Menata Ruang Belajar Anak

Ruang belajar merupakan interior yang penting bagi anak anda untuk melakukan kegiatan belajar. Ada baiknya kita sebagai orang tua mendesain ruang  belajar anak sebaik mungkin agar anak merasa nyaman dalam belajar. Ruang belajar yang baik adalah ruang belajar yang sesuai dengan kepribadian anak. Ada perbedaan antara penataan interior ruang belajar anak laki laki dan perempuan. Bila anak perempuan biasa memiliki pernak pernik yang kompleks, sedangkan anak laki Рlaki cenderung dengan peralatan belajar dan furniture yang simple.

Untuk membuat buah hati Anda betah untuk belajar, maka Anda perlu menata ruang belajar yang ideal sesuai dengan keinginannya agar belajar mereka menjadi optimal. Untuk itulah sebagai orang tua, kita harus kreatif dalam menciptakan ruang belajar yang menyenangkan bagi mereka.

Saat mendesain ruang belajar anak sebaiknya memperhatikan faktor faktor yang mendorong konsentrasi belajar meningkat. berikut beberapa tipsnya :

1. Hal pertama yang harus Anda perhatikan adalah memikirkan kebutuhan anak untuk belajar. Sisakan satu ruangan yang jauh dari tempat-tempat yang menimbulkan suara gaduh. Ruang kosong tersebut membuat anak lebih fokus belajar. Anda juga dapat membuat partisi atau sekat pemisah ruangan untuk menciptakan ruangan yang lebih luas.

2. Buatkan satu jendela pada ruang belajar tersebut untuk mendapatkan pencahayaan yang baik. Selain itu, ruang belajar dengan jendela akan memperlancar sirkulasi udara sehingga ruangan menjadi sejuk

3. Jika ruang belajar anak berada di kamar tidur, gunakan warna cat dinding yang lebih lembut dan tenang seperti warna biru dan hijau. Dua warna ini terbukti dapat meningkatkan optimisme dan relaksasi sehingga sangat baik untuk otak. Jangan lupa untuk metakkan papan schedule atau memo dan kalender.

4. Berikan pencahayaan yang bagus, karena cahaya merupakan unsur yang paling penting untuk ruang belajar yang ideal. Buatlah ruang belajar anak Anda dengan pencahayaan yang bagus, buatkan jendela agar sinar matahari bisa masuk ke ruangan dan sirkulasi udarapun bisa lancar.

Leave Reply

Hey, so you decided to leave a comment! Thatís great. Just fill in the required fields and hit submit. Note that your comment will need to be reviewed before itís published Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>