Tips Memilih Tangki Penampung Air

Jasa Bangun Rumah

Tips Memilih Tangki Penampung Air

Tips Memilih Tangki Penampung Air

Bangun Rumah Jogja –  Penampung air atau biasa kita sebut tangki, tandon, atau toren itu menjadi sesuatu yang penting ada dalam setiap rumah. Jika kita tidak memliki tampungan air saat mati lampu kita tidak bisa menyalakan pompa air listrik.

Nah dengan tangki tersebut kita bisa mencadangkan air untuk beberapa waktu yang bisa kita gunakan kapan saja selagi persediaan masih ada. Jadi kita tidak perlu khawatir lagi karena tidak memiliki cadangan air saat listriknya mati. Nah kali ini kita kan membahas tips memilih tangki air untuk rumah Anda.

Tips Memilih Tangki Air untuk Rumah

 

1. Pilih Jenis Tangki Air Terbaik dan Tepat

Secara garis besar toren air dapat kamu bedakan menjadi 3 jenis berdasarkan material pembuatannya, yaitu:

  • Fiberglass
  • Stainless steel
  • Plastik PE (Polythylene).

Masing-masing jenis tangki air ini memiliki kelebihan dan kekurangan yang berbeda-beda, sehingga kamu harus menyesuaikan dengan kebutuhan dan keadaan budget kamu.

2. Sesuaikan Ukuran dengan Kebutuhan 

Cara memilih tangki air terbaik selanjutnya adalah dengan menentukan kapasitas yang dibutuhkan. Hal ini sangat penting karena kapasitas tangki yang sudah kamu hitung akan lebih tepat sasaran, pas dengan budget yang sudah kamu sediakan. Biasanya setiap orang membutuhkan air sebanyak 233 liter/hari.

3. Atur Volume Air dengan Pelampung Bola dan Radar

Agar volume air di dalam tangki mengatur secara otomatis, kamu bisa menggunakan pelampung bola dan radar. Pelampung bola ini akan mengambang di atas permukaan air yang terhubung dngan keran. Fungsinya untuk membuka dan menutup keran secara otomatis. Saat toren kosong, bola pelampung akan turun dan membuka keran hingga air penuh. Bola akan mengambang sampai batas yang sudah diatur sehingga menutup keran secara otomatis. Sedangkan pelampung bola radar bermanfaat untuk menarik tombol power pada pompa listrik.

Ada dua level ketinggian yang bisa diatur yakni level bawah yang akan membuat pelampung turun dan menarik tombol power sehingga pompa menyala. Kedua, level atas membuat pelampung melepas tombol power dan memutus sambungan listrik pada pompa.

4. Ciri-Ciri Tangki Air Terbaik

Sebuah tangki air dapat dikatakan punya kualitas baik bila memiliki dinding berlapis-lapis dan permukaan yang licin. Tangki air yang memiliki beberapa lapisan dinding sekaligus lebih tahan lama dibandingkan tang berdinding satu lapis. Ini disebabkan tangki tersebut lebih tahan terhadap suhu ekstrim, tidak gampang bocor tahan guncangan berskala besar hingga benturan yang cukup keras. Selain itu permukaan tangki yang licin pada bagian dalam sebaiknya kamu pilih. Karena permukaannya yang halus bakal memudahkan kamu untuk membersihkan tangki air.

5. Tangki Air Memiliki Tutup Berulir

Mengapa kamu harus memilih penutup tangki yang berulir? Agar kamu bisa memasangnya dengan kencang dan membuka tangki dengan mudah sewaktu-waktu diperlukan. Kualitas air yang disimpan di dalamnya pun akan terjamin.

Itulah beberapa tips memilih tangki untuk rumah Anda, Semoga Bermanfaat :))

Tags: , , ,

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp chat