Tips memilih model pintu rumah

Pintu merupakan bagian yang penting yang berfungsing membatasi keluar masuknya orang atau barang. Pintu juga digunakan untuk mdia mengekspresikan keindahan dari sebuah rumah. Nah disini kami akan menjelaskan model pintu rumah minimalis yang cocok.

1. Model Sliding Doors (Pintu Geser)
Model pintu geser sangat cocok digunakan untuk beberapa ruangan berukuran besar seperti ruang keluarga yang berbatasan dengan ruang makan ataupun ruang terbuka di dalam rumah. Selain terlihat lebih terbuka, menggunakan pintu geser juga lebih nyaman karena tidak ada area yang terhalang ketika pintu sedang dalam kondisi terbuka, dan sistem buka tutupnya menggunakan rel yang sejajar dengan dinding rumah. Bahan baku yang digunakan untuk membuat pintu geser ini bermacam macam, ada yang terbut dari kaca dengan rangka kayu maupun metal, pipa besi, kayu lapis, alumunium, uPVC dan masih banyak yang lainnya.

2. Bentuk Pintu Berlipat (Folding Doors)
Folding doors atau pintu lipat biasanya digunakan untuk ruangan besar seperti garasi, ataupun untuk akses keluar dari ruang keluarga menuju halaman belakang. Tidak menutup kemunginan juga ruang kecil seperti kamar pribadi juga menggunakan model pintu minimalis ini. Pintu berlipat memang akan sedikit merepotkan bagi anda yang tidak biasa menggunakannya, karena sistem buka tutupnya yang tidak praktis. Namun bagi mereka yang menyukainya, pintu ini malah menambah keunikan tersendiri dalam rumah minimalisnya tersebut.

3. Rumah Minimalis dengan Model Pintu Jeruji.
Model pintu jeruji menonjolkan sebuah keteraturan garis baik secara horizontal maupun vertikal yang dibentuk oleh kayu maupun logam sebagai materialnya. Dengan ukuran pintu yang besar jeruji yang terbentuk akan membuat ruangan terlihat lebih simetris dan celah-celah yang terbentuk dari garis-garis tersebut bisa menjadikan aliran cahaya dan udara dapat masuk secara alami ke dalam ruangan. Namun, model pintu ini terlihat lebih eksotis jika jeruji tersebut dibuat sangat banyak dengan jarak/interval yang hampir rapat. Pilihan warna yang digunakan biasanya hanya menggunakan satu jenis warna saja yang melekat dari bahan yang digunakannya, misalnya jika memakai kayu, aksen kayu bisa lebih ditonjolkan dengan finishing dop maupun pernis. Sedangkan jika memakai bahan logam seperti besi dan stainless steel, bisa menngunakan warna hitam dan silver.

4. Model Pintu Fullblocked
Desain pintu rumah minimalis yang banyak digunakan yaitu pintu dengan desain fullblock, yang semua bidangnya dibuat tertutup penuh oleh salah satu maupun kombinasi materialnya. Dengan model pintu yang fullblocked ini anda bisa membuat desain sederhana yang akan menambah estetika ruangan Anda. Beberapa motif pintu seperti motif garis-garis horizontal, vertikal, ukiran grafis dan aneka motif lain bisa Anda sesuaikan dengan keinginan Anda. Penggunaan material dan warna pada pintu jenis ini juga menjadi kekuatan dalam menghasilkan desain yang bagus.

5. Kesan Pintu Lebih Luas, Gunakan Model Pintu Kaca
Anda menyukai aksen pintu yang berkilau atau memiliki pencahayaan yang lebih? Pintu rumah model kaca ini dapat menjadi pilihan Anda. Penggunaan kaca secara dominan pada bidang pintu akan menghasilkan kesan luas dan terbuka, pintu ini bisa dibuat secara utuh dari kaca atau dengan menggunakan rangka berbahan kayu dan logam atau perpaduan antara kayu dan logam.

Leave Reply

Hey, so you decided to leave a comment! Thatís great. Just fill in the required fields and hit submit. Note that your comment will need to be reviewed before itís published Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>