Faktor Penyebab Kayu Cepat Rusak

Jasa Bangun Rumah

Faktor Penyebab Kayu Cepat Rusak

bangun rumah jogja

bangun rumah jogjaFAKTOR PENYEBAB KAYU CEPAT RUSAK

Faktor Penyebab Kayu Cepat Rusak – Kayu merupakan salah satu jenis material yang digunakan untuk membangun rumah. Selain untuk membangun rumah juga digunakan untuk bahan pembuatan furniture rumah. Namun masalah yang terjadi pada kayu adalah bahan kayu cepat lapuk atau rusak. Sebenarnya apa penyebab dari kayu cepat rusak?

Pelapukan pada kayu

Kayu bisa membusuk apabila basah atau lembab. Kadar air yang melebihi 30% atau lebih akan menyebabkan kayu lebih cepat membusuk. Selanjutnya, pembusukan pada kayu juga bisa dipicu oleh spora yang terbawa angin dan menempel di kayu yang lembab.

Ketika suhu cukup hangat, spora tersebut akan berkecambah dan berubah menjadi jamur (tumbuhan) yang akarnya bisa menembus serta masuk ke dalam kayu. Lalu, akar tersebut akan mengeluarkan enzim yang dapat menyebabkan kayu menjadi lapuk sehingga lebih mudah dimakan oleh jamur.

Pada umumnya, jamur berkembang biak membentuk koloni dan hidup di bawah kondisi yang tepat dengan suhu tertentu serta bisa menyebar dengan sangat cepat. Pembusukan yang terjadi pada kayu bukan hanya sekedar membuat kayu terlihat jelek, melainkan dalam jangka waktu tertentu akan menyebabkan kegagalan struktural. Kondisi ini akan membuat kayu menjadi mudah patah, tidak kuat menahan beban, atau mudah rusak dan hancur.

Jamur

Seperti kebanyakan organisme lainnya, jamur membutuhkan 4 kondisi dasar untuk bisa bertahan hidup. Dalam hal ini, mereka membutuhkan:

A. Oksigen.

Dalam kebanyakan kasus, udara yang mengandung minimal 20% oksigen adalah yang dibutuhkan oleh jamur untuk bisa hidup.

B. Air.

Air sangat penting bagi semua makhluk hidup tidak terkecuali jamur. Kayu yang berpori biasanya bisa menahan air layaknya sebuah spons. Jika jumlah air sangat sedikit di dalam kayu, maka jamur tidak akan dapat bertahan hidup. Sebaliknya, jika jumlah air terlalu banyak, hal tersebut juga akan menyebabkan oksigen yang dibutuhkan oleh jamur untuk berkembangbiak berkurang.

Pelapukan yang terjadi pada kayu yang terendam umumnya terjadi akibat adanya kandungan air di dalam kayu sekitar 20% atau lebih, serta kandungan oksigen yang mungkin terdapat di dalam sel kayu.

C. Suhu yang tepat.

Suhu ideal untuk pembusukan jamur berkisar antara 21 derajat Celcius hingga 32 derajat Celcius. Kebanyakan jamur penyebab pelapukan pada kayu akan mati apabila terkena suhu di atas 54 derajat Celcius.

D. Makanan.

Dalam hal ini, makanan utama untuk jamur adalah kayu itu sendiri. Selain menjadi sumber makanan, kayu juga akan menjadi inang yang akan melindunginya dari suhu ekstrim dan yang akan menyediakannya oksigen serta air.

Tips agar kayu yang digunakan untuk bahan bangunan tahan lama dan tidak mudah lapuk

1. Gunakan kayu yang tepat.

Ada banyak jenis kayu yang bisa kita temui untuk bahan bangunan mulai dari kayu ulin, kayu jati, kayu kelapa, kayu kamper, kayu bengkirai, kayu merbau, kayu gelam, kayu meranti, akasia, dan lain-lain. Di antara beberapa jenis kayu tersebut, kayu ulin dan jati adalah jenis kayu yang paling kuat dan bisa ditempatkan di dalam ruangan maupun di luar ruangan.

Kayu jenis ini terkenal tahan air dan cuaca. Sehingga tidak mengherankan apabila sering digunakan sebagai tiang listrik atau bantalan rel kereta api. Bahkan ketika dijadikan sebagai indoor/outdoor pool deck (dek kolam renang), kayu ini bisa diandalkan.

2. Berikan pengawet.

Jika kayu yang Anda gunakan rentan terhadap jamur dan diletakkan di luar ruangan, sebaiknya kayu tersebut dilindungi dengan pengawet agar terhindar dari pembusukan akibat jamur.

3. Jangan meletakkan kayu langsung di atas permukaan tanah. Meletakkan kayu langsung di atas permukaan tanah akan menyebabkan kayu lebih mudah lapuk karena selain berbagai kondisi cuaca maupun air dan oksigen, tanah seringkali mengandung sejumlah zat kimia dan organisme (rayap) yang dapat mempercepat proses pelapukan atau kerusakan pada kayu.

4. Gunakan karpet atau keset untuk melindungi kayu dari kerusakan akibat pasir dan kotoran. Jika Anda menggunakan kayu untuk lantai rumah, lindungi bagian-bagian yang paling sering dilalui dengan menggunakan karpet agar lebih awet.

Selain itu, letakkan keset di tempat-tempat yang strategis seperti di depan pintu rumah, di depan kamar, atau di dekat kitchen sink, dimana Anda sering berdiri. Manfaatnya adalah untuk mengurangi laju dan intensitas kerusakan pada bagian-bagian tersebut.

ARSITEK INDO KONTRAKTOR – KONTRAKTOR JOGJA | JASA BANGUN RUMAH JOGJA | KONTRAKTOR JOGJA | JASA ARSITEK JOGJA | KONTRAKTOR DI JOGJA | JASA GAMBAR 3D JOGJA | JASA DESAIN RUMAH JOGJA | BANGUN RUMAH JOGJA merupakan solusi bagi Anda yang ingin membangun rumah hunian, kost ekslusif, apartemen atau bangunan lainnya. Konsultasi Gratis KLIK DISINI. Hubungi kami di Telp : (0274) 501 7127 | WA : 0888 0289 8802

Tags: , , , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp chat