Tips merawat rumah saat musim hujan

Bagi sebagian kalangan, kondisi curah hujan yang tinggi mampu memberikan manfaat positif bagi kehidupan. Namun, bagi sebagian kalangan lainnya, kondisi tersebut seringkali malah menjadi kendala.

Masyarakat dituntut untuk selalu waspada, karena akibat buruk dari cuaca ekstrim bakal selalu mengintai. Bahkan, dapat menghambat aktifitas sehari-hari, utamanya saat beraktifitas di luar ruangan.

Cuaca ekstrim saat hujan tanpa disadari bisa membuat sebuah rumah menjadi bencana yang mengerikan! Dibutuhkan keterampilan tersendiri agar rumah terawat di saat musim hujan.

hujan1

Jika tidak dilakukan, maka bisa menyebabkan keretakan pada struktur rumah, kebocoran, jamur. eksterior yang merusak pemandangan bahkan korsleting listrik.

Berikut adalah beberapa langkah atau kebiasaan yang dapat Anda lakukan untuk merawat rumah di saat musim hujan:

  1. Memeriksa dan mempersiapkan atap
    Sebagai perangkat yang berfungsi untuk melindungi rumah, Anda wajib untuk memeriksa atap rumah. Memperbaiki atau mengganti bagian yang rusak, berkarat dan berlubang.

hujan2

Jika Anda tidak yakin, Anda dapat menghubungi seorang profesional ahli jas akonstruksi untuk melakukan pemeriksaan dan memperbaikinya.

  1. Melakukan pengecekan pada bagian interior
    Melakukan pemeriksaan sederhana pada bagian interior rumah apakah terdapat kelembaban atau jamur merupakan hal penting yang harus Anda lakukan.

Jika dibiarkan, kelembaban tidak membuat penampilan interior rumah menjadi buruk, namun dapat merusakan perlengkapan rumah tangga di sekitarnya seperti, furnitur, barang-barang rumah tangga lainnya, dan bahkan kesehatan warga.

  1. Perbaikan pada bagian eksterior rumah
    Dinding pada bagian eksterior rumah pasti akan selalu menurun kualitasnya baik itu di saat musim kemarau atau hujan. Khusus di musim hujan, Anda harus memperhatikan bagian yang satu ini.

hujan3

Menjelang pergantian dari musim hujan menuju kemarau, tidak ada salahnya untuk memperbaiki beberapa bagian eksterior rumah seperti cat, kayu yang lapuk atau bagian taman yang rusak agar nilai estetika sebuah rumah dapat bertahan di segala kondisi cuaca.

  1. Cegah air tergenang dan banjir
    Banjir selalu menjadi momok menakutkan dikala musim hujan datang. Cara Banjir dan genangan air pastinya akan membuat lingkungan rumah menjadi tidak sehat dan rawan dengan penumpukan bakteri dan kuman.

Cara sederhana yang paling sering terjadi di sekitar kita adalah menumpuk karung pasir agar air tidak masuk ke dalam pekarangan rumah.

Jika masih ragu, Anda bisa menyewa jasa profesional yang membantu menyedot air atau genangan yang menumpuk dan sekaligus membersihkan rumah Anda dari air hujan!

  1. Periksa saklar dan peralatan listrik rumah
    Jangan lupa pula untuk selalu memeriksa saklar listrik khususnya di bagian luar rumah, apalagi posisinya berada dekat dengan pekarangan atau pagar depan rumah.

Perhatikan dan segera lindungi saklar rumah jika mereka terkena hujan, karena dengan menutupinya akan menghentikan penetrasi atau rembesan air hujan yang mentes. Jika merasa tidak nyaman melakukannya sendiri, Anda bisa berkonsultasi dengan penyedia jasa perbaikan atau ahli listrik untuk melakukannya.

hujan4

  1. Rajin membersihkan rumah
    Membersihkan rumah secara teratur dapat melindungi rumah Anda dari kelembaban di saat musim penghukan. Tidak punya waktu untuk membersihkan rumah, Anda bisa menitipkan pekerjaan ini pada asisten rumah tangga atau jasa cleaning service.

 

Leave Reply

Hey, so you decided to leave a comment! Thatís great. Just fill in the required fields and hit submit. Note that your comment will need to be reviewed before itís published Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>