Inspirasi Desain Mezzanine

Inspirasi Desain Mezzanine

Inspirasi Desain Mezzanine

mezzanine pada kamar tidur

Bangun Rumah JogjaMezzanine adalah kata yang berasal dari bahasa Italia yaitu “mezzo” atau berarti “bagian tengah.” Karena itu, istilah tersebut merujuk pada sisi tambahan dalam hunian yang berada di antara lantai dasar dan plafon atap bangunan. Dengan kata lain, bisa dibilang mezzanine adalah bagian yang berbentuk seperti balkon tetapi letaknya berada dalam ruangan. Untuk lebih jelasnya berikut kami akan membahas, bebarpa inspirasi desain mezzanine yang bisa anda simak penjelasanya di bawah ini!

 

 

Mezzanine untuk Interior Abad Pertengahan

mezzanine dengan desain interior sederhana

Rumah bergaya abad pertengahan ini memiliki mezzanine di atas dapur. Sebagai akses ke mezzanine ini, terdapat tangga dari material kayu tanpa pegangan. Selain hemat tempat, tampilan mezanine ini sangat serasi dengan gaya interior rumah secara keseluruhan. Mezzanine tersebut dilengkapi dengan dinding kaca yang sedikit terbuka untuk jalur keluar masuk.

Dengan penggunaan dinding kaca tersebut, kamu bisa melihat mezzanine dengan jelas dari lantai bawahnya. Jika dilihat melalui dinding kaca, pada mezzanine ini terdapat sofa bed, meja tv, dan hiasan dinding yang dekoratif. Area tersebut pun terlihat lebih lapang dan terang.

Mezzanine untuk Kamar Tidur Kakak-Beradik

mezzanine pada kamar tidur

Jumlah kamar yang terbatas seringkali memaksa kakak-beradik untuk berbagi ruangan kamar. Di Indonesia sendiri, hal tersebut sudah cukup lumrah. Meski begitu, jangan biarkan mereka merasa kehilangan privasi dan kekurangan ruang penyimpanan.

Sebagai solusinya, kamu bisa membuat mezzanine di dalam kamar tidur mereka. Mezzanine tersebut bisa dimanfaatkan sebagai area belajar atau ruang untuk menyimpan koleksi mainannya. Jangan lupa, gunakan furnitur multifungsi dan sederhana supaya kamar tidur ini lebih efisien dan tidak terlihat sumpek, ya!

Baca Juga :  5 Pilihan Desain Rumah Klasik

Mezzanine Minimalis dengan Langit-Langit Rendah

mezzanine minimalis pada kamar tidur dengan langit-langit rendah

Banyak orang yang ragu membuat mezzanine di tengah rumah dengan langit-langit rendah. Hal ini karena mereka takut rumah jadi terasa sempit dan kepala mudah terbentur langit-langit. Namun, pada kenyataannya tidaklah demikian, seperti yang terlihat pada model rumah minimalis di atas.

Lantai tambahan ini berada di atas ruang penyimpanan yang jarang dilalui. Dengan demikian, risiko kepala terbentur pun lebih kecil. Pada inspirasi ini, mezzanine dimanfaatkan sebagai area tidur. Langit-langit yang rendah tidak menjadi masalah karena kamu hanya berbaring di sana. Untuk lebih hemat tempat, minimalisir jumlah perabotan supaya kamu lebih leluasa bergerak. Cukup gunakan kasur dan lampu tidur saja pada mezzanine tersebut.

Mezzanine dengan Penerapan yang Efisien

mezzanine dengan konsep natural yang efisien

Untuk kamu yang tidak suka menyia-nyiakan spot di dalam rumah, desain mezzanine ini merupakan ide yang tepat karena akan membuat rumahmu lebih space-saving. Area di bawah mezzanine ini bisa digunakan untuk berlalu-lalang. Selain itu, kerangka penopangnya bisa dimanfaatkan menjadi lemari penyimpanan dan tangganya pun bisa difungsikan sebagai rak buku.

Bagian dinding pembatas pada mezzanine ini dibuat dari kawat besi dan tidak menyentuh langit-langit sehingga kamu dapat menggantungkan aneka tanaman hias gantung. Efisiennya lagi, mezzanine ini tidak menghalangi pencahayaan ke area lainnya sehingga suasana rumah tetap cerah.

Ruang Kerja dan Perpustakaan di Mezzanine

perpustakaan dan ruang kerja di mezzanine rumah

Ingin memiliki ruang kerja dan perpustakaan pribadi? Kamu bisa meniru desain mezzanine yang satu ini. Semua sudutnya disulap menjadi rak buku. Pada satu sisi terdapat meja dan kursi kerja yang bisa kamu manfaatkan sebagai area kerja pribadi.

Selain itu, di area tersebut juga terdapat model jendela dengan bingkai kayu yang berukuran cukup besar. Dengan demikian, saat merasa bosan bekerja, kamu bisa melihat pemandangan di luar rumah. Membaca buku di siang hari pun terasa nyaman karena suasananya terang dan asri. Tambahkan juga karpet supaya suasana lebih hangat dan nyaman sehingga kamu pun betah berlama-lama di mezzanine ini.

Baca Juga :  Ide Sekat Ruangan yang Bisa Kamu Aplikasikan di Apartemen

Mezzanine dengan Atap Segitiga

mezzanine bernuansa putih dengan atap segitiga

Membuat mezzanine beratap segitiga membutuhkan pertimbangan yang matang. Hal ini karena sisi kanan dan kiri sangat rendah sehingga jalur keluar masuk harus berada di tengah. Supaya tangganya tidak menghalangi jalur ke ruang di bawahnya, pilihlah tangga yang dapat digeser. Sementara itu, buatlah jendela di bagian atap sebagai sumber pencahayaan alami. Meskipun sedikit merepotkan dalam pemasangannya, tapi kamu akan mendapatkan kenyamanan yang sebanding.

Selain memilih desain mezzanine, perhatikanlah material dan konstruksi yang digunakan. Dengan demikian, mezzanine akan lebih awet dan aman bagi penghuni rumah. Sudah siap untuk membangun mezzanine impianmu?

Jangn lupa bacar artikel seputar home desain lainnya hanya di Arsitek Indo Kontraktor.

Tags: , , , , , , , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp chat