Memilih Lantai Kayu untuk Rumah Anda

Sebelum Anda memutuskan untuk menggunakan lantai kayu, ada baiknya Anda mengetahui jenis yang cocok diaplikasikan pada interior ruangan Anda.

Di bawah ini ada beberapa jenis lantai kayu yang banyak dijual :

Lantai Vinyl

Lantai Vinyl ini bisa dikatakan paling murah dikarenakan lantai vinyl terbuat dari bahan PVC. Vinyl mempunyai banyak motif diantaranya motif kayu, motif bebatuan dll. diantara semua motif kebanyakan motif lantai kayu sering digemari oleh pencinta lantai Vinyl karena Vinyl motif lantai kayu coraknya seperti lantai kayu asli. Untuk kekuatan lantai Vinyl tersebut tergantung dari penggunaannya. biasanya yang paling sering rusak adalah tampilan atasnya karena hasil print sehingga apabila terkena goresan atau gesekan lama kelamaan akan pudar dan akan hilang.

Lantai Laminate atau Parquet Laminate

Lantai Laminate biasanya menggunakan serbuk kayu yang dipress kemudian dibentuk seperti lantai kayu sesuai ukuran yang diiinginkan, atau yang dikenal sebagai HDF (High Density Fiberboard). HDF ini kemudian di bentuk motif ‚Äď motif seperti lantai kayu kemudian di berikan pelapisan anti scratch sehingga tampilannya bagus. Dari segi kekuatan, lantai laminate ini bisa dibilang sangat rawan karena bahan dasarnya lantai kayu laminate ini adalah sebuk kayu maka apabila terkena lembab atau air, lantai kayu laminate ini akan hancur atau tidak tahan lama.

Lantai Solid atau Parquet Solid

Lantai Solid adalah jenis lantai kayu yang paling mahal dibandingkan dengan yang lainnya karena lantai kayu solid menggunakan 100% bahan dari kayu utuh/asli sehingga harga lantai solid ini lebih mahal dibandingkan lantai kayu lainnya. untuk kekuatan lantai solid lebih kuat dari pada jenis lainnya karena terbuat dari 100% kayu asli. Biasanya lantai jenis ini yang sering digunakan adalah menggunakan bahan dari kayu jati, merbau, kempas, bangkirai, mahoni dll.

Syarat utama dari parquet solid adalah kayu harus golongan kayu keras,karena diperlukan kestabilan terhadap kelembaban & tahan terhadap rayap, karena pada dasarnya parquet akan menempel pada permukaan lantai yang otomatis tidak bisa dihindari dari kelembaban dan serangan rayap.ukuran rata rata yang diproduksi untuk parquet solid adalah dari mulai lebar 3cm sampai 15cm.dan panjang dari 20cm sampai 180cm.biasanya ukuran parquet solid semakin besar,semakin mahal harganya,karena dalam memproduksi parquet solid dari 1m kubik log kayu apabila diproduksi untuk ukuran yang kecil akan didapat hasil produksi yang banyak,berbeda dengan yang ukuran besar hasil produksi lebih sedikit.

Lantai Decking Bangkirai

Lantai Decking terbuat dari 100% kayu seperti lantai kayu solid. Yang membedakan adalah penggunaan decking ada di luar ruangan. Biasanya Decking banyak digunakan di kolam renang, teras, atau taman karena decking ini dirancang untuk tahan terhadap air.

Leave Reply

Hey, so you decided to leave a comment! Thatís great. Just fill in the required fields and hit submit. Note that your comment will need to be reviewed before itís published Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>