Tips Mudah Desain Kamar Tidur Kecil

Kamar tidur berukuran kecil tidaklah berarti Anda tidak dapat menata atau mengkonfigurasinya secara maksimal.Sebelum Anda memulai melakukan penataan interior kamar tidur, ada baiknya pertimbangkan beberapa cara terbaik mendesain kamar tidur berukuran kecil berikut.

Beberapa tips penataan dan konfigurasi desain kamar tidur kecil ini dapat memberikan Anda gambaran bagaimana seharusnya area atau ruangan yang memiliki ukuran kecil juga dapat memiliki potensi desain interior yang luar biasa menarik.

Posisi Tempat Tidur

Tempat tidur harus selalu menjadi focal point pada area kamar tidur, terutama pada ruangan yang memiliki ukuran kecil. Cara terbaik untuk menjadikannya focal point atau titik focus adalah dengan menempatkannya tepat di tengah dinding ruangan yang paling terlihat.  Biasanya persis pada bagian dinding yang tepat menghadap Anda, atau persis saat Anda berada di ambang pintu.

Cara seperti ini akan memberikan Anda memiliki cukup ruang untuk mengakses tempat tidur dari kedua sisi. Jika Anda suka, Anda bahkan dapat menempatkan nightstands pada kedua sisi tempat tidur. Namun hal ini jika area kamar cukup besar dan menyisakan space yang cukup pada kedua sisi tempat tidur.

Posisi Dresser

Perabotan besar dapat membuat ruangan kecil terlihat sangat sempit dan bahkan menjadikannya semakin tampak lebih kecil. Jika Anda memiliki lemari yang cukup besar, Anda dapat menghindari masalah ini dengan menggunakannya sekaligus sebagai ruang dresser atau tempat untuk meja rias Anda.

Selain akan memberikan space pada ruangan yang membuat kamar tidur kecil jadi tampak lebih besar, Anda akhirnya dapat memiliki ruang tempat riasan dan pakaian di satu tempat yang nyaman dan terintegrasi dengan baik.

Penataan dan penempatan karpet

Karpet kamar tidur mungkin hanya tampak seperti semacam detail dekoratif saja dan tidak memiliki fungsi yang signifikan. Kenyataannya adalah sebaliknya. Karpet sangat membantu menjadikan ruangan kecil menjadi terlihat lebih luas.

Jika tempat tidur Anda berada persis pada tengah dinding, tempatkan karpet Anda sekitar 2/3 pada bagian bawah tempat tidur, sehingga Anda selalu memiliki sesuatu yang lembut sebagai pijakan.

Dan jika posisi tempat tidur Anda berada pada sudut ruangan, cobalah menempatkan karpet di samping tempat tidur Anda atau di bawah perabotan lain, seperti meja rias Anda.

Tidak hanya penempatan yang penting, tetapi ukuran karpet juga harus diperhatikan. Pada ruangan berukuran kecil, penting untuk memiliki ukuran yang tepat alias proporsional, sehingga tidak terkesan membebani ruangan.

Tempat penyimpanan kreatif

Penyimpanan adalah kunci dalam ruangan berukuran kecil, terutama pada area kamar tidur tempat sebagian besar barang-barang penting Anda simpan.

Bila Anda tidak memiliki cukup space tersedia, mau tak mau harus berkreasi dengan tempat atau ruang penyimpanan Anda. Misal, Anda dapat menggunakan kotak penyimpanan khusus yang di instalasi pada bagian bawah tempat tidur yang berfungsi sebagai lemari pakaian atau semacam rak khusus penyimpanan barang-barang.

Buat sebuah sketsa desain

Memikirkan desain kamar tidur kecil bisa sangat memusingkan dan membuat Anda frustrasi jika Anda tidak terlebih dahulu memutuskan ide dan gagasan akan seperti apa bentuk, tampilan, dekorasi serta visualisasi kamar tidur kecil Anda. Semuanya akan tampak berantakan dan tidak berjalan sesuai dengan ekspektasi.

Sebelum memutuskan mengeksekusi gagasan Anda dan mulai menata tempat tidur dan beberapa perabotan atau furnitur, ambilah pensil dan selembar kertas lalu buatlah sketsa ide tata letak atau layout kamar tidur yang Anda inginkan. Hal tersebut akan membantu Anda memvisualisasikan gagasan sebelum Anda memutuskan menerapkannya.

Leave Reply

Hey, so you decided to leave a comment! Thatís great. Just fill in the required fields and hit submit. Note that your comment will need to be reviewed before itís published Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>