Ruang Santai Keluarga Tampil Elegan dengan 5 Dekorasi Simpel Ini

Jasa Bangun Rumah

Ruang Santai Keluarga Tampil Elegan dengan 5 Dekorasi Simpel Ini

Ruang Santai Keluarga Tampil Elegan dengan 5 Dekorasi Simpel Ini

Arsitek Indo Kontraktor I Jasa Arsitek dan KontraktorBagi keluarga baru, momen bersantai bersama anggota keluarga di rumah adalah yang paling dinantikan. Salah satu ruangan yang tepat untuk berkumpul adalah ruang keluarga. Interior ruang keluarga ini tidak hanya harus disesuaikan dengan konsep rumah secara keseluruhan, melainkan juga disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing anggota keluarga. Jangan sampai ada anggota keluarga yang merasa kurang nyaman dengan interior ruang keluarga tersebut. Berikut ini ruang santai keluarga tampil elegan dengan 5 dekorasi simpel ini.

Bantal Kursi

Ruang santai keluarga biasanya dilengkapi dengan sofa yang digunakan untuk duduk bersenda gurau bersama keluarga. Untuk kenyamanan dan keindahan yang maksimal kamu bisa lengkapi dengan bantal berukuran sedang. Tapi, dalam pemilihan bantal tidak sembarangan, kamu harus memperhatikan keterpaduan dengan desain interior ruangan dan furniture yang ada di dalam ruang santai keluarga.

Mungkin selama ini kamu hanya berpikir kalau setiap barang dekorasi ruang keluarga harus satu warna. Memang benar kalau warnanya hanya satu rupa bisa membuat ruang santai keluarga terlihat elok dan menarik. Tapi, kamu tidak harus memilih wanita yang selalu sama. Misalnya karena sifat berwarna biru, maka kamu pilih bantal berwarna biru juga. Sebenarnya, kamu masih bisa memilih bantal-bantal yang memiliki warna mencolok dibanding barang lainnya. Misalnya memilih bantal berwarna cerah seperti putih, abu-abu, atau kuning.

Hanya saja, perlu kamu ingat kalau desain interior ruang santai keluarga di rumahmu berdesain klasik atau scandinavian, jangan sekali-kali memilih warna yang berani. Jangan gunakan warna bantal merah, hitam, atau biru. Warna-warna tersebut justru akan membuat desain ruang santai keluarga terkesan membosankan dan menjadi kurang nyaman. Maka dari itu, opsi pemilihan warna bantal yang kamu pilih adalah warna yang senada dengan warna interior ruangan atau warna-warna mencolok yang terkesan cerah.

Baca Juga :  Mengenal Furniture Dari Tanah Liat dan Ragam Manfaatnya

Selain warna, kamu juga harus memperhatikan jumlah bantal yang ada. Untuk menentukan jumlahnya, kamu harus memastikan komposisi sofa yang ada. Untuk sofa dengan kapasitas 3 orang, kamu bisa menggunakan 2 bantal serupa. Namun, untuk sofa dengan kapasitas 2 orang, 1 bantal saja sudah cukup

Tanaman Hias

Tanaman hias merupakan dekorasi yang tidak kalah penting untuk membuat ruang santai keluarga lebih elegan dan nyaman. Selain itu, ada banyak manfaat yang akan kamu dapatkan, khususnya dari segi kesehatan. Beberapa jenis tanaman hias bisa menghisap debu dan membersihkan udara dari karbon monoksida maupun gas-gas beracun lainnya. Jadi, dengan menggunakan tanaman hias, maka udara di dalam ruang santai keluarga tetap bersih dan tentunya membuat kamu dan keluarga tetap sehat.

Ada banyak jenis tanaman hias yang bisa kamu pilih untuk dekorasi ruang santai keluarga. Misalnya tanaman karet, sri rejeki, peace lily, lidah mertua, bambu, dan lain sebagainya. Tapi kamu harus perhatikan media tanam yang digunakan dan tata letak tanaman hias tersebut.
Media tanam yang digunakan bisa pot yang diberi tanah dan pupuk bisa juga dengan toples yang berisi air.

Untuk media pot dan tanah tentunya akan membuat tanaman bisa bertahan hidup lebih lama. Hanya saja kamu harus melakukan perawatan, setidaknya melakukan penyiraman dan pemangkasan secara rutin. Selain itu, kamu juga harus memperhatikan kebutuhan asupan cahaya. Sedangkan untuk tanaman dalam toples yang berisi air, tanaman tidak akan bertahan lama sehingga kamu harus mengganti dengan tanaman yang baru ketika sudah layu atau mati.

Untuk dekorasi yang maksimal, sebaiknya kamu menggunakan tanaman hias pada media tanam berupa pot. Selanjutnya, kamu perhatikan tata letaknya. Jika kamu memilih bunga peace lily atau lidah mertua, kamu bisa menanam dalam pot, kemudian meletakkan di salah satu sudut ruangan. Tapi, jika kamu menggunakan tanaman hias seperti spider plant, kamu bisa menggantung pot di salah satu dinding.

Baca Juga :  Tips Memilih Sofa Minimalis Modern untuk Ruang Tamu Kecil

Foto

PINTEREST

Bagian dari sebuah ruangan yang harus ada dekorasinya adalah dinding. Jika dinding ruang santai keluarga tidak diberi benda dekorasi, maka keadaan ruangan akan membosankan. Dinding yang polos akan membuat beberapa efek negatif seperti jenuh dan mengantuk. Maka dari itu, kamu perhatikan dinding di ruang santai keluarga sehingga bersama keluarga menjadi semakin menyenangkan.

Salah satu benda wajib yang harus ada di dinding ruang santai keluarga adalah foto yang diberi pigura atau bingkai. Kamu bisa menempelkan foto keluarga dengan ukuran 8R sampai 10R. Selain untuk dekorasi, adanya kolase bingkai foto keluarga tentunya akan menyimpan banyak kenangan keluarga yang penuh kebahagiaan.

Kamu hanya cukup memajang beberapa foto di salah satu dinding dengan susunan yang tepat. Tidak disarankan untuk memajang foto di setiap posisi dinding. Pilihlah salah satu sisi dinding, misalnya dinding yang berhadapan dengan posisi sofa atau salah satu sisi samping sofa.

Jam Dinding

Jam dinding merupakan benda dekorasi yang juga sangat penting untuk penunjuk waktu. Jika salah satu sisi dinding sudah dipajang foto keluarga, maka pada sisi dinding yang lain bisa diberi jam dinding. Jam dinding secara khusus memang lebih ditekankan pada fungsinya untuk menunjukkan waktu.

Namun, sekarang ada banyak desain jam dinding yang sangat cocok untuk dekorasi. Kamu bisa pilih salah satu jam dinding dengan desain yang unik. Saat memilih jam dinding, pastikan warnanya lebih mencolok dari warna cat dinding ruangan supaya memberikan kesan yang lebih dinamis.

Pengharum Ruangan Elektrik

Ruang Santai Keluarga

Benda yang satu ini dianggap sepele oleh kebanyakan orang. Padahal, pengharum ruangan sangat dibutuhkan untuk memberikan aroma sedap di dalam ruangan. Jika aroma di dalam ruangan baik, maka sudah dipastikan kamu akan betah di dalamnya. Ruang santai keluarga biasanya berada di tengah-tengah sehingga sirkulasi udara sangat sulit didapatkan. Ruang santai keluarga rawan terhadap udara yang pengap dan bau tidak sedap.

Baca Juga :  Ini Desain Rumah Tropis Modern yang Cocok Iklim Indonesia

Tags: , , , , , , , , , , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp chat