Kenali Dulu Fungsi dan Jenisnya untuk Plafon

Kenali Dulu Fungsi dan Jenisnya untuk Plafon

Kenali Dulu Fungsi dan Jenisnya untuk Plafon

Arsitek Indo Kontraktor I Jasa Arsitek dan Kontraktorpenggunaan plafon sendiri banyak dilakukan atau diaplikasiakan pada interior rumah guna membuat tampilannya lebih rapi dan menarik. jenis dari plafon sendiri punya banyak jenisnya, salah satu nya adalah jenis plafon pvc. plafon (plafond) merupakan salah satu bagian pada konstruksi sebuah bangunan yang digunakan sebagai penutup interior pada ruangan. ini juga istilah yang digunakan untuk menyebut langit – langit pada rumah. Yuk kenali dulu fungsi dan jenisnya untuk plafon

 

Jenis Plafon Berdasarkan Material

jenis plafon

Plafon Triplek

Jenis plafon berbahan triplek biasanya dibanderol dengan harga murah. Plafon triplek bersifat fleksibel, bobotnya sangat ringan dan umumnya memiliki ketebalan sekitar 2 hingga 5 mm.

Kelebihan plafon triplek adalah mudah dibentuk dan dipasang. Namun ada juga kekurangannya, yaitu daya tahan plafon triplek terhadap air dan api kurang meskipun mampu menopang beban ringan.

Plafon Polyvinyl Chloride

Jenis plafon berbahan polyvinyl chloride atau disingkat PVC umumnya dijual dalam keadaan tinggal pasang dan memiliki banyak kelebihan. Plafon PVC biasanya dipasang di bangunan sekolah atau rumah sakit, tetapi rumah hunian juga banyak yang menggunakan jenis plafon yang satu ini.

Kelebihan plafon PVC di antaranya lebih tahan air dan rayap, lebih lentur, dan lebih ringan dan pastinya lebih tahan lama. Kekurangan jenis plafon berbahan PVC, yaitu dari harganya cukup menguras dompet mengingat kualitasnya memang patut diacungi jempol.

Plafon Gypsum

jenis plafon

Salah satu jenis plafon yang paling sering digunakan adalah jenis plafon berbahan gypsum. Jenis plafon gypsum terbuat dari bebatuan sedimen dan sifatnya sangat mudah didekorasi sehingga ada berbagai model dan pola yang ditawarkan oleh produsen.

Baca Juga :  Yuk Bikin Kolam Renang Indoor di Dalam Rumah

Kelebihan plafon gypsum di antaranya pemasangan dan perawatannya mudah, harganya juga murah dan tidak mudah terbakar. Sementara kekurangannya adalah tidak tahan air dan benturan sehingga harus sangat berhati-hati saat memasangnya.

Plafon Kayu

jenis plafon

Jenis plafon berbahan kayu tidak boleh dilupakan, karena yang satu ini bisa menimbulkan kesan yang sangat rapi untuk ruangan. Plafon kayu juga bisa membuat penghuni rumah lebih betah karena ruangan akan menjadi lebih natural dan hangat. Jenis plafon yang satu ini menawarkan nilai estetis yang lebih menarik daripada jenis plafon lainnya.

Namun, harganya sangat mahal serta dari segi pemasangan dan perawatan plafon kayu lebih rumit.

Plafon Asbes atau Eternit

Selanjutnya adalah jenis plafon berbahan asbes atau disebut juga eternit. Plafon yang satu ini mudah sekali ditemukan di toko bangunan terdekat. Bahannya ringan sehingga tidak membutuhkan rangka plafon yang terlalu kuat.

Kelebihan plafon asbes di antaranya pemasangannya mudah dan cepat, serta apabila terjadi kerusakan plafon penggantiannya tidak rumit. Namun sama seperti plafon gipsum, plafon asbes juga mudah rusak dan tidak tahan terhadap benturan.

Plafon Glass Fiber Reinforced Cement (GRC)

Ya seperti namanya, jenis plafon berbahan glassfiber reinforced cement alias GRC terbuat dari campuran serat dan semen. Berkat kandungan glassfiber di dalamnya, plafon GRC bersifat lebih luwes dan bisa melengkung mengikuti bentuk-bentuk tertentu sehingga mudah dipasang.

Jenis plafon GRC biasanya dipasang di ruangan basah atau ruangan dengan kelembapan tinggi, karena memiliki daya serap tinggi dan lebih tahan air.

Namun, harga plafon GRC relatif lebih mahal karena sulit dibuat secara manual tanpa seorang ahli yang handal.

Plafon Metal

Jenis plafon ini semua panelnya terbuat dari bahan baja atau lempengan metal tipis. Baja tersebut diembos dan dicetak dalam berbagai ukuran dan motif dengan finishing cat minyak beragam warna.

Baca Juga :  Tips Keramik Untuk Rumah

Jika mengingat materialnya, maka jenis plafon yang satu ini sangat tahan air, api, rayap dan benturan sehingga lebih awet.

Namun sayangnya, harga plafon metal cukup menguras dompet, untuk pengerjaannya juga tidak semudah membalikan telapak tangan.

Plafon Akustik

Plafon akustik merupakan jenis plafon yang sangat cocok untuk meredam kebisingan dari luar dan dalam ruangan. Jenis plafon yang satu ini biasanya dipasang menggunakan kerangka kayu maupun bahan metal sehingga lebih fleksibel dan bebannya lebih ringan

Kelebihan plafon akustik, yaitu memasang dan menggantinya lebih mudah dan cepat dan bahannya lebih antikarat.

Plafon akustik sering kita jumpai di gedung-gedung perkantoran modern, studio musik, ruang rapat, bioskop dan ruang-ruang privat lainnya.

Tags: , , , , , , , , , , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp chat