Inspirasi membangun Balkon Outdoor

Jasa Bangun Rumah

Inspirasi membangun Balkon Outdoor

Bangun Rumah Jogja – Untuk rumah yang memiliki 2 lantai atapun lebih, balkon sangat berperan penting. Entah seberapa besar balkon atau teras di lantai atas pasti akan memberi kesan nilai keindahan dan kebutuhan ruang untuk bisa berinteraksi dengan dunia luar sambil tetap mempertahankan privasi. Fungsi balkon sebenarnya sama seperti teras di bagian lantai dasar. Tetapi, dari segi view yang didapat, balkon mampu memberikan pandangan yang luas dari posisinya yang lebih tinggi. Info lebih lanjut KLIK DISINI!

Konsep Balkon Outdoor Rumah Cantik yang Inspiratif

1. Desain balkon rumah cantik nuansa terbuka

Mendesain balkon rumah cantik nuansa terbuka, jika kita memiliki lahan untuk balkon yang lebih luas. Sekaligus dapat kita gunakan sebagai ruang makan nuansa terbuka di rumah kita. Menikmati udara segar dan hangatnya matahari pagi tentu memiki sensasi yang berbeda.

Kita dapat menggunakan sofa yang nyaman untuk bersantai di balkon rumah, dan furniture kayu yang senada untuk meja dan kursi makan. Tambahkan beberapa tanaman hias pada sekeliling balkon untuk mempercantik desain. Sekedar untuk minim kopi dan bercengkerama bersama keluarga di waktu luang, akan menghangatkan suasana keluarga kita.

2. Desain balkon modern cantik untuk apartemen

Bagi mayarakat perkotaan, memiliki apartemen sebagai tempat tinggal sudah menjadi hal yang biasa. Kita dapat mmbuat desain balkon cantik di apartemen yang kita miliki, meskipun dengan keterbatasan ruang. Kita dapat memberi sekat pintu kaca lebar sebagai pemisah ruangan dalam dan balkon di luar ruangan. Gunakan tempat duduk semacam sofabed untuk bersantai sambil membaca buku. Atau melakukan hal lain seperti relaksasi dan yoga sambil menghirup udara segar pada pagi hari. Letakkan beberapa tanaman hias pada sudut- sudut balkon modern cantik di apartemen kita.

3. Desain balkon cantik alami nuansa putih

Desain balkon cantik yang satu ini menggunakan elemen alam seperti tanaman, pagar kayu, lantai kayu, furniture kayu, dan lain sebaginya. Kita dapat membuat desain pagar kayu berwarna putih, kemudian tempatkan tanaman berdaun merambat seperti tanaman anggur. Tanaman anggur ini selain dapat sebagai tanaman hias merambat di pagar yang cantik, juga dapat kita nikmati kesegaran buahnya. Gunakan furniture kursi dan meja berwarna putih dengan busa duduk yang nyaman. Untuk mebdesain flooring balkon cantik ini, kita dapat menggunakan kayu yang di yang di susun rapi.

4. Desain balkon cantik minimalis dengan taman vertikal

Untuk menyiasati ruang yang sempit yang akan kita gunakan sebagai balkon rumah, salah satunya adalah dengan membuat taman vertikal. Taman minimalis yang di penuhi tanaman hias di desain menempel pada salah satu sisi dinding rumah. Untuk tempat duduknya kita dapat memilih menggunakan desain yang unik. Misalnya ayunan gantung dengan busa duduk yang nyaman. Atau dapat juga kita menggunakan kursi kayu yang nyaman. Menggunakan lampu dengan sinar yang agak temaram dapat menambah suasana hangat balkon cantik dengan taman vertikal kita.

Jenis Balkon Outdor

1. Balkon sebagai kanopi lantai bawah

ADMA PROVENCE  di Jl.Abadi-Geger Kalong, Bandung karya RDMA tahun 2015 (Sumber: arsitag.com)

RDMA merancang balkon yang multi-fungsi, sebagai balkon sekaligus kanopi untuk teras di bawahnya, juga sebagai point of interest tampak muka bangunan. Balkon tampil unik dengan pola garis-garis vertikal pada balustrade/pagar balkon, berbeda dengan bagian dinding lainnya yang berpola kotak-kotak coklat.

2. Balkon kantilever

Swadaya House di Jakarta karya SUB tahun 2013 (Sumber: arsitag.com)

Balkon Swadaya House sangat keren dan tampil mewah dengan kantilever di lantai dua. Balkon kantilever berpadu apik dengan atap beton yang menyatu dengan dinding sehingga terlihat seperti origami.

3. Balkon berbeda untuk tiap ruang

The Line House at Kelapa Gading di Jakarta karya Julio Julianto tahun 2008 (Sumber: arsitag.com)

Balkon ini hadir sebagai perwujudan konsep The Line House at Kelapa Gading yang ingin menampilkan keindahan garis untuk membentuk kejelasan perspektif ruang. Rumah ini menampilkan begitu banyak garis sebagai karakter utama untuk tampak muka, dinding, lantai, jendela, dan pagar balkon. Keberadaan banyak balkon mempertegas konsep garis yang diusung dan menampilkan sisi keindahan desain modern.

4. Balkon beratap

IPCW Residence di Surabaya karya Ivan Priatman Architect tahun 2013 (Sumber: arsitag.com)

Ivan Priatman Architect benar-benar menjadikan balkon sebagai massa utama yang mendominasi keseluruhan desain bangunan IPCW Residence. Bahkan ukuran balkon dan atap yang menaunginya dibuat lebih besar dan lebih tinggi dari bagian lainnya.

5. Balkon sebagai penyejuk  

Rumah F karya Lewin Nuramin tahun 2015 (Sumber: arsitag.com)

Balkon Rumah F hadir di lantai 3, sengaja dibuat untuk memberi kesejukan dan keasrian serasa di lantai 1. Ketinggian pohon palem yang tidak mencapai lantai 3 disubstitusi dengan tanaman sirih-sirihan, teh-tehan, dan beringin putih.

6. Balkon yang dilengkapi taman dan area duduk

Omah Kawung at Jagakarsa di Jakarta karya imron yusuf-ifd architects tahun 2014 (Sumber: arsitag.com)

Rumah ini didesain dengan pola kawung jawa sebagai aksen unik yang menegaskan keberadaannya sebagai rumah tropis modern Jawa. Pada balkon,  Imron Yusuf-ifd architects mengolaborasi bahan alam seperti kayu dan batu alam. Balkon ini juga memiliki area duduk untuk bersantai lengkap dengan taman minimalis berhiaskan bunga lili lokal dan pohon tabebuia/sakura Indonesia.

Desain Balkon Outdoor

1. Desain Balkon Rumah Modern

Balkon Rumah Dekor Modern

Untuk memberikan kesan netral, desain balkon rumah modern seperti ini bisa jadi pilihan aman. Dengan detail yang minim serta elemen dekor yang tak berlebihan, desain balkon seperti ini bisa dipasangkan hampir pada semua tipe rumah.

2. Desain Balkon Rumah Klasik

Balkon Rumah Klasik

Ingin tampil klasik elegan dengan tampilan balkon? Hidupkan kembali elemen-elemen klasik pada balkon rumah seperti penggunaan railing besi dengan detail ulir yang klasik serta penggunaan plang sebagai material lantai kayu. Sempurnakan balkon dengan perabot dan dekorasi bernuansa klasik lainnya mulai dari lampu taman, kursi besi, dan aksesoris interior lainnya.

3. Balkon sekaligus selasar penghubung antar ruang

The Minimal White House at Jimbaran Asri di Bali karya Julio Julianto (Sumber: arsitag.com)

Julio Julianto merancang balkon sebagai selasar yang menginteraksikan interior dan eksterior. Lantai parket dengan susunan garis-garis sederhana berpadu serasi dengan kolom-kolom struktural. Keduanya memberikan sentuhan minimalis yang menghadirkan sistem pencahayaan dan penghawaan yang baik untuk ruang-ruang di sekelilingnya. Balkon ini menjadi tempat penghuni The Minimal White House at Jimbaran Asri bisa menikmati area terbuka di tengah rumah, suasana yang tenang, keindahan daun irish berhiaskan bunga kuning mungil yang cantik, dan gemericik air dari kolam yang ada di lantai dasar.

4. Desain Balkon Rumah Batu

Desain Balkon Rumah Batu

Balkon rumah juga bisa menjadi elemen dekoratif pada bangunan yang sangat menarik. Salah satu caranya adalah dengan memanfaatkan batu alam dan juga merancang kolam air dekorasi pada balkon rumah. Desain balkon seperti ini juga membantu memberikan view pada ruang-ruang yang berada di lantai atas rumahmu.

5. Balkon Nuansa Pantai Di Musim Panas

Balkon Pantai Musim Panas

bilang suasana pantai setiap hari tidak mungkin? Suasana pantai ini dapat diterapkan di balkon kecil dengan satu hammock, kursi kayu lipat dan beberapa bantal dekorasi. Alternatif lain adalah mengganti hammockdengan kursi gantung. Jika balkon tidak memiliki langit-langit, kursi gantung ayunan yang menggantung pada tiang kursi bisa dipakai.

6. Desain Balkon Rumah Terbuka

balkon Rumah Terbuka

Dengan penataan yang apik, balkon rumah bisa menjadi sebuah ruang tambahan bagi rumah yang sangat fungsional. Desain balkon terbuka yang bisa terhubung dengan ruang dalam rumah seperti ini contohnya. Dengan membuka sekat ruangan antara bagian dalam rumah dan balkon, kamu bisa mendapat ruang tambahan yang fungsional.

7. Desain Balkon Rumah Klasik

Balkon Rumah Klasik

Ingin tampil klasik elegan dengan tampilan balkon? Hidupkan kembali elemen-elemen klasik pada balkon rumah seperti penggunaan railing besi dengan detail ulir yang klasik serta penggunaan plang sebagai material lantai kayu. Sempurnakan balkon dengan perabot dan dekorasi bernuansa klasik lainnya mulai dari lampu taman, kursi besi, dan aksesoris interior lainnya.

Semoga Bermanfaat 🙂

 

Tags: , , , , , , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp chat