Ruang Baca Minimalis dalam Rumah

Kalau Anda suka membaca dan berniat menyisihkan satu ruang khusus untuk menyimpan sekaligus membaca koleksi-koleksi Anda, tidak ada salahnya mulai memikirkan desain ruang baca sederhana. Ada berbagai macam  desain ruang baca minimalis yang bisa Anda terapkan di rumah Anda.

Ruang Baca di Loteng

 

Kalau ruangan yang tersisa di rumah hanyalah loteng, Anda bisa menyulapnya menjadi ruang baca. Letakkan rak buku di sisi kanan dan kiri. Buat jendela kaca yang besar agar sirkulasi udara bisa berjalan baik, sekaligus tempat melemparkan pandangan kala Anda sudah lelah membaca. Satu buah sofa akan menyempurnakan ruang baca di loteng Anda.

Ruang Baca Ala Scandinavian

Suka warna putih atau ruangan dengan kesan bersih? Ruang baca ala Scandinavian ini cocok sekali untuk Anda. Tambahkan sofa berwarna abu-abu. Tumpukan buku-buku koleksi yang berjajar di rak akan memberikan variasi warna yang terkesan asal, namun semarak.

Reading Corner

Alih-alih menyebutnya ruang, tempat baca ini hanya dibuat dengan memanfaatkan salah satu sudut di rumah. Kalau tidak bisa menyediakan ruangan tersendiri, tidak ada salahnya mengadopsi ide ini sebagai tempat Anda melahap koleksi buku-buku Anda.

Rak Buku Sekaligus Ruang Baca

Desain ruang baca satu ini juga sangat cocok dengan Anda yang tidak memiliki banyak ruang. Anda bisa mendesain rak besar tidak hanya untuk menyimpan buku tapi juga mengosongkan bagian tengahnya untuk dipasangi sofa/ busa empuk. Anda bisa membaca tanpa harus bergerak jauh menggapai buku-buku di rak.

Ruang Baca di Kamar Tidur

Sama seperti desain sebelumnya, ide ruang baca ini juga sangat cocok untuk Anda yang tidak memiliki banyak ruang di rumah. Daripada bingung di mana meletakkan koleksi buku-buku, kenapa tidak mencoba menjadikan kamar Anda sekaligus sebagai ruang baca? Konsep tempat tidur bertingkat ini juga akan semakin menghemat ruang.

Ruang Baca dengan Kursi Gantung

Kalau sofa selalu membuat Anda tertidur ketika membaca, kenapa tidak mencoba menggantinya dengan ayunan atau kursi gantung seperti desain di atas? Lengkapi dengan karpet berbulu dan warna-warna pastel yang menenangkan untuk kesan cozy.

Ruang Baca di Bawah Tangga

Selain disulap menjadi tempat penyimpanan, bagian bawah tangga juga bisa dialihfungsikan sebagai ruang baca. Letakkan sebuah sofa empuk yang nyaman dan rak-rak kecil di sebelahnya. Bagian bawah tangga ini pasti akan menjadi tempat favorit Anda di dalam rumah.

Colorful Reading Room

Tidak selamanya ruang baca lekat dengan warna-warna pastel yang lembut. Kalau Anda menyukai warna cerah, desain ruang baca dengan dinding merah ini bisa Anda jadikan referensi untuk suasana ruang baca yang lebih berwarna dan hidup. Konsep serupa bisa Anda gunakan untuk mendesain ruang baca untuk anak-anak Anda. Tambahkan juga karakter kartun agar membuat mereka semakin semangat membaca.

Leave Reply

Hey, so you decided to leave a comment! Thatís great. Just fill in the required fields and hit submit. Note that your comment will need to be reviewed before itís published Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>