Mendesain Layout Ruko, Anda Perlu Perhatikan Ini..

Anda berencana membangun rumah yang sekaligus bisa digunakan untuk toko? Sebelumnya, Anda harus sudah menentukan tata letak dari ruko Anda. Mendesain tata letak ruko membutuhkan beberapa kali percobaan (trial anda error). Dalam pengaturan layout dan display tersebut, ada lima hal yang wajib diperhatikan, yaitu:

Desain Toko Harus Mencerminkan Tema Bisnis Anda

Apakah jenis usaha toko anda? Apakah toko buku, toko obat, toko perlengkapan bayi, toko sembako, toko sepatu, toko musik, toko elektronik, toko pakaian, atau toko roti? Tentunya konsep desain yang akan diterapkan pada toko tersebut harus mencerminkan jenis bisnis anda, bahkan hingga tema yang khusus dan unik sebagai pembeda dari toko sejenis yang mungkin ada di seberang jalan. Misalnya toko pakaian remaja, hendaknya dihiasi dengan citra-citra keremajaan, seperti cat yang atraktif, musik hip pop, dan poster-poster artis terkenal. Jadi, tema desain toko anda akan mampu menunjukkan citra bisnis anda. Tentu sangat lucu dan aneh jika sebuah toko pakaian pria dihiasi dengan dominasi warna pink.

Desain Ruko Harus Memancing Orang untuk Datang

 

Ketika ruko anda berada di pinggir jalan dengan trafik manusia yang ramai, maka itu merupakan hal yang sangat potensial mendatangkan calon konsumen. Jangan sampai potensi tersebut malah terbuang percuma karena tata letak dan desain toko yang kurang maksimal dan atraktif. Produk-produk yang sedang populer dan ngetrend sebaiknya diletakkan di bagian depan sehingga diharapkan mampu memancing orang untuk masuk ke toko anda. Tips ini sangat disarankan bagi anda yang memiliki toko fashion (busana). Pada area di sekitar kasir, sebaiknya anda menempatkan produk-produk kecil (murah) yang mampu memancing konsumen untuk membelinya ketika mereka masih menunggu giliran membayar. Hal ini tentu akan meningkatkan omset penjualan anda.

 

Desain Ruko Harus Memperhatikan Ruang Gerak (Practical) Para Pengunjung

 

Pada model supermarket atau toserba, setiap lorong harus didesain cukup lebar agar mampu menampung dua troli atau keranjang belanja yang berpapasan. Sebaiknya hindari membuat lorong yang buntu karena kurang mengefesienkan gerak pelanggan dan bahkan membuat pembeli lain enggan (kurang nyaman) menuju ke lorong produk tersebut. Pada toko apotek perlu disediakan tempat duduk yang nyaman saat para pelanggan sedang menunggu isian resep obat.

Harus Membuat Display Produk Mudah Terlihat dan Diakses

 

Dalam mengatur tata letak barang, anda harus membuatnya mudah terlihat ketika pertama kali pengunjung masuk ke toko. Dengan demikian, para pengunjung akan merasa nyaman dan efesien waktu saat berbelanja di toko anda, karena tidak harus berlama-lama mencari produk yang mereka beli. Hal ini pun membuat suasana toko anda tidak terlihat terlalu crowded (ramai) yang kemungkinan membuat calon pengunjung lain enggan masuk ke toko anda.

Tidak Boleh Mengurangi Tingkat Keamanan

 

Cermin besar wajib anda tempatkan pada bagian-bagian yang sulit diawasi. Jika anda punya dana lebih, sebaiknya tambahkan fasilitas CCTV. Barang-barang yang berharga mahal harus diletakkan pada area khusus, misalnya produk perhiasan ditaruh di dalam lemari kaca terkunci. Keamanan untuk pelanggan juga perlu anda perhatikan, misalnya jaringan kabel-kabel listrik tersembunyi dengan baik atau deretan barang (vertical / horizontal) pada rak-rak disusun agar tidak mudah terjatuh.

Leave Reply

Hey, so you decided to leave a comment! Thatís great. Just fill in the required fields and hit submit. Note that your comment will need to be reviewed before itís published Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>