Tips Merawat Langit Rumah

Jasa Bangun Rumah

Tips Merawat Langit Rumah

Tips Merawat Langit Rumah

Langit Rumah – Tak hanya berfungsi sebagai pelindung dari panas dan hujan. Langit-langit rumah atau dikenal dengan plafon ini juga berfungsi sebagai hiasan yang mampu mempercantik dekorasi suatu bangunan. Karenaitu merawat dan menjaga keindahan dan kebersihan harus selalu dilakukan agar langit-langit rumah sedap dipandang.

Berikut ada 3 cara yang bisa diterapkan untuk merawat langit-langit rumah agar tidak cepat rusak !

1. Bersihkan bercak noda

Saat hujan tiba, langit-langit rumah sangat berisiko terkena rembesan air hujan. Sebelum membenahi plafon yang terkena noda. Jika bercak cukup ringan hanya cukup melapisi permukaan plafon dengan cat. Namun, bila bercak dirasa cukup parah maka ada baiknya melakukan perbaikan.

2. Hilangkan jamur-jamur

Langir-langit rumah rentan ditumbuhi jamur. Guna mencegahnya bisa memasang dehumidifier ( sebuah perangkat yang biasa digunakan untuk mengurangi tingkat kelembapan suatu ruangan). Bila jamur terlanjur tumbuh hilangkan segera agar jamur tidak membentuk koloni.

Jika plafon yang digunakan merupakan jenis plafon berpori seperti gipsum, maka harus menggantinya seperti cara pertama. Untuk membasmi jamur pada plafon tidak berpori, bisa menggunakan larutan berbahan cuka atau soda kue yang bisa disemprotkan secara langsung ke permukaan plafon lalu gosong menggunakan spons kasar.

3. Pilih material rangka hollow

Jenis plafon seperti PVC tidak membutuhkan banyak rangka hollow guna menghasilkan konstruksi yang minimalis. Secara umum, rangka hollow terbuat dari bahan kayu, besi baja, stainless, besi galvanis, dan stainaluminium. Kesalahan dalam pemilihan jenis rangka hollow justru bisa membuat plafon mudah roboh akibat tidak kuat menahan beban.

Nah, diatas adalah beberapa tips sederhana untuk merawat langit-langit rumah agar bisa tahan lama. Namun, kualitas juga mempengaruhi berapa lama plafon bisa bertahan. Semoga bermanfaat.

Tags: , , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp chat