Tips Memilih Atap Rumah Minimalis

Bagian terpenting dari rumah adalah atap, atap berfungsi untuk melindungi penghuni rumah dari panas maupun hujan. Setiap rumah memiliki jenis atap yang berbeda-beda, sesuai dengan bentuk rumah yang dibuat.

Hal ini dikarenakan setiap desain rumah memiliki desain atapnya tersendiri yang membuat rumah terlihat indah. Perlu diperhatikan jika memilih desain rumah yang bangunanya baik berlantai satu maupun rumah berlantai 2 memiliki desain atapnya tersendiri. Hal ini akan membuat terlihat keren dan indah baik dari jarang dekat maupun dari jarak jauh rumah tersebut tampak indah.

Desain atap rumah anda miliki atau akan mulai membangun atap rumah membutuhkan konsep yang matang dalam memilih desainnya terlebih dahulu. Terlebih lagi saat ini telah banyak desain konsep perumahan sederhana yang mulai di bangun diberbagai daerah.

Cara Cerdas Memilih Atap Rumah Minimalis

Memilih desain atau bentuk atap rumah memerlukan beberapa pertimbagan. Terlebih lagi di Indonesia merupakan negara tropis yang hanya memiliki musim hujan dan musim kemarau. Namun, akhir – akhir ini akibat perubahan pemanasan global atau  Global Warming membuat perubahan cuaca terkadang tidak dapat diprediksikan.

Terkait dengan demikian memilih desain atap rumah perlu dipertimbangkan. Agar rumah kita tetap menjadi tempat yang aman dan nyaman bagi anda dan keluarga anda. Berikut ini beberapa cara cerdas untuk memilih bentuk atap rumah sesuai pilihan terbaik para arsitektur.

1. Melihat Keadaan Cuaca

Memperhatikan cuaca dan suhu dimana rumah anda dibangun menjadi faktor yang pertama disarankan untuk diperhatikan sebelum membangun atap rumah anda. Hal ini akan berdampak dalam keawetan dan katahanan atap rumah anda dalam menghadapi cuaca didaerah anda tinggal.

Contohnya, jika anda tinggal daerah yang berangin besar seperti pantai ataupun dipegunungan. Maka, memilih atap dari bahan seng merupakan pilihan yang kurang tepat sebagai atap anda. Dikarenakan jika sewaktu – waktu rumah anda terkena angin kencang. Maka, seng anda yang ringan dapat dengan mudah terbawa tiupan angin yang membuat anda sering melakukan perbaikan terhadap rumah tercinta.

Hal ini dapat ditangani dengan memilih jenis atap berupa gentang dari tanah liat ataupun dari bahan yang tergolong berat. Disamping itu, bentuk atap yang miliki dua arah seperti desain atap rumah berbentuk perisai ataupun desain atap rumah datar. Desain tersebut berguna untuk jalur angin agar tidak membawa pergi atap kesayangan rumah anda.

Jenis atap rumah berbentuk segitiga merupakan bentuk yang paling sederhana yang dapat diaplikasikan dalam desain rumah anda. Dimana bentuknya yang terdiri dari dua sisi depan dan belakang dan bisa berbentuk segitiga sama kaki atapun trapesium. Desain atap rumah tersebut sesuai untuk kondisi yang pertama ini.

Model atap datar atau sedikit datar juga merupakan desain atap yang patut dipertimbangkan sebelum membangun rumah didaerah yang memiliki cuaca berangin. Dengan atap yang landai mampu membuat angin melewati atap rumah anda dengan nyaman sehingga, tidak perlu dikhawatirakn setiap kali angin kencang melanda.

Selain itu, manfaat lain dari atap landai tersebut adalah jika suat ketika terjadi kerusakan pada atap anda maka, lokasi atap rumah anda yang mengalami kerusakan dapat dengan cepat diketahui sehingga, penanganan atap anda menjadi lebih cepat.

2. Instalasi atap yang memerlukan penanganan ahli

Dipasaran terdapat berbagai macam, jenis, dan bentuk atap yang dapat diperoleh dengan mudah. Setiap pemasangan atap yang ada pun ada yang mudah dalam proses pemasangan sampai pada proses yang memerlukan penangan serius. Ketika anda ingin membangun  atap rumah anda hendaknya perlu diperhatikan untuk melakukan perencanaan yang baik sebelum memasangnya.

Hal ini bertujuan untuk membuat atap rumah anda tidak menjadi bencana bagi diri anda sendiri dan juga keluarga anda. Maka dari itu, ketika ingin merencanakan pemasangan atap hendaknya untuk memilih atap yang mudah dalam proses pemasangannya namun, masih dalam jangkauan mudah dalam perawatannya.

Disamping itu, saat akan melakukan pemasangan atap rumah anda ada hal yang perlu diperhatikan. Siapa yang memasang atap rumah anda ? apakah dari orang biasa yang tidak mengerti terkait masalah masang – measang atap rumah ataukah orang yang memang ahli dalam pemasangan atap rumah.

Dengan menggunakan tenaga ahli seperti tukang perumahan atapun dari pihak konstruksi perumahan akan memberikan dampat yang berbeda saat orang yang memasang atap rumah anda merupakan orang yang tidak ahli dalam hal peratapan rumah.

Hal ini akan berdampak dalam jangka panjang yang akhirnya membuat anda harus mengeluarkan dana yang lebih dalam melakukan perawatan dan perbaikan atap rumah anda. Oleh karena itu, hendaknya untuk memilih atap rumah yang tidak terlalu rumit dalam pengerjaannya dan tidak terlalu pusing dalam desainnya.

Anda bisa memilih desain atap tipe perisai atau pelana pada bagian depan dan samping atap rumah anda. Hal ini selain memberi kesan minimalis namun, tetap membuat rumah anda tampak menawan untuk dilihat.

Disamping itu, desain atap jenis pelana atau segitiga memberikan manfaat disamping perwatannya yang mudah juga memudahkan anda untuk melihat dan memperhatiakn atap rumah anda ketika terjadi gangguan baik dari sisi luar maupun dari sisi dalamnya. 

3. Ketebalan bahan atap

 Setiap jenis bahan atap rumah memiliki ketebalan yang berbeda – beda tergantung dari bahan dan bentuk atap yang ada. Dengan adanya berbagai jenis atap dengan segala keunggulannya membuat kita harus melakukan pemilihan yang selektif sebelum menentukan jenis atap yang sesuai dengan bentuk rumah dan kekuatan daya tahan dari bentuk rumah.

Carilah bahan yang tidak terlalu berat dan tidak juga terlalu ringan, dalam artian ketika memilih jenis atap yang akan digunakan harap untuk memperhatikan apakah jenis atap yang anda gunakan tidak menjadi bencana untuk kita.

Hal ini dikarenakan, pemilihan atap yang tidak sesuai dengan bahan yang digunakan untuk atap rumah dapat merusak rumah itu sendiri dan dapat mencelakakan keluarga tercinta. Jadi, pikirkanlah baik – baik jenis atap apa dengan ketebalan atap apa yang sesuai dengan rumah anda.

4. Garansi dan mutu produk

Setiap pembeli pasti ingin mendapatkan kualitan dan mutu yang terbaik untuk rumah mereka, baik dari sisi kualitas, pelayanan, sampai perawatan yang tidak memerlukan biaya yang banyak. Dipasaran ataupun media yang selama ini anda gunakan telah banyak produk yang dipasarkan untuk model atap rumah dengan berbagai mutu dan kualitsanya.

Jadi, usahakanlah untuk membeli model atap yang memiliki kualitas dan mutu yang memadai sehingga, anda memiliki garansi toko produsennya yang menunjukkan kualitas atap rumah anda terjamin

 5. Mempertimbangkan harga

Desain atap rumah yang anda miliki terkait erat dengan model, mutu, harga, dan jenis yang beraneka ragam. Model atap rumah yang memiliki lantai 1 dan desain atap rumah dua lantai memiliki harganya tersendiri. Maka, memilih desain dan model atap rumah minimalis yang anda idamkan perlu disesuaikan dengan budget anda.

Jika tidak bisa menentukan dari diri anda maupun keluarga anda. Anda dapat emminta pendapat ahli dari para orang – orang yang memang memiliki kemampuan dalam bidang atap seperti kontraktor, arsitek, teknik sipil. Sehingga, anda tidak perlu pusing dalam membuat model atap rumah anda.

ARSITEK INDO KONTRAKTOR – KONTRAKTOR JOGJA | JASA BANGUN RUMAH JOGJA | KONTRAKTOR JOGJA | JASA ARSITEK JOGJA | KONTRAKTOR DI JOGJA | JASA GAMBAR 3D JOGJA | JASA DESAIN RUMAH JOGJA | BANGUN RUMAH JOGJA merupakan solusi bagi Anda yang ingin membangun rumah hunian, kost ekslusif, apartemen atau bangunan lainnya. Konsultasi Gratis KLIK DISINI. Hubungi kami di Telp : (0274) 501 7127 | WA : 0888 0289 8802

 

 

 

Leave Reply

Hey, so you decided to leave a comment! Thats great. Just fill in the required fields and hit submit. Note that your comment will need to be reviewed before its published Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>