Tips Memilih Sofa Minimalis Modern untuk Ruang Tamu Kecil

Dalam sebuah rumah, sofa merupakan barang yang wajib adanya. Dengan sofa itu bisa dengan mudah bersantai bersama keluarga sambil nonton TV, melepas penat saat siang hari, dan bahkan banyak orang yang lebih menghabiskan banyak waktu di sofa daripada dikamar.

Dalam ruang tamu, keberadaan sofa pun begitu vital. Karena tentunya memberikan pada tamu berupa gelaran untuk duduk di lantai menggunakan tikar atau karpet rasanya kurang sopan. Terlebih apabila tamunya orang penting bukan? Namun yang menjadi masalah adalah penempatan sofa di rumah minimalis yang sesak.

Memilih Sofa Minimalis Modern untuk Ruang Tamu

Rumah minimalis tentunya segala ruangnya dibuat seminimal mungkin. Tidak ada celah kosong yang dibiarkan menganggur begitu saja. Termasuk pada bagian ruang tamu. Walau sebenarnya ruang tamu membutuhkan ruang yang luas agar bisa menampung banyak orang diberbagai kegiatan, namun rumah minimalis tidak memiliki semua itu.

Dengan membuat ruang tamu yang kecil, tentunya membutuhkan berbagai furniture, ornamen, dan barang lainnya yang kecil atau minimalis. Salah satunya adalah sofa. Berikut ini merupakan beberapa tips dalam memilih sofa minimalis yang memiliki desain modern yang sangat pas untuk ruang tamu kecil anda.

1. Bentuk sofa

Secara umum sofa tentunya memiliki bentuk atau pola yang disesuaikan dengan kondisi rumah anda. Beberapa pola tersebut meliputi:

  1. Sofa sudut
  2. Sofa bulat
  3. Sofa melingkar
  4. Sofa memanjang
  5. Sofa persegi

Semuanya memiliki jumlah masing-masing yang berbeda. Misal anda membeli 1 set sofa bulat cuma dapat 4 dudukan, akan tetapi saat membeli sofa persegi mendapatkan 14 tempat dudukan. Nah semua ini harus disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing, jangan karena menang banyak malahan membeli yang banyak.

2. Ukuran sofa

Selain bentuk, ukuran sofa juga teramat penting untuk diperhatikan. Terlebih untuk ruang tamu kecil, tentunya jika dimasukan banyak sofa tidak muat, atau bila dipaksakan maka nilai estetika dari ruang tamu tersebut hilang.

Sebelum anda berfikir untuk membeli sofa ke toko, dari rumah harus sudah mengukurnya terlebih dahulu panjang tempat untuk sofanya. Sehingga saat ke toko nantinya sudah hanya membeli yang sesuai ukuran, atau kalau tidak menemukan yang pas, maka pilihlah yang paling mendekati ukurannya.

3. Warna sofa

Untuk rumah minimalis, sofa yang dibutuhkan adalah dengan warna cerah. Misalnya cream, hijau muda, kuning muda, merah muda, abu-abu muda atau paduan dari beberapa warna tersebut. Sebenarnya untuk warna gelap pun bisa-bisa saja, namun harus menyesuaikan dengan kondisi warna lain, misal lantai, dinding, plafon, korden dan lainnya.

Ada kalanya perpaduan warna tertentu membentuk warna kontras tapi sangat cocok, ada kalanya membentuk warna yang sepadan tapi tidak serasi jika dilihat. Jadi gunakan pemikiran anda sendiri untuk menentukan perpaduan warna sofa dengan warna perabotan lainnya.

4. Jenis sofa

Menentukan jenis sofa minimalis modern juga penting. Ada sofa yang langsung bersentuhan secara keseluruhan dengan lantai, adapula yang hanya kaki-kaki sofanya saja. Saran saya apabila rumah anda terdapat banyak binatang seperti tikus maka pilihlah sofa yang tidak memiliki bagian yang bisa digunakan sebagai tempat tinggal hewan tersebut. Misalnya dengan sofa yang memiliki kaki-kaki yang tinggi.

Selain itu, jenis bahan pembuatan sofa juga perlu diperhatikan. Beberapa bahan tersebut meliputi:

  1. Sofa Karet
  2. Sofa kain
  3. Sofa kayu
  4. Sofa besi/logam
  5. Sofa Plastik

Beberapa paduan sofa yang terbaik adalah dari logam stainless dengan kain yang lembut dan empuk. Memang untuk noda pada kain sulit dihilangkan tidak seperti pada karet. Namun hal itu bisa diatasi dengan menggunakan vacum cleaner.

Leave Reply

Hey, so you decided to leave a comment! Thatís great. Just fill in the required fields and hit submit. Note that your comment will need to be reviewed before itís published Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>