Ide Sekat Ruangan yang Bisa Kamu Aplikasikan di Apartemen

Jasa Bangun Rumah

Ide Sekat Ruangan yang Bisa Kamu Aplikasikan di Apartemen

Ide Sekat Ruangan yang Bisa Kamu Aplikasikan di Apartemen

Arsitek Indo Kontraktor I Jasa Arsitek dan KontraktorKamu pasti setuju kalau sekarang lahan perumahan sangat terbatas, bukan? Hal ini membuat orang beralih ke rumah-rumah berukuran mini, terutama ukuran minimalis. Nah, dengan ukuran rumah yang mungil, pemilik rumah harus pintar-pintar dalam menata rumahnya. Salah satunya adalah dengan cara meminimalisir sekat permanen dalam rumah—seperti tembok, dan menggantinya dengan pembatas ruangan yang fleksibel. Berikut ini ide sekat ruangan yang bisa kamu aplikasikan di apartemen.

1. Sekat Lipat, Paling Efisien Digunakan

sekat ruangan

Sekat yang paling sering digunakan baik di rumah atau apartemen adalah sekat lipat. Jenis sekat ini praktis karena bisa dipasang dan dilipat sesuai kebutuhan. Jika sedang tidak diperlukan cukup dilipat saja, maka ruangan akan terlihat lebih lapang.

2. Kain yang Mudah Diaplikasikan

sekat ruanganTirai dari kain sangat cocok dijadikan sekat di unit apartemen tipe studio yang luasnya sangat terbatas. Mudah diaplikasikan dan tinggal ditutup atau dibuka sesuai kebutuhan. Tirai juga tidak butuh tempat penyimpanan jika sedang tidak dipakai, melainkan cukup disibak saja.

Di apartemen studio, tirai bisa digunakan untuk memisahkan area tidur dengan ruang TV. Bisa juga digunakan untuk memisahkan ruang TV dan ruang makan agar lebih mendapat privasi saat sedang menyantap makanan.

3. Susunan Bambu atau kayu yang Punya Kesan Natural

sekat ruangan

Ada jenis lain yang bisa dijadikan sekat simpel di apartemen, yaitu susunan bambu atau kayu. Jenis ini selain berfungsi sebagai pemisah ruangan, juga menambah estetika ruangan. Unit apartemenmu akan terlihat lebih menarik dan terlihat lebih natural. Pilih yang ukurannya tipis dan modelnya sederhana saja agar tidak terkesan “berat” di dalam apartemen.

4. Cermin Agar Ruang Terlihat Luas

Seperti yang kita tahu, cermin bisa memberikan efek yang lebih luas jika ditempatkan di dalam ruangan. Jadi meletakkannya di unit apartemen yang cenderung sempit adalah pilihan tepat.

Baca Juga :  Tips Dalam Memilih Gorden

Cermin bisa difungsikan sebagai pemisah ruangan juga. Fungsi cermin bisa bolak-balik atau di satu sisi saja. Letakkan cermin sebagai pemisah antara ruang tamu atau ruang depan dengan area pribadi.

5. Kaca Punya Kesan Transparan

sekat ruangan

Jika kurang suka dengan cermin yang memantul, kamu bisa gunakan kaca sebagai sekat ruangan. Kaca yang transparan akan memberi batas antar ruangan tapi tidak membuat apartemen menjadi sempit. Kaca bisa digunakan untuk memisahkan ruang tamu dan ruang TV. Bisa juga untuk memisahkan ruang TV dengan kamar tidur.

Jika kaca yang benar-benar transparan kurang memberi privasi, kamu bisa pilih jenis kaca yang bermotif. Ada fiberglass yang berserat atau jenis lainnya yang tidak transparan tapi tetap memberi kesan lebih luas.

6. Akuarium yang Menenangkan

sekat ruangan

Masih dari bahan kaca, sekat yang satu ini cocok untuk kamu yang hobi memelihara ikan. Akuarium bisa dipasang di antara 2 ruangan dan difungsikan sebagai sekat. Selain sebagai sekat ruangan, pemilik apartemen jadi bisa menyalurkan hobinya. Selain itu, ruangan jadi terlihat lebih segar dan alami dengan adanya akuarium.

Meletakkan akuarium di dalam rumah tentu butuh perawatan. Akuarium harus dibersihkan dan dikuras secara berkala. Karena itu, kamu harus benar-benar memiliki hobi memelihara ikan jika memilih akuarium sebagai sekat. Kalau tidak, sekat ruangan bukannya memperindah malah jadi membuat apartemen jadi kurang terurus.

7. Pintu Geser

sekat ruangan

Kalau unit apartemen cukup luas, Anda bisa menggunakan pintu sebagai sekat ruangan. Tapi gunakan jenis pintu geser yang tidak memakan ruang. Pilih pintu geser dari bahan kaca atau fiberglass agar ruangan tetap terlihat luas. Untuk lis pintu, bisa gunakan cat warna-warni sesuai selera. Misalnya warna cerah seperti kuning, merah, atau biru terang.

Baca Juga :  Menata Ruang Makan Agar Lebih Menarik & Nyaman

Pintu memang memberikan privasi lebih pada pemilik hunian. Meski ada tamu di unit apartemen yang tidak terlalu luas, dengan adanya pintu pemilik rumah masih punya area pribadi. Pintu geser cocok untuk memisahkan ruang TV dengan kamar tidur.

8. Besi yang punya kesan kuat

Kalau suka dengan sekat yang terlihat kuat? Maka besi yang sudah dibentuk sedemikian rupa bisa menjadi pilihan yang tepat. Sekat ruangan yang terbuat dari besi hanya akan memberikan pembatas satu ruang dengan ruang lain, tetapi tidak benar-benar terpisah. Sebab dari satu ruang ke ruang lain tetap terlihat.

Sekat besi cocok digunakan untuk memisahkan ruang TV dan kamar tidur di apartemen studio. Bisa juga jadi pemisah antara ruang TV dengan dapur di apartemen dengan 1 kamar tidur.

9. Rak Pajangan

Pajangan di apartemen ternyata juga bisa dijadikan sekat ruangan. Caranya adalah dengan meletakkannya di dalam satu rak dengan rapi. Rak bisa diposisikan di antara ruang tamu dengan ruang TV atau antara ruang TV dan area makan. Dengan begitu, ruangan tetap terlihat indah.

10. Rak Buku

sekat ruangan

Kamu punya koleksi buku, majalah, atau bahkan komik yang selama ini memenuhi apartemen? Nah, sekarang kamu bisa atur koleksi bukumu dan jadikan sekat ruangan. Caranya, letakkan koleksi buku di satu rak. Atur sesukamu, boleh dalam posisi berdiri atau ditumpuk. Tapi usahakan tetap rapi, ya.

11. Tanaman

sekat ruangan

Kali ini buat yang suka dengan tanaman. Bisa juga loh menjadikan tanaman sebagai sekat ruangan. Tanaman yang ukurannya kecil bisa diletakkan di rak. Tapi tanaman yang cukup besar cukup dibariskan saja potnya hingga membentuk sekat.

Yang perlu diingat, sesuaikan ukuran tanaman dengan unit apartemen. Jangan sampai terlalu besar juga.

Baca Juga :  Tips Menyekat Rumah Kecil

12. DIY Gantungan dari Kertas

Kalau kamu suka dengan proyek Do It Yourself alias DIY, sangat cocok menggunakan gantungan dari kertas sebagai pemisah ruangan. Tentu kertas yang digunakan harus yang cukup tebal agar lebih tahan lama.

Gunting kertas menjadi bentuk yang diinginkan, misalnya bulat, kotak, atau segitiga. Lalu susun dan jadikan gantungan.

13. Meja atau Rak TV

Unit apartemenmu sangat sempit karena sudah ada banyak barang? Kalau begitu manfaatkan furnitur yang ada saja. Misalnya rak atau meja TV. Posisikan sedemikian rupa agar bisa sekaligus menjadi sekat. Misalnya antara ruang tamu dengan ruang TV. Atau antara ruang makan dengan ruang TV.

14. Sekat Foto Penuh Kenangan

sekat ruangan

Kamu suka mengambil foto saat kapan pun dan di mana pun? Gunakan koleksi fotomu untuk dijadikan sekat ruangan. Saat ini ada sekat yang khusus didesain untuk jadi bingkai foto. Multifungsi dan ruangan jadi terlihat lebih hidup dan personal, bukan?

15. Lemari

sekat ruangan

Furnitur lain yang bisa dimanfaatkan sebagai pemisah ruangan adalah lemari. Jika ukuran apartemen cukup luas, boleh gunakan lemari besar berukuran tinggi. Tapi untuk unit apartemen tipe studio atau 1 kamar tidur, pilih saja lemari ukuran sedang. Tingginya pun cukup kira-kira 1 hingga 1,5 meter saja.

Tags: , , , , , , , , , , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp chat