Taman di Atas Atap

Taman diatas atap (roof garden) merupakan sebagai salah satu alternatif penghijauan untuk meningkatkan kualitas kesehatan lingkungan dikota besar.

Syarat membuat taman di atas atap tidak terlalu ribet. Minimal luasnya 4√ó4 meter persegi. Kondisi atap yang rata atau miring tidak masalah. Lahan atap yang akan dibuat taman pun tak ada patokannya. Demikian juga dengan ruang yang ada di bawah taman, bebas.

Pastikan Strukturnya tidak boleh bocor. Harus dilakukan tes untuk mengetahui kondisi atap benar-benar tidak bocor, atau merembes.

Cara pengetesannya mudah saja. Siram di atas atap sampai air tergenang. Biarkan dua atau tiga hari. Bila di bagian bawah tidak ada resapan, berarti atap aman. Bisa dilanjutkan pembuatan taman atap. Tetapi, jika muncul rembesan, disarankan perbaikan kondisi atap lebih dahulu.

Selain menambah keteduhan, taman diatas atap (roof garden) juga bisa dimanfaatkan untuk menyerap gas-gas beracun.

Ada beberapa tahapan dalam pembuatan taman atap. Tahap awal, serahkan pada profesional teknik sipil untuk membenahi struktur bangunan. Tahap berikutnya merupakan wilayah tanaman, berikut tahapnya:

  • Melapisi dengan water proofing. Biarkan selama sehari sampai benar-benar kering,
  • Aci, yaitu penambahan lapisan semen, membutuhkan pengeringan selama sehari,
  • Beri lapisan penahan air (drainage cell) dan lapisan penahan tanah (geotextile).

Hamparan diberi tanah dan siap ditanami tumbuhan. Penanaman diawali rumput, semak, perdu baru tanaman pohon. Untuk mencegah kerusakan lapisan kedap air (water proof layer), lapisan penahan harus ditambah agar akar tanaman tidak merusak lapisan kedap air dan beton di bawahnya.

Leave Reply

Hey, so you decided to leave a comment! Thatís great. Just fill in the required fields and hit submit. Note that your comment will need to be reviewed before itís published Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>