Manfaat Menggunakan Batako

Jasa Bangun Rumah

Manfaat Menggunakan Batako

Manfaat Menggunakan Batako

Batako – Dinding merupakan pondasi yang utama bagi rumah. Ada banyak bahan yang bisa digunakan untuk membangun dinding seperti batu bata, batako, bata ringan, dan lain sebagainya. Adanya berbagai bahan yang ditawarkan membuat bingung untuk memilih bahan apa yang bagus dan cocok untuk rumahnya. Nah, saat ini saya akan membahas tentang batako. Yuk disimak apasih kelebihan apabila anda ingin menggunakan batako !

Material dinding menggunakan batako press biasanya dibuat dari campuran semen dan pasir kasar yang di cetak padat (di press). Selain itu, ada juga yang mencampurkan bahannya dengan batu tras, kapur, air, hingga semen dan batu bara. Dengan bahan tersebut seringkali terdapat keretakan di dinding. Batako press dipilih untuk memperingan beban struktur bangunan dan mengurangi adanya sisa material saat pembuatan dinding.

– Kelebihan Batako

  1. Ukurannya lebih besar daripada bata merah sehingga membutuhkan lebih sedikit batako dan material perekat saat pembangunan.
  2. Ukurannya cenderung sama dan cetakannya lebih rapi dibandingkan bata merah.
  3. Dengan ukuran yang lebih besar, maka akan menghemat waktu dan tenaga saat melakukan pembangunan.
  4. Lebih mudah dipotong dengan rapi.
  5. Kedap air sehingga meminimalisir perembesan air hujan.
  6. Lebih ringan dibandingan bata merah (karena ada rongga di bagian tengah/dalam).
  7. Penggunaan material batako, karena bentuknya yang rata dan halus, ketika dipasang (diikat) oleh seorang tukang yang rapi, tentu tidak di perlukan dinding untuk di plester, sehingga ada penghematan biaya untuk plester.
  8. Terdapat jenis batako yang memiliki lubang di tengah (hollow block) yang bisa digunakan sebagai isolasi udara untuk dinding rumah minimalis Anda.

Nah, sekian alasan mengenai kelebihan batako untuk mendirikan dinding rumah. Namun setiap bahan pasti masih memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Semoga bermanfaat ya.

Tags: , , , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp chat