Plus Minus Kaca yang Digunakan untuk Bangunan

Jasa Bangun Rumah

Plus Minus Kaca yang Digunakan untuk Bangunan

Plus Minus Kaca yang Digunakan untuk Bangunan

Bangun Rumah Jogja – Kaca sering digunkan dalam sebuah bangunan, entah itu digunakan untuk kaca jendela atau digunakan untuk sekat pembatas antar ruang, bisa juga digunakan untuk pintu. Selain bisa digunakan seperti yang disebutkan sebelumnya, kaca juga dapat memaksimalkan intensitas cahaya yang masuk ke dalam bangunan. Kaca juga memiliki nilai plus dan minus. Untuk itu, artikel ini akan membahas tentang plus minus kaca

Nilai Plus dari Kaca :

  1. Kaca mempunyai ketahanan yang sangat baik terhadap abrasi. Kaca tidak terpengaruh dengan bahan kimia, pelarut, minyak, dan cairan pembersih.
  2. Kaca mudah sekali dibersihkan. Anda bisa membersihkan permukaan kaca cukup dengan mengelapnya memakai kain lap.
    Kaca tidak memiliki masalah pada degradasi sinar ultraviolet. Beberapa jenis kaca juga mempunyai kemampuan menahan gelombang infrared.
  3. Kaca bisa digunakan dalam jangka waktu yang sangat lama tanpa mengalami perubahan sifat dan karakteristiknya.
  4. Kaca mempunyai tingkat kestabilan pada rentang temperatur yang relatif lebar. Material ini hanya bisa rusak pada suhu yang ekstrim.
  5. Kaca tersedia dalam beragam pilihan yang unik. Bahkan ada pula kaca yang dapat dibuat menjadi anak tangga karena saking kuatnya.
  6. Kaca mampu menampilkan keindahan yang tidak bisa dipancarkan oleh bahan yang lain. Satu-satunya bahan yang dapat menyaingi kaca adalah akrilik.
  7. Kaca tampak bening sehingga sanggup meneruskan cahaya dengan baik. Oleh sebab itu, pemakaian kaca dapat memberikan kesan ruangan yang luas dan terbuka.
  8. Kaca merupakan bahan bangunan yang sangat baik untuk pemanfaatan sebagai isolasi termal, penelitian air, dan konservasi energi.
  9. Kaca bisa menjadi sarana penghemat energi listrik, khususnya pada gedung-gedung perkantoran. Pemakaian kaca memungkinkan tidak diperlukannya lagi menyalakan lampu di siang hari karena ruangan sudah terang.

Nilai Minus dari Kaca :

  1. Kaca merupakan material yang cukup berat. Setidaknya bobot dari kaca ini lebih berat daripada plastik dan akrilik.
  2. Kaca bersifat getas yang membuatnya gampang sekali pecah apabila menerima tumbukan gaya, tekanan, atau beban.
  3. Kaca tergolong bahan bangunan yang harganya lumayan mahal. Jadi penggunaan kaca pada desain harus direncanakan dengan baik.
  4. Kaca yang jumlahnya terlalu banyak dapat mengurangi tingkat keamanan suatu bangunan, terutama bila tidak dipertimbangkan terlebih dahulu.
  5. Kaca mudah cepat kotor meskipun pembersihannya pun tidak terlalu sulit. Tetapi bagi Anda yang sibuk, kondisi ini tentu menjadi masalah.
  6. Kaca tidak aman untuk anak-anak. Anak Anda bisa saja memecahkan kaca tersebut dan terluka akibat serpihannya.
  7. Kaca selain meneruskan cahaya juga meneruskan panas. Pemasangan kaca yang berlebihan dapat membuat suasana interior terasa gerah.

Tags: , , ,

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp chat