Tips Agar Kamar Tidak Terasa Pengap

Jasa Bangun Rumah

Tips Agar Kamar Tidak Terasa Pengap

Tips Agar Kamar Tidak Terasa Pengap

Arsitek Indo Kontraktor – Kamar sempit, banyak barang, tidak ada jendela membuat kamar terasa sangat pengap terlebih lagi bagi anak kos yang rata rata mempunyai kamar yang kecil dan sempit. Disini aku akan mengshare tips agar kamar tidak terasa pengap.

 

1. Pilih Perabotan Secara Tepat

(Photo: iStock)

Menyewa kamar kost memang berbeda dengan menyewa sebuah rumah kontrakan. Jika kamu tinggal di kamar indekost, maka yang kamu dapatkan hanya sebuah ruang tidur saja. Namun, apabila kamu menyewa rumah kontrakan, maka yang kamu dapatkan adalah seluruh ruangan yang ada di dalam rumah tersebut. Oleh sebab itulah, space ruangan yang ada pada kamar kost pasti lebih terbatas. Gunakan perabotan yang simple, serta hindari penggunaan material perabotan yang bertekstur dan berpola. Pasalnya, perabotan tersebut akan memenuhi space kamar dan mempersempit ruang gerak. Maka dari itu, agar kamar tidak pengap serta terlihat sesak, pilihlah perabotan dengan desain minimalis dan juga simpel.

2. Jangan Menempatkan Terlalu Banyak Barang

(Photo: iStock)

Keterbatasan ruang pada kamar kost membuat orang-orang menempatkan segala perabotannya di dalam ruangan tersebut. Padahal, semakin banyak perabotan yang kamu tumpuk di dalam kamar kostmu, maka semakin sumpek dan pengap pulalah suasana kamar itu. Oleh karenanya, agar kamar tidak pengap dan panas, sortir barang-barang yang memang kamu butuhkan untuk ditempatkan di dalam ruang kamar. Jika ada barang yang tidak terlalu penting, kamu bisa menitipkannya di gudang kost (jika ada), menyumbangkannya, atau bahkan menjualnya. Lumayan kan, daripada disimpan dan berdebu, lebih baik barang tersebut kamu uangkan.

3. Gunakan Wall Bookshelf

(Photo: iStock)

Mahasiswa biasanya memiliki buku pelajaran yang banyak, bukan? Daripada kamu menumpukkannya secara tidak beraturan, lebih baik tempatkan buku-bukumu pada wall bookshelf atau rak buku dinding. Dengan begitu, buku-bukumu tersebut tidak akan berserakan di atas lantai, serta membuat ruangan menjadi lebih rapi dan luas. Sebab, penggunaan rak dinding berfungsi untuk memanfaatkan ruang kosong pada dinding ruangan. Selain itu, agar kamar tidak pengap, kamu juga bisa menempatkan segala pernak-pernik lainnya pada rak dinding tersebut.

4. Menggunakan Lampu Ber-watt Kecil

(Photo: iStock)

Cara berikutnya agar kamar tidak pengap dan panas adalah dengan meminimalisir penggunaan lampu pada kamar kost-an. Penggunaan lampu yang terlalu banyak membuat ruangan terasa lebih panas, oleh sebab itu, matikan lampu pada saat siang hari. Jika terasa gelap, bukalah pintu kamarmu selebar-lebarnya, agar cahaya dari luar dapat masuk ke dalam kamar. Jika perlu, ganti pencahayaan kamar dengan lampu ber-watt kecil, atau dengan lampu cabai (lampu tumblr) sebagai pencahayaan pada saat malam hari. Selain agar kamar tidak pengap dan panas, penggunaan lampu ber-watt kecil dapat menghemat penggunaan daya listrik sehari-hari. Sehingga, tagihan listrikmu akan terasa lebih murah. Bahkan, penggunaan lampu tumblr juga dapat difungsikan sebagai dekorasi kamar yang keren, lho.

5. Atur Letak Kipas Angin

(Photo: iStock)

Kipas angin memang menjadi solusi untuk kamu yang ingin memiliki penyejuk ruangan, namun memiliki budget yang terbatas untuk membeli sebuah AC. Namun, pernahkah kamu merasa bahwa kipas angin yang kamu gunakan justru mengeluarkan udara panas daripada menyejukkan ruangan? Hal ini terjadi karena kamu salah dalam meletakkan kipas angin tersebut. Kipas angin sendiri sebenarnya hanya mereduksi suhu yang terdapat di dalam ruangan. Jika kamarmu terasa panas, maka angin yang dihasilkan oleh kipas angin tersebut juga terasa panas. Agar kamar tidak pengap dan panas, maka arahkan kipas menghadap ke dinding yang berlawanan dengan tempat tidur dan duduk, sehingga sirkulasi udara yang dikeluarkan kipas angin menjadi lebih baik.

6. Merakit AC Buatan Sebagai Penyejuk Ruangan

(Photo: YouTube)

Selain meletakkan kipas angin dengan cara yang tepat, kamu juga bisa lho, memanfaatkan kipas angin tersebut sebagai AC buatan. Cara membuatnya cukup mudah, barang-barang yang kamu butuhkan juga gampang untuk ditemukan, seperti kipas angin, tali rafia, 2 botol plastik bekas, cutter, paku, dan beberapa buah es batu. Setelah menyiapkan segala barang yang dibutuhkan untuk merakit sebuah AC buatan, saatnya kamu mengetahui langkah-langkah dalam pembuatan AC DIY tersebut:

  1. Gunting sebanyak 3/4 bagian bawah botol menggunakan cutter;

  2. Selanjutnya, buat lubang-lubang di bagian tengah badan botol menggunakan paku;

  3. Jika sudah, ikat botol dalam kondisi terbalik ke bagian motor kipas menggunakan tali rafia, masukkan tali rafia ke salah satu lubang botol, kemudian ikatkan di sela-sela kipas tersebut;

  4. Apabila sudah terpasang dengan rapi, masukkan es batu secukupnya (jangan melebihi batas lubang-lubang pada botol) melalui bagian bawah botol yang tadi sudah digunting; dan

  5. Jika es sudah habis, isi kembali wadah tersebut dengan es batu yang baru.

Meskipun dibuat dengan bahan dan cara yang sangat sederhana, namun kipas angin ini terbukti ampuh sebagai cara agar kamar tidak pengap dan panas.

7. Ubah Cat Dinding Kamar dengan Warna Putih dan Warna Dingin

(Photo: iStock)

Meskipun warna putih berpotensi lebih cepat kotor daripada warna-warna lainnya, namun penggunaan warna cat putih pada kamar yang sempit akan membuat ruangan terkesan lebih lapang dan luas. Agar kamar tidak pengap dan terasa lebih dingin, gunakan pula kelompok warna yang dapat memberikan kesan sejuk pada ruangan, seperti hijau muda, biru muda, tosca, dan sebagainya. Jika perlu, sesuaikan juga warna perabotan dengan warna dinding kamar. Sehingga, tidak hanya memberi kesan lebih nyaman, desain kamarmu juga akan terlihat lebih indah.

8. Tempatkan Tanaman Hijau di Dalam Kamar

(Photo: iStock)

Penggunaan tanaman hijau memang dapat memberikan kesan sejuk dan asri pada ruangan sempit, seperti kamar kost-an. Namun, kamu juga tidak bisa sembarangan memilih tanaman yang akan ditempatkan di dalam kamarmu tersebut. Pilihlah tanaman berukuran kecil  atau sedang, yang potnya tidak akan memenuhi ruang kamar. Jangan sampai, niat baik agar kamar tidak pengap, malah terjadi sebaliknya, karena kamu salah dalam memilih tanaman yang ingin kamu simpan di dalam kamar. Selain itu, perlu diingat juga, karena pada saat malam tanaman akan mengeluarkan zat karbondioksida, yang berbahaya bagi kesehatan manusia, maka keluarkan tanaman tersebut sebelum kamu tidur ya. Setelah membaca penjabaran di atas, kamu tentu sudah mengerti dong, bagaimana cara menyiasati agar kamar tidak pengap dan panas?

Tidak hanya kamar kost, cara-cara di atas juga bisa kamu terapkan pada kamar pribadimu di rumah.

Tags: , ,

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp chat