Harga Lantai Kayu Sepadan dengan Kualitas dan Keunggulannya

Jasa Bangun Rumah

Harga Lantai Kayu Sepadan dengan Kualitas dan Keunggulannya

Harga Lantai Kayu Sepadan dengan Kualitas dan Keunggulannya

Arsitek Indo Kontraktor I Jasa Arsitek dan KontraktorLantai kayu murah tidak terasa keras seperti lantai keramik (bergantung dari jenis lantai kayunya). Memberikan Anda kehangatan di saat dingin, karena keramik malah akan menambah kedinginan. Ramah lingkungan karena beberapa lantai kayu murah dapat didaur ulang dan Anda tidak menebang banyak pohon. Memberikan kesan yang klasik dan mewah kepada bangunan/hunian. Beberapa jenis (seperti vinyl) dapat Anda pasang di tempat yang sering basah seperti kamar mandi atau dapur. Dapat membantu Anda mengurangi pengeluaran oleh karena sifatnya yang hemat energi. Inilah harga lantai kayu yang sepadan dengan kualitas dan keunggulannya. Yuk simak artikelnya

kayu

Keunggulan Lantai Kayu

harga lantai kayu

Umumnya, lantai yang banyak digunakan saat ini adalah lantai keramik. Selain mudah didapatkan, lantai dari keramik lebih mudah diinstalasikan dan harganya jauh lebih miring dibandingkan harga lantai kayu. Tapi, ada banyak keunggulan lantai kayu dibandingkan lantai keramik. Berikut ini, beberapa keunggulan lantai kayu dibandingkan lantai keramik yang perlu kamu tahu.

1. Lebih Nyaman Digunakan

Salah satu keunggulan lantai kayu dibandingkan lantai keramik adalah dari segi kenyamanannya. Lantai kayu memiliki sifat kayu yang lebih empuk dibandingkan dengan lantai keramik. Selain itu, beberapa pengguna lantai kayu mengakui kalau lantai kayu dapat memberi kesan hangat ketika dingin dan merasa dingin ketika hangat. Artinya, lantai kayu memberikan kenyamanan dalam mengatur suhu di dalam ruangan.

2. Meningkatkan Estetika Ruangan

Untuk masalah estetika, tidak diragukan lagi kalau lantai kayu menjadikan hunian tampak lebih cantik. Kebanyakan orang memilih lantai kayu memang karena keunggulan estetikanya. Lantai kayu memiliki corak yang random sehingga akan menampilkan suasana yang lebih alami dan memberikan kesejukan mata setiap yang memandang. Namun, untuk kesan estetik yang utama sebenarnya terletak dari pemilihan warna dan corak dari lantai kayu itu sendiri.

Baca Juga :  Interior Rumah Untuk Si Taurus

3. Lebih Awet dan Mudah Dibersihkan

Keunggulan lain dari lantai kayu adalah lebih awet adalah karena bisa meminimalisir sentuhan langsung dengan air. Artinya, kamu tidak perlu harus sering mengepel lantai kayu. Cukup hanya menyapu dan membersihkan bagian yang terkena noda dengan kain basah. Kondisi ini tentu sangat berbeda dengan lantai keramik yang harus dipel secara rutin supaya debu-debu di lantai bisa benar-benar hilang.

4. Nilai Kesehatan Lebih Tinggi

Lantai keramik secara khusus memberikan kesan dingin yang dipercaya akan meningkatkan risiko penyakit rematik. Tetapi, sangat berbeda dengan lantai kayu yang memiliki suhu stabil. Apalagi banyak orang menduga kalau pada lantai kayu terdapatnya banyak ion negatif sehingga sangat baik untuk kesehatan. Intinya, jika orang sering berbaring di lantai kayu, tidak akan mendapatkan risiko penyakit seperti orang yang sering berbaring di lantai keramik.

5. Lebih Aman untuk Anak-Anak

Lantai kayu bukan hanya bisa membuat hunian tampil beda. Banyak orang menggunakan lantai kayu dengan alasan untuk keamanan anak-anak. Usia anak-anak memang usia aktif, khususnya yang berusia 3 tahun sampai dengan 10 tahun. Pada usia ini, anak akan sering bergerak bahkan tidak jarang berlari-larian di lingkungan rumah. Segala sesuatu bisa terjadi, misalnya anak terjatuh dan lain sebagainya. Anak yang terjatuh di lantai kayu tentu tidak akan separah saat terjatuh di lantai keramik. Maka dari itu, lantai kayu lebih aman untuk anak-anak dan bisa mengurangi risiko cedera.

Jenis-Jenis Lantai Kayu

Lantai kayu memiliki nilai estetis yang sangat tinggi dan memberikan kenyamanan yang lebih baik dibandingkan dengan lantai jenis lainnya. Pada dasarnya, ada 2 jenis lantai kayu jika ditinjau dari jenis material yang digunakan. Kedua jenis kayu tersebut yaitu solid hardwood flooring (kayu solid) dan engineered hardwood flooring (kayu buatan). Dari kedua jenis lantai kayu tersebut, akan ada banyak motif lantai kayu yang dihasilkan, misalnya strip (lidah alur), plank (3 lembar strip sekaligus), dan parket (motif tertentu).

Baca Juga :  Menata Ruang Makan Agar Lebih Menarik & Nyaman

Istilah parket lebih sering digunakan oleh kebanyakan orang sebagai lantai kayu secara umum. Padahal, parket hanya salah satu jenis dari lantai kayu itu sendiri. Jenis lantai kayu tentu saja mempengaruhi harga kayu lantai. Berikut ini, pemahaman mengenai jenis lantai kayu jika ditinjau dari jenis materialnya.

1. Solid Hardwood Flooring

Solid Hardwood Flooring merupakan kayu lantai dari material berupa kayu solid yang dibentuk seperti plank dengan ketebalan sekitar 18 mm. Lantai kayu jenis ini memiliki model standar, yaitu terdapat alur dan lidah pada bagian sampingnya. Beberapa produsen lantai kayu ini biasa memproduksi dengan ketebalan sampai dengan 10 mm.

Dalam penggunaan lantai kayu jenis ini, ada kemungkinan untuk diamplas ulang setelah pemakaian selama beberapa waktu. Dalam instalasinya, rata-rata tanpa finishing atau hanya finishing dasar karena proses finishing akhir akan dilakukan setelah lantai kayu telah terpasang. Solid Hardwood Flooring yang telah difinishing dasar biasanya pada sisi atas lidah dan alur dibuat bevel kecil.

Namun, ada masalah utama pada jenis lantai solid Hardwood Flooring, yaitu kemungkinan kembang susut (memuai atau menyusut) akibat perubahan suhu dan cuaca. Maka dari itu, pada saat instalasi akan disisakan beberapa milimeter pada pertemuan lantai kayu dengan dinding yang nantinya akan ditutup dengan plint lantai.

Pemasangan lantai kayu solid hardwood flooring yang tipis sangat mudah dilakukan hanya dengan staples atau lem. Namun, untuk lantai kayu dengan ketebalan 18 mm harus menggunakan alat khusus yaitu paku khusus untuk lantai. Solid Hardwood flooring bisa terbuat dari beberapa jenis kayu, yaitu kayu jati, kayu merbau, kayu sonokeling, dan lain sebagainya. Setiap jenis kayu akan mempengaruhi kualitas dan harga kayu lantai. Kebanyakan orang lebih suka dan kayu jati, karena dinilai lebih unggul kualitasnya.

2. Engineered Hardwood Flooring

Selain Solid Hardwood Flooring, ada juga jenis Engineered hardwood flooring. Lantai kayu jenis ini sebenarnya terbuat dari plywood (papan buatan) yang terdiri dari beberapa lapisan kayu. Dalam aplikasinya, kayu lantai disusun secara melintang antar setiap lapisan. Keunggulan lantai kayu jenis ini adalah bisa dipasang langsung di atas lantai, tetapi leveling lantai harus lebih baik. Keunggulan lainnya yaitu bisa diaplikasikan pada bagian atas lantai beton.

Baca Juga :  Memaksimalkan Fungsi Ruang Tamu Menjadi Multi Area Fungsi

Ketebalan bahan yang digunakan untuk engineered hardwood flooring biasanya 15 mm dan sudah di-finishing hingga lapisan akhir. Jika dibandingkan solid hardwood flooring keunggulan engineered hardwood Fflooring memang tampak pada kemudahannya dalam instalasi dan bisa dipasang hampir di seluruh ruangan rumah. Namun, daya tahan lantai jenis ini tidak seberapa jika dibandingkan dengan solid hardwood flooring.

Lantai kayu engineered hardwood flooring sangat mudah diinstalasikan dan setelah finishing juga mudah dibersihkan. Jenis kayu yang digunakan untuk engineered wood flooring bisa dari bermacam-macam kayu keras dengan cara melakukan pelapisan yang berbeda-beda. Misalnya dengan vinir tipis ada beberapa lembaran kayu tipis. Instalasi jenis lantai kayu engineered hardwood flooring menggunakan sistem floating, yaitu perekatan dengan lem. Maka dari itu, lantai kayu jenis ini sangat mudah dipasang di atas lantai beton, yang rata-rata tidak memiliki terlalu banyak perbedaan ketinggian.

Miliki Hunian Berlantai Kayu Terbaik Melalui SpaceStock

Setiap jenis kayu lantai memiliki harga yang berbeda. Untuk mendapatkan harga lantai kayu terbaik, maka sangat disarankan agar kamu bisa melakukan perbandingan harga dari beberapa produsen. Namun, kamu juga harus membaca spesifikasi yanglengkap dari kayu lantai yang kamu inginkan. Memiliki hunian dengan kayu lantai tentu akan memberikan kesan yang berbeda. Apalagi, saat ini masih sangat jarang ada hunian dengan lantai kayu. Misalnya untuk hunian tipe apartemen. Kamu bisa merombak lantai unit apartemen dengan kayu lantai agar bisa mendapatkan kesan hunian yang lebih estetik.

Tags: , , , , , , , , , , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp chat