Aneka Motif Keramik Dinding Dapur Keren dan Tips Memilihnya

Jasa Bangun Rumah

Aneka Motif Keramik Dinding Dapur Keren dan Tips Memilihnya

Aneka Motif Keramik Dinding Dapur Keren dan Tips Memilihnya

Arsitek Indo Kontraktor I Jasa Arsitek dan KontraktorDinding dapur sangat rentan terpengaruh udara lembap dan sangat mungkin terkena noda dari aktivitas mengolah makanan serta minuman. Padahal, kebersihan dinding dapur adalah salah satu hal terpenting yang selalu harus terjaga agar dapur dapat selalu nyaman untuk dipakai beraktivitas. Nah, salah satu cara menyiasati masalah ini adalah dengan memberi finishing berupa keramik dinding dapur. Selain membantu menjaga kesan bersih dan nyaman, keramik dinding dapur juga bisa membuat dapurmu tampak lebih menarik lagi.

Trend Keramik Dinding Dapur

Keramik dapur hadir bukan sekedar tren saja, melainkan untuk menyikapi berbagai masalah di dapur. Misalnya, masalah dinding dapur yang sangat rentan terpengaruh udara lembap dan sangat mungkin terkena noda dari aktivitas memasak. Sedangkan noda yang menempel di dinding tidak selalu mudah dibersihkan. Kondisi ini membuat dapur tampak tidak indah, padahal kebersihan dinding dapur sangat penting dan harus selalu terjaga agar aktivitas memasak tetap nyaman.

Dengan alasan tersebut, maka salah satu cara menyiasatinya adalah dengan memberi finishing berupa keramik dapur yang mudah dibersihkan dibandingkan dinding berbahan lainnya. Selain agar dinding dapur tetap, keramik  juga bisa akan membuat tampilan dapurmu tampak lebih menarik dan sedap dipandang.

Sekarang sudah banyak motif dari keramik dapur. Kamu mungkin agak bingung memilih keramik dapur yang sesuai dengan dapur dan kondisi rumahmu. Tapi, berikut ini ada beberapa rekomendasi pilihan keramik untuk menghilangkan kebingunganmu sekaligus tips untuk memilihnya.

Rekomendasi Pilihan Keramik Dapur

Rekomendasi pilihan keramik dapur berikut ini didasarkan atas motif dari keramiknya. Meskipun sebenarnya ada banyak faktor lain yang perlu kamu pertimbangkan. Tapi, motif keramik akan sangat berpengaruh terhadap estetika dan keindahan dapurmu.

Baca Juga :  Pahami Feng Shui Rumah Anda

Berikut ini beberapa rekomendasi keramik dapur yang bisa segera kamu beli dan kemudian diinstalaliskan untuk dapur di rumahmu. Sebaiknya, gunakan jasa tukang bangunan atau interior ruangan untuk mengintalasikannya.

1. Motif Bunga atau Dedaunan

keramik dinding dapur

Buat kamu pecinta keindahan alam, kamu bisa pilih keramik dapur motif bunga atau dedaunan. Kedua motif ini sangat kompetibel untuk semua jenis barang yang ada di dapur.

Apalagi kalau peralatan di dapur memiliki motif yang sama. Ada banyak cangkir, piring, gelas, nampan, dan benda-benda lain di dapur yang memiliki motif bunga atau dedaunan.

Sebenarnya, motif keramik ini lebih menonjolkan lewat warna dan bentuk yang anggun. Dinding dapurmu akan berubah menjadi suasana taman yang sejuk dan menyenangkan.

2. Motif Polkadot

Desain keramik dapur

Keramik dapur motif polkadot lebih simpel karena cocok dikombinasikan dengan banyak warna. Tapi, kalau kamu pilih motif ini, sebaiknya pilih salah satu warna untuk unsur-unsur lain di dalam dapur. Misalnya cat tembok, lemari dapur, atau lantai dengan warna yang sama.

Motif polkadot bisa menyamarkan keberadaan saklar warna putih yang menempel di dinding. Selain itu, motif polkadot terbilang cocok dikombinasikan dengan benda-benda dan furniture yang terkesan simple.

3. Motif Persegi Kombinasi

Untuk motif keramik dapur seperti ini, kamu bisa menggunakan aksesoris dan warna lantai yang bernuansa senada. Warna kuning memberikan kesan ceria, hidup, serta keyakinan yang mendalam. Dengan memilih motif seperti ini, maka kamu akan semakin bersemangat, termotivasi, dan aktivitas di dapur akan semakin menyenangkan.

4. Motif Segitiga

Motif keramik dapur segitiga sangat cocok buat kamu yang memiliki dapur tidak terlalu luas. Tips instalasinya, sebaiknya dipasangkan pada dua sisi dinding saja sehingga membentuk huruf L. Dapur umumnya berbentuk persegi panjang dengan 4 atau 3 sisi dinding.

Baca Juga :  Tips Mushola di Rumah

Kamu cukup instalasikan pada 2 sisi, dan biarkan sisi dinding yang lain tetap dengan tembok biasa. Keramik dapur motif segitiga sangat cocok dikombinasikan dengan banyak warna sehingga kamu tidak perlu memikirkan untuk mengganti cat tembok dan warna perabotan yang sudah ada.

5. Motif Bullet

Keramik dapur motif bullet termasuk paling banyak digunakan di dapur modern saat ini. Dengan motif ini, dapur di rumahmu akan terlihat seperti banyak lukisan yang menempel di dinding.

Motif bullet akan membuat suasana dapur terasa semakin hidup, apalagi kalau warna yang digunakan cerah dan ceria, seperti biru, hijau, atau merah. Tapi, sebaiknya kamu tidak memilih motif bullet yang berwarna gelap, karena akan membawa kesan tampak suram.

6. Motif Batu Alam

Keramik dinding batu alam sangat beragam, kamu bisa memilih yang sesuai dengan selera. Ukurannya juga sangat banyak, mulai dari motif batu alam besar yang disertai tonjolan seperti nyata, sampai bentuk kecil-kecil yang lebih simpel. Pilihan warna yang ideal dan memberikan kesan estetis tinggi adalah warna hijau dengan tonjolan kuning atau putih.

7. Motif Batu Bata

Keramik dinding dapur motif batu bata akan membawa kamu kembali hidup di suasana desa era 90-an. Ketika itu, rumah-rumah di desa mulai banyak dibangun dengan dinding bata merah tanpa dilapisi dengan semen. Motif batu bata menjadi salah satu pilihan unik karena selain menarik, juga bisa menciptakan nuansa seperti di dalam rumah yang sedang dibangun.

Bila kamu menyukai motif seperti ini, maka sesuaikan warna lantai dan cat dindingnya. Pilihlah warna terang, tetapi lembut, sehingga tidak akan bentrok dengan warna oranye atau merah dari dinding dapur.

Baca Juga :  Cara Menata Ruang Tamu

Tips Memilih Keramik Dinding Dapur

Dalam memilih keramik dinding dapur yang ideal, kamu harus pastikan dulu bentuk instalasi yang diinginkan. Misalnya, kamu ingin intalasikan keramik secara memanjang dengan ukuran lebih kecil atau mengisi penuh dinding dapur dengan keramik. Umumnya, instalasi keramik dinding dapur hanya 80 cm sampai dengan 150 cm dari dasar.

Namun, untuk motif keramik batu bata dan motif batu alam bisa diinstalkan untuk seluruh dinding dapur. Ketika memilih motif keramik dinding dapur, maka kamu harus bisa memastikan paduan warna keramik dengan keberadaan warna dinding, warna furniture, dan segala macam perabot yang dominan di dapur.

Pilih Brand Keramik Ternama

Ketika kamu memilih keramik dinding dapur, maka pastikan kamu mengetahui merek dari keramik. Kamu bisa mencari informasi mengenai merek-merek yang terkenal dan berkualitas. Keramik dengan merek yang terkenal tentunya sudah memperhatikan komposisi dalam menciptakan produknya. Kualitas keramik sangat mempengaruhi tekstur dan daya tahan uap.
Selanjutnya, jangan lupa untuk memperhatikan kesesuaian antara model keramik dinding dapur dengan gaya rumah. Misalnya, kalau rumahmu bergaya minimalis, maka pilihlah model keramik dinding dapur yang juga minimalis. Atau pilih yang tidak terlalu banyak ornamen dan tampak elegan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp chat