Inspirasi Arsitektur Rumah Gaya Amerika

Jasa Bangun Rumah

Inspirasi Arsitektur Rumah Gaya Amerika

Inspirasi Arsitektur Rumah Gaya AmerikaINSPIRASI ARSITEKTUR RUMAH GAYA AMERIKA

 

 

Arsitek Indo Kontraktor – Berbicara tentang gaya rumah, sekarang arsitektur rumah amerika banyak menginspirasi rumah di Indonesia. Rumah di Indonesia mayoritas dipengaruhi oleh gaya rumah Eropa dan tempat lain. Berikut beberapa inspirasi arsitektur rumah bergaya Amerika yang mungkin cocok untuk rumah anda. Simak ulasan berikut

1. Gaya Neo Klasik

Arsitektur Rumah Gaya Amerika Pertama adalah model rumah dengan gaya neo klasik. Ungkapan neo sendiri sebenarnya berasal dari bahasa Inggris, new yang artinya baru. Gaya rumah ini sudah digunakan sejak tahun 1965 sampai sekarang. Gaya ini masih bisa terbagi menjadi beberapa model seperti Neo-Victoria, Neo-elektik, Neo-Mediteranian dan Neo-Traditional. Hal yang sangat menonjol dari gaya ini adalah rumah besar yang terdiri dari dua lantai lebih. Ternyata dalam sejarah Amerika, model rumah ini banyak dimiliki oleh penduduk yang makmur sampai bisa memiliki rumah yang besar.

2. Gaya Kolonial

Arsitektur Rumah Gaya Amerika Gaya arsitektur kolonial adalah salah satu model rumah yang sebenarnya berkembang ketika bangsa Amerika menghadapi penjahan bangsa Eropa. Tanpa disadari tradisi yang dibawa oleh penjajah Erope mempengaruhi bentuk bangunan rumah. Gaya rumah ini mulai dikenal sejak tahun 1600-an dan sampai sekarang juga masih banyak disukai. Bahkan salah satu model yang sangat terkenal sampai saat ini adalah Colonial Cape Cod.

Jika dilihat maka gaya rumah ini cenderung lebih tertutup meskipun memiliki pintu utama yang besar dan banyak jendela. Rumah biasanya terdiri dari dua atau tiga lantai. Warna rumah cenderung lebih pekat seperti eksterior coklat, warna kayu dan warna yang lebih gelap. Sementara kusen jendela dan pintu memiliki warna yang sama. Intinya tidak ada ciri-ciri rumah minimalis dalam model rumah ini.

3. Gaya Victorian

Arsitektur Rumah Gaya Amerika Gaya Victorian sebenarnya banyak diadaptasi dari model rumah Inggris. Model rumah ini paling banyak berkembang dari tahun 1838 sampai 1900. Namun sekarang model rumah ini juga banyak dipilih, terutama deretan komplek di kawasan Amerika Utara. Pada dasarnya gaya rumah Victoria juga terbagi menjadi beberapa model sesuai dengan ciri dan konsepnya. Misalnya seperti model rumah Gothic, Ratu Anne, dan gaya Romannesque. Dan sekarang model rumah ini bisa disesuaikan dengan ciri rumah tropis jika akan didirikan di Indonesia.

 

4. Rumah Gaya Zaman Emas

Arsitektur Rumah Gaya Amerika Amerika juga pernah mengalami masa yang dinamakan zaman emas. Dimasa ini banyak orang-orang kaya yang menginvestasikan uang untuk properti. Rumah dibuat dengan bentuk yang besar dan berkesan sangat megah dari luar. Bahan utama rumah adalah kombinasi dari kayu dan batu. Salah satu contoh rumah yang memiliki gaya megah ini seperti rumah milik Ernest Hemingway yang ada di Illinois. Bisa dibayangkan jika rumah ini berbentuk seperti kastil atau puri kecil yang nyaman. Tidak perlu pagar yang mengelilingi rumah dan semua halaman dipenuhi rumput hijau. Beranda rumah dibuat seperti bentuk setengah lingkaran dan ada jalan setapak menuju pintu utama rumah.

 

5. Rumah Gaya Indian

Arsitektur Rumah Gaya Amerika Rumah dengan gaya Indian sering juga disebut dengan rumah bergaya bungallow. Rumah ini memiliki arsitektur dasar yang sederhana, tidak mewah dan cenderung berkesan seperti rumah minimalis sederhana khas Indonesia. Ternyata model rumah ini sangat sesuai untuk model guesthouse. Dari luar maka arsitektur rumah cenderung sederhana, bergaya satu lantai, jendela utama lebar yang lebih menonjol dari pintu utama. Juga ada teras samping dan depan yang terpisahkan oleh ruang menjorok yang sering digunakan untuk ruang tamu.

 

6. Rumah Gaya Pertengahan Abad 20

Arsitektur Rumah Gaya Amerika Pada dasarnya saat memasuki pertengahan abad 20, warga Amerika dihadapkan pada depresi ekonomi akibat pemboman di Pearl Harbor. Akhirnya kondisi ini mempengaruhi bentuk rumah warga Amerika. Rumah dibuat dengan bentuk yang lebih sederhana. Model rumah ini banyak didirikan di pinggiran kota. Rumah sepenuhnya terbuat dari bahan kayu untuk dinding. Kemudian rumah hanya memiliki pintu utama dan jendela di setiap ruangan. Tidak ada teras dan hanya ada anak tangga kecil ke pintu utama. Model rumah ini sangat sederhana namun tetap terlihat menarik.

 

7. Rumah Pedesaan Gaya Koloni Belanda

Arsitektur Rumah Gaya Amerika Di Amerika juga ada rumah yang memiliki gaya atau bentuk pedesaan. Rumah ini banyak dipengaruhi oleh kedatangan koloni Belanda. Model utama rumah memang masih mengambil adaptasi dari abad pertengahan Eropa. Model rumah ini menggambarkan rumah sederhana namun dirawat dengan baik. Beberapa ciri khasnya seperti adanya cerobong besar di bagian tengah rumah, bentuk atap dua sisi, atap yang ke arah belakang lebih panjang dan jendela serta pintu panel yang sangat klasik.

 

8. Rumah Gaya Georgia

Arsitektur Rumah Gaya Amerika Rumah dengan gaya Georgia sebenarnya banyak mengambil nilai sejarah dari Inggris. Rumah ini terlihat kuno tapi sangat menarik karena sudah dibangun menjadi dua lantai. Rumah memiliki dua pintu utama yang terletak di bagian depan dan belakang rumah. Pintu utamanya terlihat sangat cantik dengan sedikit penutup pada bagian atas yang berfungsi melindungi tamu atau pemilik rumah ketika akan masuk rumah, terutama saat cuaca panas atau hujan. Sehingga tanpa teras saja rumah ini sangat menarik. Halaman rumah biasanya hanya ditumbuhi rumput dan bisa diberi pengaman berupa pagar kayu atau bambu.

 

Itulah beberapa arsitektur rumah gaya Amerika paling menawan. Anda bisa memilih mana gaya yang sesuai dengan kondisi rumah Anda. Semoga bermanfaat . . .

Tags: , ,

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp chat