Tips Desain Ruang Kantor Sehat untuk Cegah Penyebaran COVID-19

Tips Desain Ruang Kantor Sehat untuk Cegah Penyebaran COVID-19

Tips Desain Ruang Kantor Sehat untuk Cegah Penyebaran COVID-19

Arsitek Indo Kontraktor I Jasa Arsitek dan KontraktorKantor saat ini membuat berbagai langkah untuk memprioritaskan kesehatan di tempat kerja. Mulai dari memperhatikan karyawan yang pilek dan bersin hingga sampai tahap mencegah penyakit yang lain muncul. Dalam waktu ini, yang tengah maraknya penyebaran virus corona atau COVID-19, tempat kerja memang sangat menekankan kesehatan para karyawannya. Dengan mencegah hal-hal yang tidak diinginkan terjadi, kantor dapat meningkatkan produktivitas juga performa karyawan. Sudah bukan fakta baru lagi jika sebagian masyarakat yang bekerja menghabiskan waktu sekitar sembilan jam berada di dalam gedung kantor. Tempat itu pun menjadi rumah kedua. Apakah Anda termasuk? Jadi, penting sekali untuk memperhatikan bangunan dan desain interior dari sebuah kantor, apalagi di situasi seperti ini dengan adanya penyebaran virus corona. Berikut hal-hal yang harus Anda perhatikan di lingkungan kerja Anda agar karyawan yang lain dapat ikut inisiatif menerapkan hidup sehat ke dalam lingkungan kerja.

Syarat Desain Ruang Kantor Sehat

Jika kamu ingin menciptakan ruang kantor yang sehat, maka cobalah melakukan riset mengenai kondisi kesehatan karyawan di kantor terlebih dahulu. Apalagi kondisi yang sangat rawan dengan COVID-19 ini, karyawan yang bekerja di kantor harus mau saling terbuka dengan kondisinya demi kebaikan diri sendiri dan karyawan lainnya.

Selain itu, keluar dari para karyawan mungkin saja memiliki kaitan dengan kondisi ruang kantor dan bisa bisa kamu patokan dalam memperbaiki kondisi ruang kantor. Berikut ini, beberapa syarat penting dalam desain ruang kantor sehat yang perlu kamu perhatikan.

1. Kondisi Udara

Ruang kantor yang sehat, tentu karena kondisi udara yang bersih dan sehat pula. Sebagian besar ruang perkantoran di kota memang sudah dilengkapi dengan penyejuk udara. Tapi, dengan menggunakan mesin penyejuk udara pada akhirnya ruang kantor menjadi sangat tertutup rapat. Semua pintu, jendela, ataupun ventilasi selalu tertutup setiap hari. Sebenarnya, keadaan ini akan sangat mengganggu sirkulasi udara di dalam ruangan. Tidak bisa dihindari lagi bahwa saat ini setiap kantor memerlukan mesin penyejuk udara untuk kenyamanan kerja karyawan.

Baca Juga :  Tips Tangki Penampung Air Tidak Berlumut

Tapi, tanpa adanya sirkulasi udara akan sangat mempengaruhi kualitas udara di dalam ruangan. Untuk mengatasi hal ini, sebaiknya jendela kantor dibuka setiap hari Sabtu dan Minggu juga pada hari-hari libur kerja. Selain itu, perlu juga kamu perhatikan mengenai masalah polusi yang akan sangat mempengaruhi kondisi udara di dalam ruang kantor. Ruangan yang tertutup tidak menjadi udara di dalamnya bebas dari polutan.

Karena itu, diperlukan alat ampuh yang ramah lingkungan untuk mengatasi polutan di dalam ruangan. Kamu bisa menggunakan beberapa tanaman untuk media pembersih udara. Selain sebagai dekorasi dalam desain ruang kantor, tanaman sangat efektif untuk menjaga kebersihan udara di dalam ruangan. Rekomendasi tanaman yang bisa kamu pilih adalah tanaman lidah mertua, bambu, atau tanaman lain yang memiliki kualitas baik untuk dekorasi dan menahan polutan.

2. Pencahayaan

Sinar matahari sangat penting bagi tubuh manusia karena merupakan pensintesis vitamin D, pemicu aktifnya serotonin, dan anti-depresan natural di otak. Bahkan, cahaya matahari terbukti efektif dalam mencegah aktivitas virus di dalam tubuh. Maka itu, sebisa mungkin ruang kantor mendapat asupan cahaya matahari yang cukup.

Tapi, walau cahaya alami bagus jangan memaksa hanya mengandalkan sinar matahari saja. Kamu tetap butuh pencahayaan dari lampu yang cukup. Selain memberi nilai plus untuk dekorasi dalam desain ruang, cahaya lampu sangat diperlukan untuk bekerja di depan komputer dan untuk mencegah kerusakan mata.

3. Pemilihan Furniture

Pemilihan furniture yang digunakan di dalam kantor harus disesuaikan dengan postur dan dinamika tubuh orang yang menggunakannya. Furniture yang penting misalnya kursi untuk menopang tubuh selama jam kerja. Selain itu, ada juga meja yang digunakan untuk berbagai keperluan bekerja.

Baca Juga :  Sesuaikan Meja Makan Anda dengan Kondisi Ruangan

Di masa pandemi, pemilihan furniture harus tepat dan memenuhi standar social distancing. Ada baiknya, ketika menata furniture di dalam ruang kantor, kamu mempertimbangkan jarak antar furniture yang akan digunakan untuk bekerja oleh para karyawan.

Desain Ruang Kantor yang Ideal

Setelah tahu syarat-syarat ruang kantor yang sehat, sekarang kamu sudah bisa merancang desain ruang kantor sehat. Banyak desain ruang kantor sehat yang sudah populer. Kamu bisa pilih salah satu atau mencoba untuk mendesain dengan kreasi sendiri.

Namun, kamu tetap harus perhatikan syarat-syarat ruang kantor yang sehat. Kalau kamu masih bingung memilih desain ruang kantor sehat, berikut ini beberapa rekomendasi yang bisa kamu pilih.

1. Desain Open Plan Office

Salah satu tren desain ruang kantor yang baru-baru ini adalah area kantor tidak bersekat yang mengaplikasikan open plan office atau ruang kerja terbuka. Sebenarnya, ruang kantor ini diadopsi dari tata letak coworking space. Ruang kantor yang didesain dengan konsep open plan office bisa membuat hubungan antar karyawan yang bekerja menjadi lebih dekat sehingga kolaborasi makin meningkat. Selain itu, ruangan yang cukup luas dengan banyak space sangat mendukung untuk kesehatan karyawan.

Tata letak ruang kerja pada desain open plan office sangat efisien untuk ruang kantor karena dari sisi investasi dinilai lebih rendah dibandingkan dengan membangun kubikal atau ruangan. Tata ruang kerja open plan office terbilang simpel dan praktis, karena kamu cukup menyediakan satu atau beberapa unit meja yang menghampar di sebuah ruangan. Satu meja bisa digunakan untuk beberapa pekerja sekaligus.

Untuk kesan sehat dan elegan, kamu bisa menambahkan aksesori berupa beberapa tanaman dalam pot, penambahan rak-rak, penataan lampu, dan aksesoris ringan lainnya.

2. Desain Ruang Kantor Konferensi Natural

Desain ruang kantor sehat

Desain ruang kantor ini lebih menyerupai ruang meeting sehingga selain untuk bekerja juga cocok untuk kegiatan meeting berskala direksi dan komite. Pembahasan masalah yang ringan sampai pembahasan yang cukup mendalam bisa dilakukan dalam ruangan. Desain ruang kantor ini memiliki ciri meja persegi panjang yang diletakkan sebagai titik sentral kemudian dikelilingi oleh beberapa kursi.

Baca Juga :  Desain Rumah Ala Jepang

Dengan keadaan seperti ini, maka setiap karyawan akan tetap mudah untuk berkomunikasi dan bertukar pikiran. Ruang kerja ini memberikan kesan yang natural dengan warna lantai yang coklat senada dengan kursi dan meja dari kayu. Jendela yang terbuka lebar akan menyebabkan ruangan mendapatkan udara bersih dan cahaya yang cukup sehingga ruangan tidak sesak dan lebih terang. Dengan demikian, ruang kantor akan menjadi sehat dan elegan.

3. Desain Ruang Kantor Bernuansa Alam

Nuansa alam sudah pasti membuat hati tenteram dan damai. Nuansa alam juga selalu beriringan dengan masalah kesehatan. Kamu bisa memilih desain ruang kantor bernuansa alam dengan dekorasi beberapa pohon hijau. Setiap orang yang melihatnya pasti akan langsung terbawa ke dalam suasana alam dan akan semakin betah berlama-lama di kantor.

Dalam desain ini, sangat mengedepankan fungsi material kayu, misalnya untuk kursi dan meja. Tidak ada salahnya kamu memilih material rotan untuk kesan yang berbeda. Selain itu, dibutuhkan pula unsur air agar desain ruang kantor bernuansa alam dapat membawa kenyamanan yang lebih tinggi.

4. Desain Ruang Kantor Modern Futuristik

INHABITAT

Kamu masih bisa membuat kantor modern dari tampilan eksterior bergaya arsitektur modern futuristik dengan tetap mengusung desain ruang kantor sehat. Desain ini, akan memberikan motivasi agar setiap karyawan yang bekerja mau berusaha untuk maju sesuai perkembangan jaman.

Ciri khas dari desain ini adalah penggunaan interior yang fleksibel sehingga bisa digunakan untuk ruang kantor tertutup maupun ruang kantor terbuka. Dalam aplikasinya, kamu perlu memperhatikan semua fasilitas dan furniture yang baik. Ruang kantor modern futuristik terkenal sangat nyaman dan memiliki totalitas yang tinggi untuk menjaga kesehatan karyawan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp chat