Solusi Menata Ruang Makan Minimalis Untuk Apartemen

Solusi Menata Ruang Makan Minimalis Untuk Apartemen

Solusi Menata Ruang Makan Minimalis Untuk Apartemen

Arsitek Indo Kontraktor I Jasa Arsitek dan KontraktorTinggal di apartemen sering kali membuat penghuninya jadi lebih kreatif. Misalnya, ketika Anda menginginkan ruang makan minimalis di apartemen yang tidak begitu luas. Sebenarnya ini bukan hal yang sulit, yang perlu dilakukan adalah memaksimalkan fungsi dan memilih furniture yang tepat. Inilah solusi menata ruang makan minimalis untuk apartemen.

 

Menata Ruang Makan Minimalis dan Elegan

Sayangnya, kalau kamu tinggal di unit apartemen, tentu akan sulit untuk mendapatkan fasilitas ruang makan ini. Padahal, mungkin saja kamu ingin memiliki ruang makan minimalis supaya bisa menikmati makan bersama keluarga setiap saat. Kalau kamu merasa keberadaan ruang makan di unit apartemen sangat penting, maka kali ini SpaceStock akan memberikan solusi yang terbaik buatmu.

Meja Makan Lipat

Ruang apartemen yang kamu tempati memang tidak menyediakan ruang makan. Tapi, kamu masih bisa menikmati makan bersama keluarga dan merasakan kehangatan yang dalam. Solusi pertama untuk masalah ruang makan yang bisa kamu lakukan adalah dengan menggunakan meja makan lipat.

Ide ini pertama kali dilakukan oleh Danielle Armstrong, seorang desainer alas New York. Sadar kalau ruang apartemen yang ditempati tidak memungkinkan untuk sebuah ruang makan, maka dia membuat meja makan lipat yang bisa digunakan saat dibutuhkan dan dilipat kemudian disimpan saat telah digunakan. Jadi, kamu bisa tiru cara ini dengan memanfaatkan meja makan lipat. Sekarang sudah banyak yang menjual meja makan lipat ini, bahkan kamu bisa mendapatkannya melalui marketplace secara online. Dengan meja lipat ini, kamu tidak perlu khawatir ruang apartemen menjadi semakin sempit dan kamu tetap bisa makan bersama keluarga dengan meriah.

Baca Juga :  Cara Mudah Membersihkan Kaca Jendela

Meja Tarik

ruang makan minimalis

Solusi kedua sebagai ganti ruang makan di apartemen adalah menggunakan meja tarik. Sama halnya dengan meja lipat, meja tarik ini tidak membutuhkan banyak space di dalam unit. Meja tarik bisa disimpan setelah digunakan, yaitu dengan mendorong masuk di bawah laci dapur.

Meja tarik pertama kali dirancang oleh warga Swedia karena ingin menghemat penggunaan ruang di unit apartemennya. Konsep dari meja tarik ini adalah dibangun di tengah-tengah laci yang terdapat pada dapur kemudian mendorongnya masuk setelah digunakan. Untuk mendapatkan meja jenis ini memang sangat sulit karena jarang ada yang menjualnya. Tapi, kamu bisa minta bantuan desainer untuk membuatnya.

Cafe Corner

ruang makan minimalis

Kalau kamu suka dengan nuansa cafe, maka kamu bisa menerapkan konsep cafe corner untuk mengatasi masalah ruang makan di apartemen. Ide ini pertama kali dibuat oleh seorang desainer bernama Tiffany, dari blog yang dibuatnya, dia membuat ide cafe corner karena tidak mempunyai ruang makan di apartemennya. Inspirasi ini diwujudkan dengan membuat meja bar di sudut jendela pada unit apartemennya dan menambahkan kursi tinggi berwarna.

Dengan demikian, kamu masih bisa makan bersama di apartemen. Ketika makan, kamu akan merasakan nuansa yang berbeda karena menghadap ke luar jendela. Kamu bisa makan dan minum sambil menikmati pemandangan kota atau pemandangan lain sesuai dengan lanskap apartemen tempat tinggalmu.

Cafe corner bisa kamu buat sendiri tanpa bantuan desainer. Kamu hanya perlu menyiapkan kayu untuk membuat meja yang ditempatkan di bawah jendela dan kemudian menyediakan 2 atau 3 kursi. Buat kamu yang butuh ruang makan, Cafe corner bisa jadi solusi yang tepat karena mudah dibuat dan diaplikasikan.

Baca Juga :  Desain Interior Vintage

Menggunakan Konsep Open Plan

Ruangan di apartemen sangat terbatas di apartemen, maka pembatas formal antar ruang cenderung ditiadakan. Namun, justru ruang terbatas ini tersebut memaksa kamu tidak membangun sekat yang masif. Maka dari itu, solusi agar kamu bisa memiliki ruang makan di apartemen adalah menerapkan konsep open plan. Hanya dengan cara demikian, kamu bisa memiliki ruang makan tanpa harus terhambat dalam bergerak.

Kamu bisa menuju dapur, ruang makan, dan ruang lainnya di dalam unit apartemen hanya beberapa langkah saja. Pembeda fungsi antarruang bisa dilakukan dengan memainkan pilihan tema pada setiap ruang atau dari pilihan furniture yang digunakan. Untuk konsep open plan ini, sangat disarankan untuk memilih meja makan dan furniture lainnya yang memiliki ukuran terjangkau.

Konsep Ruang Makan Khas Jepang

ruang makan minimalis

Solusi keterbatasan ruang makan untuk apartemen bisa kamu atasi dengan konsep ruang makan khas Jepang. Ruang makan minimalis bergaya Jepang secara umum memang dikenal dengan desain berupa ornamen dan pernak-pernik khas Jepang. Tapi, bukan pada ornamen dan desain yang perlu diperhatikan. Pada umumnya konsep penataan ruang makan khas Jepang selalu kental dengan sesuatu yang simple, natural, dan juga tertata dengan sangat rapi. Dari tiga hal tersebut, maka bisa kamu jadikan solusi untuk mengatasi kebutuhan ruang makan di apartemen.

Orang Jepang sangat menjunjung tinggi kebudayaan, sehingga filosofi yang didengar dari para pendahulunya akan tetap masuk ke dalam ingatan. Banyak orang yang percaya kalau ruang makan khas Jepang memberikan kesan yang menarik, alami dari dan mampu memberikan keberuntungan yang baik bagi penghuninya.

Tags: , , , , , , , , , , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp chat