Tips Mushola di Rumah

Jasa Bangun Rumah

Tips Mushola di Rumah

TIPS MUSHOLA DI RUMAH

 

Bangun Rumah Jogja – Mushola, bagi umat muslim shalat adalah suatu ibadah yang wajib dilaksankan. Namun banyak diantara kita yang tidak memanfaatkan suatu ruangan untuk kegiatan ibadah. Padahal dengan adanya ruang khusus ibadah di rumah maka ibadah akan lebih khusyuk.

Nah, ada beberapa hal yang harus diperhatikan, diantaranya :

1. Melihat Ukuran

Hal pertama yang perlu diperhatikan adalah ukuran luas mushola. Ukuran minimum yang baisa digunakan 70 cm X 140 cm untuk satu orang. Jika ingin mendesain tiga shaf dengan peruntukan 3 orang per shaf maka ukuran ruangan yang diperlukan sekitar 2,5 X 3 m.

2. Menyesuaikan Arah Kiblat

Arah mushola disesuaikan dengan arah kiblat agar penggunaan ruangan menjadi lebih efektif.Kita bisa menutup dengan dinding yang permanen  agar aktifitas sholat dapat berlangsung lebih khusuk.

3. Furniture

Rak atau lemari tempat penyimpanan peralatan ibadah sebaiknya ditempatkan di area yang mudah dijangkau. Lemari minimalis dengan model yang simpel dengan pilihan yang tepat.

4. Menyesuaikan Warna

Warna interior ruangan mushola sebaiknya dipilih warna yang dingin dan menyejukkan mata. Contohnya warna hijau muda, kre, biru muda, salem dan warna-warna pastel.

5. Memilih Karpet

Kita bisa memilih sajadah yang tebal agar proses ibadah sholat terasa nyaman. Anda bisa juga menggelar sebuah karpet tebal lebih dahulu di bawah permukaaan sajadah. Motif dan pola karpet sebaiknya yang polos.

6. Pecahayaan

Tata cahaya ruangan mushola juga perlu dilihatkan. Pencahayaan yang cukup dan juga tidak berlebihan.

 

Nah, semoga tips ini dapat membatu kalian untuk mencari referensi tentang mushola di dalam rumah ya.

Tags: , , ,

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp chat