Cara Membasmi Tungau Kasur yang Efektif dan Alami

Jasa Bangun Rumah

Cara Membasmi Tungau Kasur yang Efektif dan Alami

Cara Membasmi Tungau Kasur yang Efektif dan Alami

Arsitek Indo Kontraktor I Jasa Arsitek dan KontraktorTungau kasur merupakan sebuah spesies hewan yang sangat kecil, hingga tak kasat mata, yang biasa hidup di pemukiman manusia. Ukuran dari tungau sendiri adalah sekitar 420 µm panjang dan 250-320 µm lebar. Bentuk dari tungau kasur sendiri, hampir mirip dengan kutu rambut, namun ukurannya jauh lebih kecil. Tungau kasur, bisa disebut parasit, karena hidup di celah-celah dan lipatan kasur. Tungau kasur disebut sangat sulit untuk dibasmi, bahkan dengan bahan-bahan kimia sekalipun. Sehingga, sangat penting untuk selalu menjaga kebersihan kasur, seperti sering dijemur, dan mengganti sprei. Tentunya merasa geli tungau dikasur kan. Yuk simak cara membasmi tungau kasur yang efektif dan alami.

1.  Jemur di Bawah Terik Matahari

menjemur perabotan terkena tungau

Cara menghilangkan tungau yang pertama yaitu dengan dijemur di bawah terik matahari. Cara ini pastinya sudah diketahui dan dipraktikkan oleh banyak orang. Namun, jangan asal dijemur saja ya jika ingin tungaunya benar-benar hilang.

2. Cuci dengan Air Panas

Jika kamu sudah menjemur perabotan tetapi masih belum juga hilang tungaunya, kamu bisa mencoba mencucinya dengan air panas. Cuci seluruh bagian perabot mulai dari perabotnya, kain pelapis, hingga barang lain yang menempel di atasnya. Jangan lupa untuk mencampur air panas dengan detergen antibakteri agar efeknya makin ampuh. Setelah itu, kamu bisa kembali menjemurnya di bawah terik matahari hingga kering.

Pastikan kamu mencuci seluruh perabot yang rentan terkena tungau minimal sebulan sekali.

3. Cara Menghilangkan Tungau dengan Diuap

cara menghilangkan tungau dengan diuap

Penguapan perabotan seperti kasur dan sofa yang terkena tungau biasanya dilakukan oleh ahlinya. Namun, kamu juga bisa mencobanya sendiri asalkan paham caranya dan memiliki alat-alatnya. Alat yang dibutuhkan sebetulnya pun mudah didapatkan, yaitu ketel, selang, dan handuk atau lap bersih.

Baca Juga :  Pengaplikasian Elemen Metalik Dalam Dekorasi Rumah

Selanjutnya, kamu bisa memasak air di atas ketel dan kemudian uapnya dialirkan ka permukaan dan sela-sela perabotan bertungau. Jika basah, kamu bisa kembali menjemurnya di bawah terik matahari.

4. Pasta Bawang Merah dan Bawang Putih

Ada juga cara menghilangkan tungau dengan bahan alami yang bisa kamu coba. Salah satu bahan yang ampuh yaitu bawang merah dan bawang putih. Penggunaan bawang merah dan bawang putih untuk membasmi tungau pun sangat mudah.

Kamu bisa menghaluskan bawang merah dan putih dengan blender terlebih dahulu. Setelah itu, disaring dan diambil airnya saja. Nah, air perasan tersebut kemudian bisa kamu semprotkan atau oleskan di daerah tempat tungau bersarang.

5. Cara Menghilangkan Tungau dengan Silica Gel

Kamu tahu silica gel, kan?. Mineral alami yang biasa ada pada berbagai produk baik barang ataupun makanan.

Ternyata, silica gel bisa jadi senjata ampuh untuk mengusir tungau juga, lo! Cara memakainya cukup mudah, kamu hanya perlu menaburkan silica gel pada perabot yang dihinggapi tungau. Diamkan beberapa lama atau sambil dijemur, setelah itu tungau pasti raib!

6. Semprot Larutan Garam

cara menghilangkan tungau pakai air garam

Selain menggunakan cairan bawang merah dan bawang putih, cairan larutan garam juga bisa dimanfaatkan untuk mengusir tungau. Cukup larutkan saja beberapa sendok garam dengan air secukupnya. Kemudian, larutan garam tersebut dimasukkan ke dalam botol semprot dan digunakan untuk menyemprot perabotan yang terserang tungau.

Sangat mudah dan praktis, kok!

7. Cara Menghilangkan Tungau dengan Air Cuka

Mau bahan alami lainnya untuk hilangkan tungau?. Kamu bisa coba air cuka.

Cara membasmi tungau dengan air cuka ini dikenal efektif berkat larutan cuka yang terkenal asam dan dibenci banyak hewan. Kamu hanya perlu menuangkan cuka ke dalam botol semprotan, lalu semprotkan langsung ke seluruh permukaan perabotan.

Baca Juga :  Tips Memilih Sofa Minimalis Modern untuk Ruang Tamu Kecil

Tags: , , , , , , , , , , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp chat