Tips Menentukan Lokasi Rumah Terbaik Untuk Dihuni

Bagi anda yang ingin membangun atau membeli rumah sangat penting untuk menentukan lokasi rumah untuk dihuni. Jangan sampai hanya karena salah menentukan lokasi rumah, kita akhirnya kurang bisa nyaman tinggal di rumah tersebut. Selain berefek pada ketidaknyaman saat tinggal, rumah Anda pun akan sepi peminat bila nantinya dijual atau disewakan. Maka dari itu, ada baiknya Anda memahami tips mencari lokasi rumah terbaik, agar Anda tidak menyesal di kemudian hari.

Tips Mencari Lokasi Rumah Terbaik dan Strategis

1. Kondisi jalan 

 Tips mencari lokasi rumah terbaik pertama adalah memerikasa kondisi jalan. Penting untuk memperhatikan kondisi jalan karena menjadi akses utama untuk bisa menuju tempat tinggal Anda. Pilih lokasi rumah yang jalanan utamanya bagus dan mudah diakses. Tips mencari lokasi rumah perlu memperhatikan jalanan utama yang menjadi jalur keluar masuk untuk Anda.

Jika kondisinya tidak bagus, misalnya saja banyak berlubang atau tidak rata sebaiknya pertimbangkan lagi lokasi tersebut. Kondisi jalan yang sulit diakses seperti terlalu sempit untuk lalu lintas kendaraan juga menjadi salah satu hal yang perlu Anda pertimbangkan.  Luas dan kualitas jalan yang baik sangat berpengaruh pada mood Anda saat hendak pergi atau pulang ke rumah. Mendapati kondisi jalan yang buruk, membuat lama-kelamaan Anda akan merasa jenuh, karena tiap hari pasti melewatinya. Bisa jadi, pikiran merasakat penat bahkan stres, akibat tiap hari melintasi jalan yang tidak menyenangkan ini.

2. Akses transportasi

Setiap hari tentu Anda akan keluar rumah, baik untuk bekerja, sekolah, atau keperluan lain. Mungkin Anda tidak akan menemui masalah, jika memiliki kendaraan sendiri yang bisa digunakan untuk bepergian. Namun jika tidak ada kendaraan pribadi, misalnya karena digunakan oleh penghuni yang lain atau sedang di tempat servis maka Anda akan membutuhkan transportasi umum.

Tips memilih posisi rumah di perumahan atau di lingkungan biasa sebaiknya memperhatikan kemudahan untuk akses transportasi. Seperti lokasi rumah yang dekat jalur transportasi umum, yang akan memudahkan Anda untuk mengakses berbagai tempat-tempat lain dengan mudah.  Jadi Anda akan lebih mudah untuk bepergian, walaupun tidak memiliki kendaraan pribadi. Dengan mudahnya akses transportasi di sekitar rumah Anda, hal ini juga akan memudahkan rekan atau kerabat Anda yang ingin datang berkunjung. Kalaupun mereka tidak menggunakan kendaraan pribadi, mereka bisa langsung menuju rumah Anda meski dengan menggunakan kendaraan umum.

3. Kondisi lingkungan

Untuk menentukan lokasi terbaik sebuah rumah, sebaiknya perhatikan pula kondisi lingkungan di lokasi tersebut. Kita juga sepakat, bahwa lingkungan bersih adalah lokasi yang paling bagus untuk tempat tinggal. Memiliki lokasi rumah di perumahan disarankan untuk memperhatikan jarak antara rumah dengan got atau pun tempat pembuangan sampah. Dua hal tempat tersebut merupakan lokasi yang umumnya kotor. Terlebih lagi, got atau saluran air merupakan salah satu yang sering bermasalah. Seperti menjadi aliran air kotor yang berwarna hitam dan banyak lalat. Got juga rawan mampet karena tersumbat sampah atau benda lain. Got dan tempat sampah sering kali kondisinya bau dan itu tentu saja bisa membuat Anda tidak nyaman.

4. Akses untuk air bersih dan listrik

Kebutuhan akan air bersih adalah hal utama yang penting dalam kehidupan. Saat Anda sedang memilih lokasi perumahan, pertimbangkan akan akses air bersih dan listrik. Jika lokasinya tidak dilalui pipa PDAM, mungkin bisa dengan membuat sumur resapan sendiri. Untuk bisa memiliki sumur air tanah, Anda perlu memilih lokasi rumah yang bagus. Namun hindari untuk membuat sumur di atas lahan bekas sawah atau yang berlumpur karena biasanya air tanah di dalamnya keruh.

Selain memperhatikan untuk akses air bersih, lokasi yang dekat sumber air juga perlu dipertimbangkan. Sumber air ini bisa menjadi pencegahan, jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan seperti kebakaran. Selain mempertimbangkan kemudahan mendapatkan sumber air besrih, juga perlu mempertimbangkan akses listrik. Jika sulit untuk dijangkau listrik atau sering mengalami pemadaman, sebaiknya cari lokasi lain yang lebih strategis.

5. Carilah lokasi yang masih asri

Selain polusi udara, bila memungkinkan, Anda juga perlu menghindari kawasan yang rawan akan polusi suara dan air. Kawasan seperti ini, umumnya ada pada kawasan industri yang kadang memberikan efek pencemaran berupa polusi udara, suara dan air, sehingga membuat kita tidak nyaman untuk tinggal di lokasi tersebut.Lahan hijau merupakan kebutuhan tambahan untuk sebuah lingkungan yang sehat. Tips mencari lokasi rumah strategis perlu mempertimbangkan untuk mencari yang memiliki lahan hijau yang cukup. Lokasi tersebut tentu memiliki udara yang lebih segar sehingga nyaman untuk tempat tinggal. Untuk itu, hindari mencari lokasi yang rwan akan polusi udara.

Selain menghindari lokasi yang rawan polusi, Anda pun tetap perlu menghindari lokasi yang rawan banjir. Adanya banjir yang menerjang, tentu akan memberikan dampak kerugian yang tidak sedikit. Selain itu, aktifitas Anda akan terganggu, dan Anda juga perlu mengeluarkan banyak uang, untuk memulihkan kondisi pasca banjir.

6. Strategis dengan fasilitas publik

Tips mencari lokasi rumah terbaik yang terakhir adalah memperhatikan kemuduhan fasilitas umum. Fasilitas publik yang vital seperti sekolah, rumah sakit, dan pasar adalah bagian penting yang harus dipertimbangkan saat Anda mencari lokasi rumah. Pilih lokasi untuk tempat tinggal yang strategis, yakni yang dekat dengan fasilitas publik tersebut. Apabila sulit untuk mendapatkan lokasi rumah yang dekat fasilitas itu, setidaknya pilih lokasi yang mudah untuk akses transportasi ke tempat-tempat vital tersebut.

Jika Anda akan membeli tanah kavling, pilih yang berlokasi strategis pula. Tips memilih lokasi kavling perumahan salah satunya dengan memperhatikan perkembangan di sekitar lokasi tersebut. Jika lokasi tersebut dekat dengan pembangunan jalan baru untuk akses transportasi, mungkin bisa menjadi pilihan lokasi yang bagus. Pembangunan jalan bisa menjadi salah satu pertimbangan untuk Anda menentukan lokasi rumah atau tanah untuk membangun hunian baru.

Leave Reply

Hey, so you decided to leave a comment! Thats great. Just fill in the required fields and hit submit. Note that your comment will need to be reviewed before its published Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>