Ide Desain Tangga Rumah Yang Bisa Kamu Tiru

Ide Desain Tangga Rumah Yang Bisa Kamu Tiru

Ide Desain Tangga Rumah Yang Bisa Kamu Tiru

25+ Desain Tangga Rumah Minimalis Unik & Nggak Ngebosenin!

Bangun Rumah Jogja –  Kini, sudah ada banyak pilihan tangga rumah yang bisa kamu pilih sesuai dengan kebutuhan interior rumah dan budget. Desain tangga juga semakin banyak variasinya, mulai dari pemilihan material dan finishing, penggunaan lampu, railing, kombinasi warna hingga bentuk-bentuk tangga. Dalam memilihnya, Kamu pun tidak boleh sembarangan karena model yang tak sesuai akan membuat penampilan rumah terlihat kurang menarik. Untuk itu yuk simak ide desain tangga rumah yang bisa kamu tiru, untuk di aplikasikan pada hunianmu berikut ini.

 

 

 

 

1. One Wall Stair

jenis tangga One Wall Stair

Jenis tangga ini sebenarnya yang paling populer dan dapat dijadikan pilihan untuk interior rumah model apa pun. One wall stair tidak lain adalah model tangga yang lurus ke atas tanpa belokan dan salah satu sisinya menempel pada dinding. Pada jenis tangga ini, kamu bisa menjadikan bagian bawah tangga sebagai area yang multifungsi. Dapat dijadikan kabinet atau lemari bawah tangga, tempat pajangan, bahkan area duduk dengan sofa pun bisa!

2. Tangga Apung

jenis tangga apung

Umumnya, bentuk tangga apung adalah lurus ke atas. Bedanya dengan one wall stair adalah tangga apung tidak memiliki penyangga tangga. Jenis tangga ini hanya berupa anak-anak tangga yang langsung dipasang ke dinding sehingga modelnya terlihat sangat minimalis.

Untuk interior rumah dengan model Japandi ataupun industrial, jenis tangga apung ini sangat cocok. Kalau ingin memakainya di model rumah Japandi, anak tangga apung bisa dibuat dari kayu. Kalau ingin memperkuat kesan industrial, kamu bisa menggunakan bahan lain, seperti logam atau kaca untuk membuat jenis tangga ini.

Baca Juga :  Bangun Garasi Mobil

3. Tangga Bentuk Huruf L

Jenis Tangga Bentuk L

Jenis tangga bentuk huruf L adalah model tangga yang bentuknya berbelok sekitar 90 derajat pada salah satu dinding. Biasanya, tangga bentuk huruf L memiliki bordes di area belokan. Tangga bentuk L ini bisa dijadikan pilihan buat kamu yang memiliki langit-langit rumah tinggi, tapi luas ruangan terbatas. Pada bagian kolong tangga, kamu juga bisa memanfaatkannya menjadi ruangan lain sehingga lebih multifungsi.

4. Tangga Winder

Jenis Tangga Winder

Secara bentuk, tangga winder mirip dengan tangga bentuk huruf L. Perbedaannya hanya ada di bagian bordes tangganya. Pada jenis tangga winder, tidak ada bordes sehingga di bagian berkeloknya, ada bagian-bagian tangga yang bentuknya bukan persegi panjang. Biasanya, model tangga winder terkesan jadul. Namun, kamu bisa memodifikasinya menjadi lebih modern dan cocok banget untuk model rumah minimalis atau yang mengarah ke gaya Jepang, seperti Japandi.

5. Tangga Bentuk Huruf U

jenis tangga bentuk huruf U

Mau punya tangga yang bagian bawahnya bisa dijadikan suatu ruangan? Kamu bisa gunakan jenis tangga bentuk huruf U. Model tangga ini memiliki bagian berkelok yang mencapai 180 derajat dengan bordes yang lebih besar. Pada bagiannya, kamu bisa menyulapnya menjadi gudang ataupun kamar mandi bawah tangga. Jadi, rumah kamu pun akan lebih space-saving alias maksimal dalam pemanfaatan ruang yang ada.

6. Tangga Melingkar

jenis tangga melingkar

Jenis tangga melingkar identik dengan rumah-rumah klasik yang besar dan mewah. Namun, untuk membuat jenis tangga yang satu ini kamu memerlukan ruangan atau area yang cukup luas. Kamu bisa menggunakan railing tangga sisi kiri dan kanan sebagai pengaman. Jenis tangga ini bisa menguatkan kesan klasik pada hunianmu.

7. Tangga Spiral

jenis tangga spiral

Dari segi bentuk, jenis tangga spiral mirip dengan tangga melingkar. Namun, biasanya jenis tangga yang satu ini ukurannya lebih kecil dan memiliki satu tiang pusat yang menjadi penyangga semua anak tangga. Model ini biasanya ditemukan di rumah atau hunian kota yang padat karena sangat space-saving atau hemat ruang. Jika memilih jenis tangga spiral, kamu harus lebih berhati-hati dan fokus saat melangkah.

Baca Juga :  Inspirasi Desain Mezzanine

Banyak, bukan pilihan jenis tangga yang bisa kamu sesuaikan dengan konsep interior yang mau kamu buat? Pastikan jenis tangga yang kamu pilih juga space-saving supaya area di bagian bawahnya tidak tampak sesak. Jadi, dari semuanya, jenis tangga mana yang cocok untuk rumah kamu?

Tags: , , , , , , , , , , , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp chat