Merancang Ruang Kerja di Rumah

Ruang kerja merupakan tempat yang penting untuk menyelesaikan pekerjaan. Desain arsitektur ruang kerja harus memperhatikan pencahayaan, posisi meja kerja, ketinggian kursi dan meja, serta ketenangan di ruang kerja. Berikut beberapa ide merancang ruang kerja di rumah.

1. Ide cerdik untuk ruang kerja yang sempit.

Ruang kerja yang sempit dapat disiasati dengan meja kerja yang dirancang khusus. Meja bisa digeser maju mundur dan diputar masuk ke dalam rak. Jarak kursi kerja dengan dinding di belakangnya setidaknya 60 cm. Panjang meja kerja paling sedikit  70 cm.

2. Semua tertata rapi.

2. Semua tertata rapi.

Ruang kerja yang rapi akan memberikan kenyamanan dan kemudahan dalam mengakses semua kebutuhan. Berpikirlah minimalis, letakkan dengan rapi benda-benda yang diperlukan saja. Padukanlah sedikit  warna-warna netral agar ruangan tampak lebih luas dan bersih.

3. Perencanaan yang matang.

3. Perencanaan yang matang.

Pejamkan mata, bayangkan hal-hal yang akan dibutuhkan dan dilakukan di ruang kerja. Meja kerja dengan kursi yang nyaman, alat tulis, rak buku, rak penyimpanan kertas, brankas, laci dokumen, letak dan bentuk lampu, warna dan ketinggian ruang, serta detail lainnya. Rancanglah ruang kerja dan semua elemen pendukungnya sesuai kebutuhan dan sirkulasi gerak.

4. Ruang kerja untuk semua anggota keluarga.

4. Ruang kerja untuk semua anggota keluarga.

Sesibuk apapun pekerjaan kita, “Keluarga tetap nomor satu”. Desainlah ruang kerja yang bisa menyatukan seluruh anggota keluarga di saat sibuk sekali pun. Ayah ibu bisa tetap bekerja dengan nyaman dan anak-anak mengerjakan tugas atau membaca buku di ruang yang sama.

5. Ruang kerja yang cocok di mana pun.

5. Ruang kerja yang cocok di mana pun.

Rancanglah atau belilah meja kerja dan perlengkapannya yang cocok diletakkan di bagian ruang manapun di rumah.  Meja kerja yang disesuaikan dengan kebutuhan bisa diletakkan di mezzanine dekat atap. Skylight memberi pencahayaan sekaligus pemandangan ke area luar yang bisa menginspirasi.

6. Manfaatkan pojok ruang.

6. Manfaatkan pojok ruang.

Pojok ruang yang biasanya tersia-sia bisa menjadi ruang kerja.  Bentuk L memberikan keleluasaan  namun tidak memakan banyak ruang.

7. Multifungsi.

Leave Reply

Hey, so you decided to leave a comment! Thats great. Just fill in the required fields and hit submit. Note that your comment will need to be reviewed before its published Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>