran Yang Seimbang Dengan Rumah AndaKeseimbangan itu menjadikan sebuah suasana rumah menjadi lebih indah dan nyaman untuk ditempati. Pemilihan bahan-bahan seperti keramik pun harus diperhatikan dalam menjaga keseimbangan terhadap desain sebuah rumah.

Anda harus cermat dan teliti dalam menentukan ukuran keramik yang akan di beli. Jika ruangannya relatif kecil pilihan ukuran keramik dengan ukuran standar saja, apabila anda menerapkan ukuran keramik yang besar maka ruangan anda akan terlihat aneh dan tidak matching.

Begitu pula sebaliknya dengan penggunaan pada ruangan yang besar, gunakanlah ukuran keramik yang besar, jika anda memaksakan menggunakan keramik yang berukuran kecil maka ruangan akan terlihat sangat ramai karena keramik yang dipakai relatif banyak. Hal itu akan mengurangi daya tarik yang ditimbulkan dari sebuah ruangan tersebut.

3. Pilihlah Keramik Dengan Warna Yang Seimbang Dengan Rumah Anda

Dalam pemilihan warna pun juga harus diperhatikan, jangan mengaplikasikan warna yang terlalu terang dan mencolok karena itu akan berdampak buruk terhadap penglihatan anda. Warna yang terang dan mencolok akan menimbulkan kesilauan yang membuat anda kurang nyaman nantinya. Pilihlah warna yang soft dan sesuaikan pada warna dinding rumah anda agar tampak lebih indah dan menarik.

4. Pilihlah Keramik Yang Sesuai Dengan Kantong Anda

Nah, pemilihan keramik juga harus disesuaikan dengan budget yang anda punya. Pasalnya keramik dengan warna yang sama persis itu jumlahnya terbatas. Jadi anda sebelum memutuskan membeli keramik pastikan budget anda sudah cukup sehingga dapat membeli keramik dengan warna yang sama sejumlah dengan kebutuhan anda. Jika pembelian keramiknya kredit, beresiko terhadap warna yang di dapatkan.

Takutnya warna yang anda beli sebelumnya tidak sama dengan warna yang anda beli setelahnya. Saran saya sebaiknya perhitungkan baik-baik jumlah keramik terlebih dahulu dan persiapkan budget yang anda butuhkan. Sehingga anda bisa membeli keramik dalam satu warna dan tentunya tidak beresiko terhadap perbedaan warna yang didapatkan.

5. Sebisa Mungkin Pilihlah Keramik Yang Bergaransi

Sebelum membeli keramik dalam jumlah tertentu, sebaiknya anda juga mempertimbangkan hal yang satu ini. Pemilihan keramik yang mempunyai garansi sangatlah penting dan juga bermanfaat bagi anda walaupun garansi tersebut terbilang sangat singkat itu tidak menjadi masalah. Yang terpenting ada garansinya, sehingga jika terjadi cacat saat dibuka segelnya setidaknya masih bisa ditukarkan dengan yang bagus. Pengalaman ketika membeli keramik yang menurut saya sangat efektif adalah tanyakan terlebih dahulu rata-rata garansi yang ditawarkan oleh toko bangunan atau pun garansi dari pabriknya langsung. Setelah anda tahu jangka waktu garansi yang ditawarkan, anda bisa tahu estimasi waktu pembelian keramik yang efektif untuk anda.

Contohnya seperti ini, perhatikan jangka waktu masa garansi yakni jika garansi sekitar satu bulan sebaiknya anda membeli keramik seminggu sebelum pemasangan. Berarti anda masih punya waktu kan sekitar 3 minggu buat space pemasangan. Apabila ada yang cacat anda bisa langsung claim ke toko bangunan sehingga anda pun tidak dirugikan. Hindari pembelian keramik jauh-jauh hari sebelum proses pemasangan. Resikonya anda tidak bisa claim karena masa garansi sudah tidak berlaku lagi.

6. Pilihlah Bahan Baku Keramik Yang Tepat

Keramik yang bagus pun belum tentu mempunyai bahan baku yang baik. Sebagai pembeli anda harus lebih cermat dan teliti agar nantinya keramik yang anda pasang bisa awet dan tahan lama. Anda bisa minta sample terlebih dahulu kepada toko bangunan pilihan anda. Perhatikan bahan baku sample tersebut, terlihat kokoh atau justru rentan kropos. Tapi anda juga perlu waspada, biasanya sample itu dibuat lebih baik kualitasnya dibanding dengan product aslinya. Jadi anda wajib responsive terhadap situasi seperti ini.

Buatlah kesepakatan dengan penjual, jika kondisi product yang dibeli kualitasnya tidak sesuai dengan sample yang telah ditunjukkan kepada anda, maka anda berhak untuk melakukan claim ataupun complain terhadap product yang anda dapatkan untuk diganti dengan yang baru. Mungkin kondisi seperti ini seringkali dianggap remeh dan diabaikan oleh para konsumen.

7. Pemilihan Permukaan Lantai

Pada saat memilih keramik yang perlu anda ketahui juga adalah tipe permukaan lantai yang nantinya akan diaplikasikan ke dalam suatu ruangan. Ruangan-ruangan tertentu pastinya ada yang harus disesuaikan dengan keramik yang akan digunakan. Misalnya, untuk kamar mandi dan ruang-ruang lain yang sering berinteraksi langsung dengan air, sebaiknya menggunakan jenis keramik dengan permukaan yang agak kasar. Fungsinya agar tidak licin dan tidak membahayakan bagi penggunanya.

Dapat ditarik kesimpulan bahwa sebelum memutuskan membeli keramik alangkah baiknya memperhatikan bagaimana tips yang baik dalam memilih keramik. Kemudian pertimbangkan terhadap segala aspek yang mungkin timbul nantinya.

Leave Reply

Hey, so you decided to leave a comment! Thatís great. Just fill in the required fields and hit submit. Note that your comment will need to be reviewed before itís published Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>