Memulai Bisnis Hotel Ramah Lingkungan

Banyak pelanggan yang lebih tertarik kepada bisnis akomodasi yang melakukan banyak program ramah lingkungan. Program seperti ini juga bisa menghemat pengeluaran Anda menjadi lebih efisien. Artikel ini memberikan beberapa saran bagi Anda yang ingin memulai bisnis hotel ramah lingkunagn.

Daur ulang ranjang dan kasur

Hal ini akan memangkas pengeluaran biaya dalam pemanfaatan barang. Hal ini bisa menciptakan keunggulan yang kompetitif untuk menarik tamu Anda. Dan yang lebih penting ramah lingkungan. Karena pada dasarnya dibutuhkan waktu yang lama sekitar 20 tahun untuk kasur tua mengalami pembusukan. Anda bisa bekerja sama dengan perusahaan yang berkompeten dalam hal mendaur ulang barang bekas untuk mengerjakan proyek daur ulang dan kasur ini.

Mulai program reuse linen di semua kamar tamu

Hal ini sudah banyak dilakukan oleh hotel-hotel lain. Dengan ini Anda bisa menghemat biaya, waktu dan air.

Hemat air

Ada beberapa cara untuk mengurangi penggunaan air di setiap kamar tamu, meliputi:

  • Gunakan instalasi aliran rendah dan aerator wastafel.
  • Beralih ke aliran rendah toilet atau memasang tangki toilet.

Hemat energi

Mengurangi penggunaan energi untuk mengurangi tagihan Anda, berikut beberapa cara:

  • Beralih ke lampu LED (Light Emitting Diode), LED memiliki jejak karbon yang rendah, 5-20 yang jauh lebih awet dan aman.
  • Mengedukasi para karyawan untuk mematikan lampu dan AC jika tidak digunakan.
  • Gunakan pencahayaan alami sebanyak mungkin utnuk ruangan hotel dan mempertimbangkan untuk memasang skylight jika diperlukan.
  • Pasang kaca film untuk menurunkan hawa panas serta mengurangi cahaya silau di kamar-kamar tamu.
  • Ganti tanda keluar yang biasa, dengan tanda keluar Light Emitting Diode

Beli dalam jumlah besar

Membeli makanan dan minuman dalam jumlah besar akan mengehemat pengeluaran Anda dalam beberapa hal. Dengan menggunakan produk-produk yang menggunakan isi ulang, hal ini menghemat biaya transport dan kemasan

Daur ulang

Mendaur ulang limbah hotel Anda. Baik itu di dapur, kamar, ruang makan, dan lain-lain. Beberapa cara yang bisa Anda lakukan diantaranya:

  • Menyediakan keranjang tamu daur ulang yang terbuat dari koran, kertas, alumunium, kardus dan plastik.
  • Menyediakan tempat sampah khusus daur ulang, yang nantinya akan digunakan untuk keperlun bahan daur ulang hotel.
  • Bekerja sama dengan perusahaan-perusahaan daur ulang .
  • Menggunakan produk daur ulang kertas, untuk meminimalkan jumlah penggunan kertas putih.

Beli produk-produk organik

Untuk memberikan dukungan-dukungan kepada program-program ramah lingkunagn kepada tamu, alangkah lebih baiknya jika Anda menggunakan produk-produk organik yang tidak mencemari lingkungan.

Hijau bersih

Menggunakan poduk-produk yang non-toxic (tidak mengandung racun)

Beri motivasi tamu untuk menggunakan transportasi ramah lingkungan

Menyediakan tamu dengan sepeda, maupun berjalan sehat dan memberikan informasi tentang transportasi ramah lingkungan yang lainnya.

Itulah tadi beberapa tips yang bisa dilakukan bagi Anda yang yang ingin membuka bisnis hotel yang ramah lingkungan. Selamat mencoba.

Leave Reply

Hey, so you decided to leave a comment! Thatís great. Just fill in the required fields and hit submit. Note that your comment will need to be reviewed before itís published Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>