Tips Merawat Lantai

Jasa Bangun Rumah

Tips Merawat Lantai

Tips Merawat Lantai

Lantai – Memillih lantai rumah memang proses yang menyenangkan. Namun, setiap material memiliki cara perawatan yang berbeda pula. Kesalahan dalam perawatn tidak hanya danpat merusak tampilan namun bisa menimbulkan kerusakan parah yang mengharuskan untuk menggantinya. Pahami lebih dalam dalam memilih karakter material untuk lantai an simak tips untuk merawat lantai rumah sesuai dengan materialnya !

1. Menggunakan Ubin Keramik

 

 

 

Ubin keramik merupakan salah satu material untuk lantai rumah yang paling praktis dalam hal perawatan. Cukup disapu dan dipel setiap hari sudah cukup untuk menjaga kebersihannya.

Namun, perlu menyikat bagian sambungan atau nat keramik sesekali. Bagian ini paling mudah kotor dan ditumbuhi jamur. Jadi, pastikan disikat sekali dalam sebulan.

2. Menggunakan Batu Alam Marmer

Bila menginginkan tampilan yang mewah dan elegan pada lantai rumah, material batu marmer bisa jadi pilihan. Sifatnya yang berpori-pori memerlukan perawatan ekstra.

Pertama, pastikan lantai marmer bebas dari gengan air. Jangan lupa gunakan coating khusus untuk memberikan perlindungan tambahan pada lantai rumah. Bila perlu coating ulang secara berkala.

3. Menggunakan Perekat Kayu

Lantai dengan bahan ini mampu memberikan kesan hangat dan lebih homey. Namun, material ini harus terhindar daro genangan air karena dapat membuatnya mudah rapuh dan ditumbuhi jamur.

Selain memastikan tetap kering. Saat mengepel pastikan menggunakan kain pel yang lembab dan tak terlalu basah. Lantai ini juga rentan terhadap benda tajam dan mudah tergores. Hindari memindahkan perabotan dengan cara diseret atau didorong.

4. Menggunakan Vinly

Menggunakan bahan ini hampir sama dengan parket. Jangan lupa jauhkan dari genangan air karena mampu merusak lem yang digunakna untuk merekatkan vinly ke lantai. Material ini juga lemah terhadap permukaan tajam.

5. Menggunakan Karpet

Lantai rumah dari karpet sangat rentan terhadap bakteri dan jamur. Jadi, pastikan selalu karpet dalam keadaan kering dan membersihkannya menggunakan vacuum cleaner secara rutin. Bila perlu, lakukan pembersihan terhadap tungau dengan alat vacuum khusus secara berkala.

Meskipun rumit, perawatan rutin terhadap lantai rumah sebenarnya adalah hal sederhana yang tak boleh disepelekan. Dengan perawatan yang baik dan benar, material lantai rumah milikmu tentu akan jadi lebih awet dan keindahannya akan tetap terjaga untuk menunjang tampilan interior rumah.

Tags: , , , , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp chat