Menata Lukisan Cantik di Rumah

Menata Lukisan Cantik di Rumah

Lukisan Cantik – Lukisan menjadi salah satu dekorasi cantik yang dapat mengisi kekosongan dinding rumah anda. Jika kamu hanya ingin memajang satu lukisan besar, menata lukisan tersebut tidak menjadi hal yang rumit. Namun, apabila terdapat beberapa lukisan favorit, harus bagaimana? Memajang semua lukisan favoritmu tidak boleh dilakukan asal-asalan. Kamu harus memperhatikan bentuk, warna, isi dari lukisan dan kategori lukisan itu sendiri. Tidak mau kan, lukisan yang indah malah jadi tidak maksimal hanya karena salah penataannya?

 

Tips Meletakan Lukisan Cantik di Ruangan

 

Pengelompokkan Lukisan Dari Fisik dan Konten

pengelompokan lukisan

Pilihlah lukisan yang selaras dengan satu sama lain dan ruangan. Terkadang, lukisan yang paling kita sukai bukan lukisan terbaik untuk digantung. Baiknya, kamu memilih lukisan yang paling lekat dengan pribadimu, atau lukisan yang terkesan profesional.

Jangan membuat ruanganmu terlihat sempit karena lukisan dan dekorasi yang terlalu banyak. Karena, salah satu elemen penting dari sebuah ruangan adalah nuansa yang diberikannya.

Sebagai contoh, jendela minimalis berukuran besar bisa menjadi sebuah skylight untuk memaksimalkan pencahayaan yang masuk. Padukan pencahayaan maksimal tadi dengan lantai kayu berkualitas untuk ruangan yang asri dan sejuk. Sebagai finishing touch, tambahkan lukisan-lukisan favorit di dinding ruangan. Nuansa ruangan di rumah akan terasa lebih homey dan nyaman.

Pengelompokkan Lukisan Dari Fisik dan Konten

Jika kamu sudah memasang wallpaper dinding yang indah, karpet yang bagus, atau furniture minimalis yang simpel, jangan terlalu terburu-buru untuk mengalihkan perhatian tamu yang datang dengan koleksi lukisanmu yang mengesankan! Soalnya, ada beberapa tempat yang bagus jika diberikan sedikit dekorasi dinding, bahkan nggak sama sekali.

Karena dekorasi rumah, terutama dekorasi ruang tamu bisa mencerminkan kepribadianmu, pemilihan dekorasi atau hiasan dinding dan tema ruangan harus diperhatikan lho. Jangan sampai karena ingin terlihat trendi, ciri khasmu malah hilang.

 

Penataan Lukisan Secara Horizontal

Penataan Lukisan Secara Horizontal

Mengelompokkan dekorasi berdasarkan tema ruangan akan berguna saat kamu ingin memilih perabot lho, termasuk mengelompokkan lukisan. Caranya, kamu bisa mengelompokkan lukisan yang memiliki ukuran atau color scheme yang sama di ruangan tertentu. Misalnya di sudut ruang tamu mungil atau di selasar rumah. 

Buat tampilan seimbang dengan menyusun jarak antar frame atau bingkai fotomu. Kamu bisa membuat jarak kanan-kiri sebesar 5 inci atau 12,7 cm.

lukisan horizontal

 

Penataan Lukisan Secara Vertikal

lukisan vertikal

Penataan lukisan secara vertikal sangat efektif pada dinding sempit yang tinggi atau di antara jendela. Selain itu, penataan secara vertikal juga membuat dinding rumah terlihat lebih tinggi dari ukuran aslinya. Berbeda dengan penataan horizontal, penting untuk memulai dengan bagian bawah terlebih dahulu.

Kalau tertarik membuat tampilan yang seperti ini, kamu bisa membuat kolom lukisan dengan lukisan, atau lukisan dengan hiasan dinding yang memiliki color scheme yang sama. Memasang lampu dinding dengan warna pijar yang disesuaikan dengan tema warna ruangan.

Tips dari Kania: Kamu bisa menggunakan potongan kertas yang berukuran sama dengan bingkai lukisan sebagai percobaan sebelum menggantung lukisan asli. Buat garis di kiri dan kanan, juga atas-bawah deretan yang akan ditempati oleh lukisan sebagai bayangan bagaimana penataan lukisanmu nanti.

 

Penataan Lukisan Secara Kreatif

menata lukisan secara kreatif

Berbeda dari kedua cara penataan sebelumnya. Kamu bisa juga tidak mengelompokkan gambar dalam satu baris. Ceritakan sebuah cerita dengan mengelompokkan bingkai lebih dekat bersama untuk menciptakan tampilan yang kompak. Jika kamu memiliki ruang dinding persegi kecil, tatanan berpola segitiga terlihat bagus dengan jarak 2 inci tiap bingkainya bisa jadi pilihan.

Penataan lukisan secara kreatif akan terlihat bagus jika ditata di dekat furnitur-firnitur besar seperti sofa, meja makan atau tempat tidur. Sesuaikan tatanannya dengan ukuran masing-masing bingkai foto, seperti bermain puzzle!

menata lukisan secara kreatif

Mencari tahu urutan di mana saja kamu akan menggantung setiap lukisan juga penting, jadi kamu tahu lukisan seperti apa yang pas ditempatkan di tiap ruangan. Kamu bisa memulai dengan lukisan berukuran besar yang dipasang terlebih dahulu, ciikuti dengan dua bingkai yang ditumpuk di sebelah kiri (atau kanan, tidak masalah sisi mana kamu memulai), dan selesaikan kreasimu dengan lukisan-lukisan berukuran lebih kecil di bagian sudut.

 

ARSITEK INDO KONTRAKTOR – KONTRAKTOR JOGJA | JASA BANGUN RUMAH JOGJA | KONTRAKTOR JOGJA | JASA ARSITEK JOGJA | KONTRAKTOR DI JOGJA | JASA GAMBAR 3D JOGJA | JASA DESAIN RUMAH JOGJA | BANGUN RUMAH JOGJA merupakan solusi bagi Anda yang ingin membangun rumah hunian, kost ekslusif, apartemen atau bangunan lainnya. Konsultasi Gratis KLIK DISINI. Hubungi kami di Telp : (0274) 501 7127 | WA : 0888 0289 8802

Leave Reply

Hey, so you decided to leave a comment! Thats great. Just fill in the required fields and hit submit. Note that your comment will need to be reviewed before its published Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>